5 Tips Penting Saat Menjalani Magang Agar Terhindar dari Kesalahan

5 Tips Penting Saat Menjalani Magang Agar Terhindar dari Kesalahan

Suasana magang | Sumber: Unsplash.com (Mapbox)

Siapa sih, yang tidak kenal dengan istilah magang? Yap, program satu ini memang sangat familiar di dunia pendidikan, khususnya bagi mahasiswa. Magang atau praktik kerja merupakan sebuah pelatihan kerja lapangan yang berfungsi sebagai sarana peningkatan keterampilan dalam suatu bidang profesi tertentu.

Selain itu, magang juga bisa menjadi sarana untuk menambah skill kamu dalam bersosialisasi dan membangun networking.

Pernah nggak, sih, SohIB merasa khawatir saat mau menjalani magang karena takut jika nanti bisa membuat kesalahan? Nah, untuk mengantisipasinya, berikut ada 5 tips penting yang bisa SohIB terapkan saat menjalani magang. Yuk, simak baik-baik!

1. Berani Bertanya

Bertanya | Sumber: Unsplash.com (Arlington Research)
Bertanya | Sumber: Unsplash.com (Arlington Research)

Pasti ada beberapa orang yang sangat sukar atau enggan dalam bertanya, betul tidak? Bertanya itu tidak salah, lho, asalkan pertanyaan yang diajukan masih cukup masuk akal untuk dipertanyakan.

Bertanya di tempat magang adalah hal penting yang harus kamu lakukan ketika kamu sedang kesusahan dalam memahami tugas yang diberikan oleh atasan. Jangan menganggap hal ini sebagai suatu hal yang negatif, ya! Justru dengan bertanya, kamu bisa jauh lebih pede saat mau menyerahkan tugas yang sebelumnya sudah diselesaikan. Jadi, jangan takut bertanya lagi, oke?

2. Jangan Terburu-buru dan Harus Teliti

Mengecek hasil pekerjaan | Sumber: Unsplash.com (Maxim Ilyahov)
Mengecek hasil pekerjaan | Sumber: Unsplash.com (Maxim Ilyahov)

Tips yang kedua adalah jangan pernah terburu-buru dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Hal ini sering disepelekan dan tidak jarang dapat menimbulkan kesalahan. Membiasakan diri untuk terburu-buru dalam menyelesaikan sesuatu juga tidak baik karena hasil yang didapatkan nantinya tidak maksimal.

Selain itu, mengoreksi pekerjaan adalah hal yang bagus untuk dilakukan, karena dengan kamu membiasakan hal tersebut, kamu jadi lebih teliti terhadap tanggung jawab yang diberikan.

3. Berusaha Fokus

Fokus | Sumber: Unsplash.com (Chase Clark)
Fokus | Sumber: Unsplash.com (Chase Clark)

Ngga bisa dihindari memang, kalau tiba-tiba di tempat magang, kamu bisa kepikiran sesuatu, meskipun itu sifatnya penting ataupun tidak. Memikirkan hal yang tidak ada hubunganya dengan pekerjaan bisa membuat fokusmu terbagi dengan pekerjaan yang sedang kamu kerjakan, lho. Jadi, usahakan untuk tidak memikirkan hal-hal diluar pekerjaan, karena hal itu bisa mempengaruhi kinerja kita.

Setiap orang memang memiliki perkara personal, tetapi usahakan untuk tidak dibawa ke dalam lingkungan kantor, karena jika kamu melakukan hal itu, kamu akan dianggap tidak profesional.

4. Catat Tugas yang Diberikan dan Atur Prioritas

Mencatat | Sumber: Unsplash.com (JESHOOTS.COM)
Mencatat | Sumber: Unsplash.com (JESHOOTS.COM)

Mencatat tugas yang diberikan oleh atasan akan mempermudah kamu untuk menyelesaikan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Meskipun hanya sebatas anak trainee, penting untuk bisa mengatur waktu, salah satunya dengan menyelesaikan tugas yang mendesak. Jadi, kamu juga bisa lebih efisien terhadap waktu. 

5. Jaga Sikap dan Patuhi Aturan Perusahaan

Interaksi sopan | Sumber: Unsplash.com (Christina @ wocintechchat.com)
Interaksi sopan | Sumber: Unsplash.com (Christina @ wocintechchat.com)

Menjaga sikap dan patuh terhadap aturan perusahaan adalah hal yang harus kamu terapkan di lingkungan magang. Kedua hal tersebut menjadi tolok ukur perusahaan dalam memberikan nilai akan nama universitas itu sendiri.

Karenanya, jika sudah melakukan magang di suatu perusahaan, kamu harus bisa membawa citra yang baik, sebab nama kampus akan dipertaruhkan. Jadi, SohIB harus bisa menempatkan diri, ya!

Nah, itulah 5 tips buat kamu yang mau menjalani magang. Meskipun magang menjadi salah satu sarana untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat selama duduk di bangku perkuliahan, tidak ada salahnya jika kalian punya cara untuk meminimalisir kesalahan agar proses magang kalian bisa berjalan dengan baik. Gimana, setuju?