Transformasi Digital; Kemajuan Indonesia 2045

Transformasi Digital; Kemajuan Indonesia 2045

(Dokumentasi Pribadi) ILUSTRASI TULISAN TRANSFORMASI DIGITAL; KEMAJUAN INDONESIA 2045

Ilustrasi Tulisan Transformasi Dital dan Kemajuan Indonesia 2045
Dokumentasi Pribadi

#SohIBBerkompetisiArtikel

Sobat SohIIIIIB! Sektor industri global saat ini sangat bergantung pada teknologi digital, kematangan di bidang teknologi digital pada sebuah negara tentu akan berdampak baik bagi kemajuan setiap sektor industri yang ada. Industri 4.0 yang saat ini berjalan juga terus maju melangkah bersama teknologi digital yang terus berkembang. Hal ini tentu memungkinkan sebuah negara, para pengusaha, dan lembaga publik untuk dapat memanfaatkan teknologi digital yang ada dalam memajukan ekosistem kerjanya.

Bangsa kita, dalam usahanya menjadi sebuah negara maju juga tidak boleh menutup mata dengan keadaan ini, ya SohIB. Selain hilirisasi sumber daya alam yang dicanangkan oleh presiden Joko Widodo, transformasi digital juga perlu kiranya dicapai di seluruh sektor yang ada. Tranformasi digital diperlukan dalam upaya menguatkan posisi kita dari negara berkembang menjadi sebuah negara maju. Perlu kiranya pemerintah mulai mencari pahlawan-pahlawan industri di era 4.0 yang visioner, melek akan perkembangan zaman, dan memiliki kecakapan teknologi digital untuk menguatkan visi Indonesia maju 2045. Sobat SohIB termasuk di dalamnya gak nii? hehe.

Transformasi digital yang matang di setiap sektor sangat diperlukan untuk sebuah negara di masa ini. Setiap negara maju di dunia ini telah memfokuskan kemajuan negaranya dengan kemajuan perkembangan digital yang ada. Transformasi digital akan memudahkan Indonesia untuk menjadi sebuah negara yang maju di setiap sektor. Dengan adanya fokus yang cukup untuk kemajuan Indonesia di bidang teknologi digital, tentu berbagai sektor pelayanan publik yang dimiliki negara akan jadi lebih matang dan lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada setiap masyarakat, ya SohIB.

Pelayanan publik, pendidikan, kesehatan, pariwisata, keselamatan bencana, hingga industri ekonomi negara, akan jauh lebih baik dan lebih matang di masa depan jika kita mentransformasikannya dalam sistem digital. Kita akan melihat pentingnya transformasi digital untuk sebuah negara di masa depan. Untuk Indonesia, transformasi digital dan kematangan teknologi digital diperlukan untuk menghubungkan akses dari area-area di seluruh pulau di Indonesia agar tidak ada lagi kesenjangan digital dan seluruh pulau dapat menikmati kemudahan pelayan publik dengan kemudahan akses digital di seluruh sektor pemerintahan. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, sekarang sudah jadi 38 provinsi, catat ya SohIB, hehe.

Transformasi digital yang dilakukan pemerintah menjadi suatu kemajuan besar bagi negara ini. Digitalisasi di setiap sektor akan memberikan sebuah produktivitas, efisiensi, rasa aman, dan kemudahan dalam pelayan negara kepada rakyat. Transformasi digital juga memberikan cara baru dalam menghubungkan orang dengan tempat kerja atau usaha yang dimilikinya. Transformasi digital akan memberikan level baru bagi negara dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada rakyat.

ilustrasi hardworker indonesia, dokumentasi pribadi
Dokumentas Pribadi

Pemerintah harus memanfaatkan orang-orang pandai di bidang digital yang kita miliki untuk membuka akses transformasi digital ini, SohIB. Negara harus menguatkan potensi akses digital dengan memberdayakan jenius-jenius teknolog digital untuk menciptakan ekosistem negara madani yang maju. Menjadikan Indonesia negara yang lebih baik dalam sektor digital untuk kemudahan, rasa aman, produktivitas, efisiensi, dan keramahan lingkungan di masa depan. Negara harus hadir dan menjadi pemain utama dalam kemajuan ini.

Untuk itu SohIB, inovasi di bidang teknologi digital sangat vital, Artivicial Intelegent (AI), percepatan jaringan, perluasan kabel optik, sampai pengembangan berbagai software baru yang dapat memudahkan urusan bernegara dan pekerjaan manusia. Pemerintah bisa berinvestasi pada sektor ini dan merasakan kebaikannya di masa depan. Karena kemajuan negara tidak hanya dilihat dari kehebatannya dalam eksport dan pendapatan yang tinggi, tetapi juga bagaimana negara dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi seluruh rakyatnya.

sumber: Canva.com
Dokumentasi Pribadi