3 Alasan Mengapa Drakor Ramai Diperbincangkan!

3 Alasan Mengapa Drakor Ramai Diperbincangkan!

Sumber: Freepik.com

Siapa SohIB di sini yang suka menonton drama korea? Industri hiburan Korea Selatan memang sangat digandrungi akhir-akhir ini. Dari musik K-Pop atau Korean Pop hingga Drama Korea-nya selalu ramai menjadi pembicaraan.

Tahukah SohIB, bahwa awal munculnya drakor hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja, loh. Karena saat itu televisi merupakan barang yang mahal dan tidak bisa dimilki oleh rakyat biasa.

Hal ini berawal tahun 1960-an ketika pemerintahan militer Korea menggunakan hiburan ini sebagai alat propaganda politik. Tujuannya adalah mengedukasi masyarakat untuk mengumpulkan dukungan terhadap pemerintah militer tersebut.

Dengan pertumbuhan teknologi dan video online, drama-drama tersebut dapat menjangkau pasar lebih luas lagi, terutama di Indonesia. Bahkan, platform Netflix berani berinvestasi terhadap industri film asal korea tersebut.

Banyak film atau series dari Korea selalu menempati posisi 10 teratas dengan film yang paling banyak tayang di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Namun, apa sih, yang membuat mereka sangat sukses di dunia per film-an?

Nah, karena dari itu, yuk, kita bahas rahasia mengapa drakor (drama korea) sangat populer hingga menjadi viral sebagai bahan perbincangan di jagat media sosial!

1. Mempunyai Basis Fans yang Militan

Fanbase Militan Korea | Sumber: Freepik (MrDm)

Fanbase Militan Korea | Sumber: Freepik (MrDm)

Dengan basis fans yang militan, alasan ini membuat suatu film menjadi banyak diperbincangkan di dunia maya. Terlebih lagi, aktor tersebut datang dari dunia musik atau K-pop atau Influencer yang mereka sudah kagumi sejak lama.

Fans yang militan ini akan berbondong-bondong menonton, bahkan merekomendasikan kepada orang lain melalui media sosial, yang mana merupakan promosi gratis terhadap film tersebut dan membuat orang lain terpengaruh untuk menonton.

Contohnya di Twitter yang hampir selalu diisi oleh hashtag fans mengenai film atau lagu yang dibintangi oleh artis/aktor favorit mereka.

Inilah yang membuat fenomena drakor menggaung di jagat perfilman dunia, terutama di indonesia, yang didominasi oleh kaum muda pencinta drakor maupun fans K-Pop.

2. Kualitas Film Terbaik

Ilustrasi proses syuting film | Sumber: Unsplash (Kushagra Kevat)

Tidak hanya aktor yang terkenal membuat film ini digemari banyak orang, tetapi secara plot, acting dan pengambilan gambar yang jempolan membuat kualitas film K-Drama ini menjadi perpaduan yang sangat apik.

Bahkan, bagi penggemar film yang sebelumya tidak pernah menonton K-Drama ini akan ketagihan untuk menonton. Sebab, jalan cerita yang menarik dan pemilihan aktor yang pas membuat film seakan menghipnotis penonton.

Hal tersebut yang membuat film yang berasal dari Korea Selatan ini menjadi layak diperbincangkan dan masuk jajaran film terbaik.

3. Banyak Pilihan Genre

Ilustrasi menonton film | Sumber: Freepik (Silvi)

Genre yang dihadirkan oleh drama Korea Selatan sangat beragam, dari mulai thriller sampai romance. Alasan itu membuat masyarakat menjadi banyak pilihan untuk menonton film yang disukainya. Menonton drama korea bersama teman atau keluarga dengan camilan pasti akan menyenangkan.

Dengan banyak pilihan genre inilah yang membuat drakor tidak monoton dan menjadi pilihan favorit masyarakat, khususnya Indonesia, untuk tontonan hiburan.

Nah, inilah yang membuat drakor digemari masyarakat dunia terutama di Indonesia.

Pilihan aktor dan jalan cerita yang dipilih hingga set film menjadi perpaduan yang apik, sehingga menghadirkan film atau series yang berkualitas. Tidak heran, itu menjadi bahan perbincangan setiap film rilis. Bagaimana menurut kamu, SohIB?