5 Tips Bertahan Hidup Tanpa Penghasilan di Dunia yang Dinamis!

5  Tips Bertahan Hidup Tanpa Penghasilan di Dunia yang Dinamis!

Bertahan hidup sebagai pengangguran sangat sulit di kehidupan yang serba sat set ini | iStock.com

Di zaman persaingan global yang sangat ketat ini, kita dituntut untuk bisa berbaur dan mengikuti arus. Kalo nggak, yang ada kita malah ketinggalan. Bahkan, tidak sedikit malah membuat kita tidak sanggup bertahan.

Lalu bagaimana dengan pengangguran? Apakah mereka bisa bertahan? Meskipun sulit untuk dilakukan, pada kenyataannya hal ini masih bisa diupayakan. Berikut ini kita bahas beberapa tips bertahan hidup untuk yang masih belum menghasilkan uang sendiri!

Kelola Uang dengan Baik

Cara pertama yang dilakukan adalah pastikan tabungan SohIB cukup untuk bertahan hidup beberapa bulan ke depan. Belilah barang sesuai kebutuhan bukan keinginan. Jangan sampai menyesal membeli barang yang kurang penting dan akhirnya malah membuat minus. Jika SohIB tidak mempunyai tabungan, kamu bisa mencoba berbisnis online atau freelence untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Lakukan Aktivitas Produktif

Dibandingkan rebahan sambil scroll media sosial, lebih baik alihkan energimu untuk hal yang bermanfaat. Misalnya, ikuti pelatihan atau kursus untuk mengasah skill supaya kamu tidak ketinggalan di era persaingan yang semakin ketat ini.

Sekarang, sudah banyak banget pilihan pelatihan yang dapat SohIB coba, baik yang gratis maupun berbayar. Pelatihan gratis dan bersertifikat yang bisa dicoba yaitu bootcamp di komunitas Sobat Hebat Indonesia Baik.

Mengikuti Giveaway

Dengan mengikuti giveaway, kamu bisa berkesempatan mendapatkan barang gratis yang tentunya bermanfaat. Contoh hadiah yang biasanya dijadiin giveaway yaitu kaos, buku, tas, topi, parfum, hoodie, skincare, makeup dan lain-lain.

Lumayan 'kan SohIB, untuk berhemat sekaligus meng-cover keinginan belanjamu?

Namun, kamu juga harus jeli ya, jangan sampai malah tertipu. Jika ada pihak yang meminta kita mengirimkan uang untuk biaya ini dan itu, hati-hati!

Jaga Kesehatan Mental

Saat menganggur bisa jadi adalah salah satu momen yang paling tidak menyenangkan. Rasanya diri merasa negative dan insecure terus-menerus. Hal ini bisa diperparah ketika melihat teman-teman lain sudah berkarya, meneruskan sekolah ke jenjang lebih tinggi, atau berkarier cemerlang.

Apapun keadaanmu sekarang, syukurilah. Sebab, jika diri tidak pandai bersyukur, kita akan sulit merasa tenang dan stres semakin menumpuk. Kalau sudah begini, kita justru membutuhkan biaya ekstra untuk berobat.

Maka dari itu, cobalah untuk banyak berterima kasih pada apa yang dimiliki dan bersikap tenang, ya. Tidak mengapa kita belajar bersyukur dengan perlahan.

Jaga Kesehatan Tubuh

Nggak hanya kesehatan mental aja yang perlu dijaga, kesehatan tubuh juga perlu diperhatikan. Menjaga kesehatan tubuh berbanding lurus dengan mencegah tubuh terserang penyakit.

Seperti kata pepatah, "Lebih baik mencegah daripada mengobati." Kalau tubuh sudah terserang penyakit, semua jadi serba susah. Makan jadi tidak selera, mau minum malas, apalagi bergerak produktif.

Belum lagi, SohIB harus menyiapkan biaya untuk pengobatan. Oleh sebab itu, penting untuk kita senantiasa memperhatikan kesehatan tubuh. Konsumsi makanan sehat, minum air putih yang cukup, dan olahraga secara teratur.

Jangan Malu Meminta Bantuan

Jangan malu untuk meminta bantuan karena sejatinya kita adalah makhluk sosial yang butuh bantuan. Namun, tetap perhatikan sopan dan santun, ya. Jangan sampai silaturahmi yang sudah lama terjalin jadi putus hanya SohIB sedang berada di situasi yang kurang nyaman.

Itu dia bebera[a tips yang mungkin dapat membantu kamu untuk bertahan di dunia yang serba sat set ini. Jangan lupa untuk stay positif ya, SohIB! Semangat!