Tips Beradaptasi di Kantor Untuk Kamu yang Fresh Graduate

Tips Beradaptasi di Kantor Untuk Kamu yang Fresh Graduate

Tips beradaptasi dengan mudah di kantor untuk fresh graduate (Foto oleh fauxels di Pexel)

Perubahan status dari pelajar ke pegawai itu pasti ada rasa senang dan berdebar. Karena SohIB harus mulai belajar beradaptasi di kantor yang berbeda sekali dengan kampus.

Kalau kamu merasa kesulitan, jangan khawatir! Itu hal wajar untuk yang baru lulus kuliah dan langsung terjun ke dunia kerja. Untuk membantumu agar cepat beradaptasi, berikut ini tipsnya!

Apa yang dimaksud dengan mudah beradaptasi?

Menurut InterconnectDATA, kemampuan mudah beradaptasi adalah bagaimana orang tersebut mampu mengatasi setiap perubahan yang terjadi. Ini termasuk ke dalam soft skill yang penting dalam bekerja, lo!

Mengapa demikian? Karena kondisi dan situasi di kantor itu dinamis, bisa berubah kapa saja tergantung keputusan dari atasan dan kondisi ekonomi. Oleh karena itu, penting untuk SohIB menguasai kemampuan beradaptasi di kantor dengan baik.

Cara Beradaptasi dengan Mudah di Kantor Untuk Fresh Graduate

Buat kamu yang akan mulai kehidupan baru sebagai pegawai, tips berikut ini wajib dipahami dan praktikan agar bisa kerja dengan nyaman.

1. Jaga Tingkah Lakumu!

Tahukah SohIB bahwa berdasarkan survei dari Resume Builder, 74 persen manajer merasa kesulitan bekerja dengan generasi Z. Sebab, mereka minim kemampuan teknologi, motivasi, usaha, dan produktivitas.

Oleh karena itu, SohIB saat mulai bekerja harus menjaga tingkah laku dan motivasi. Contohnya, mau mendengarkan saran dan masukkan dari atasan, disiplin, dan giat dalam bekerja. Jadi, kesan atasan terhadapmu akan semakin bagus.

2. Ikuti Peraturan yang Berlaku

Di mana pun kamu berada, pasti ada peraturan yang harus ditaati. Mulai dari cara berpakaian, absensi, dan masih banyak lagi. Sebagai pegawai baru, SohIB harus belajar mengikuti peraturan di kantor. Dengan begitu, seiring berjalannya waktu, kamu akan mulai terbiasa dengan aturan tersebut.

3. Ingin Cepat Beradaptasi di Kantor? Coba Ubah Pola Pikir!

Saat berkuliah, kamu cenderung bersikap santai dan hanya fokus pada diri sendiri. Namun, ketika sudah masuk dunia kerja, kamu harus mengubah pola pikir seperti itu.

Karena pada umumnya, di kantor kamu tidak akan bekerja sendiri. Hasil kerjamu akan mempengaruhi proses kerja lainnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk lebih peka dengan tim satu divisimu.

4. Tunjukkan Antusiasme

Siapa yang tidak senang dengan orang yang punya semangat belajar dan kerja yang tinggi? Pasti atasanmu juga akan memberikan penilaian yang bagus untuk SohIB yang menunjukkan antusiasme seperti itu.

Jika kamu ingin mudah beradaptasi di kantor, kamu harus memiliki semangat dan keinginan yang besar untuk meningkatkan kemampuan dan menghasilkan yang terbaik.

5. Jangan Malu Bertanya!

Untuk karyawan baru, banyak bertanya itu wajar. Karena kamu masih mengenal dan beradaptasi di kantor. Sebaliknya, jika SohIB tidak bertanya, peluang untuk melakukan kesalahan akan besar.

Oleh sebab itu, jangan malu bertanya! Ketika kamu mengalami kesulitan dan tidak bisa menemukan solusinya sendiri, lebih baik diskusi dan tanyakan penyelesaian masalah terbaiknya pada atasan atau rekan kerja yang lebih senior.

Itu dia pembahasan tentang cara beradaptasi di kantor untuk kamu yang baru lulus kuliah dan langsung masuk dunia kerja.

Ini adalah awal dari perjalanan kariermu, jadi usahakan untuk terus memperbaiki diri dan belajar banyak dari para senior di tempat kerja.

Apabila SohIB bisa melalui masa - masa awal dengan baik, ke depannya kamu tidak akan mengalami masalah saat bekerja. Bahkan, bisa jadi kamu mendapat apresasi dari atasan dan rekan kerja atas kinerja yang baik.

 

 

Sumber:

https://www.resumebuilder.com/3-in-4-managers-find-it-difficult-to-work-with-genz/