3 Situs Tesaurus Bahasa Indonesia, Buat Karya Tulismu Makin Ekstra

3 Situs Tesaurus Bahasa Indonesia, Buat Karya Tulismu Makin Ekstra

Mau mencari persamaan kata bahasa Indonesia? Pakai Tesaurus aja! | Unsplash (Nick Morrison)

Pernah tidak SohIB kebingungan saat mencari sinonim dari sebuah kata? Jangan khawatir, ada Tesaurus siap membantu! Namun, sebenarnya tesaurus itu apa, sih? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Tesaurus adalah buku yang berisi sinonim atau padanan kata. Satu kata sendiri bahkan bisa memiliki lebih dari 2 sinonim, lo! Beberapa Tesaurus juga menyajikan tidak hanya sinonim, tapi juga antonim (lawan kata), dan hiponim (sub bagian kata).

Kata ‘Tesaurus’ itu berasal dari mana, sih? Kata ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu thēsauros yang bermakna ‘khazanah’. Nah, karena mengalami perkembangan, makna dari kata tersebut menjadi ‘buku yang dijadikan sumber informasi’. Wah, keren banget, ya! Lantas, manfaat dari tesaurus itu apa aja?

Tesaurus memiliki banyak sekali manfaat lo, SohIB! Selain untuk menjawab keingintahuan kita terhadap sinonim dari suatu kata, tesaurus dapat berperan untuk membantu kita dalam mengungkapkan ide ke bentuk kata dan mengungkapkan ekspresi yang sesuai dengan ide yang ingin kita sampaikan.

Thesaurus dapat membantu kita dalam memilih kata untuk menyesuaikan nuansa atau feeling yang ingin kita sampaikan dalam karya tulis yang kita buat. Selain itu, tesaurus juga efektif untuk membantu kita dalam proses parafrase dan menghindarkan kita dari tindakan plagiasi, sehingga membuat karya tulis kita lebih otentik dan pastinya ekstra!

Nah, Tesaurus kini tidak hanya dalam bentuk cetak, lo! Sudah ada Tesaurus yang bisa kita akses secara digital dan pastinya mudah dan cepat untuk diakses. Jadi, berikut ini 3 situs Tesaurus bahasa Indonesia yang bisa SohIB gunakan kapan pun dan di mana pun!

Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring

Situs ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia versi cetak yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dalam situs ini, SohIB bisa langsung mengetik kata yang ingin dicari di search bar yang tersedia.

Situs tesaurus ini juga menyediakan pencarian berdasarkan kelas kata, sohib bisa langsung mengklik kelas kata yang diinginkan tepat di bawah search bar. Terdapat petunjuk penggunaan juga lo, dalam situs thesaurus satu ini, jadi SohIB tidak perlu khawatir akan kebingungan saat menggunakannya, ya! Situs ini sudah ada sejak tahun 2016 di bawah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Situs ini dapat diakses di tesaurus.kemendibud.go.id/tematis/

PersamaanKata

Situs Tesaurus PersamaanKata ini sudah ada sejak 2011. Dalam segi penggunaan, laman yang satu ini sama seperti situs Tesaurus terbitan kemendikbud ya, SohIB! Kita tinggal masukkan kata yang ingin kita cari sinonimnya di search bar.

Website tersebut memiliki fitur yang menyajikan grafik sinonim dan antonim (jika ada) dari kata yang kita cari. PersamaanKata juga secara otomatis memberikan informasi mengenai antonim dari kata yang kita cari, tentunya jika kata tersebut memiliki antonim. SohIB juga bisa menelusuri kata-kata dalam situs ini berdasarkan huruf awal kata. Kamu hanya perlu mengklik huruf yang ada di sebelah bagian browser di bagian paling bawah laman.

Lektur.ID

Lektur.ID agak berbeda dari 2 situs yang sudah disebutkan di atas. SohIB bisa langsung klik simbol pencarian di pojok kanan atas untuk mencari kata yang ingin kamu cari. Setelah itu, situs akan memberikan artikel relevan yang berisi daftar sinonim dari kata yang kamu sudah cari. Satu kata sendiri bisa memiliki belasan bahkan sampai ratusan sinonim, lo! Situs ini juga memiliki berbagai kanal, seperti antonim kata dan pengecek typo.

Nah, itu dia SohIB, 3 situs tesaurus bahasa Indonesia yang bisa kita gunakan sehari-hari. Ketiga laman tersebut tentunya memiliki keunikannya masing-masing yang bisa SohIB gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jadi, situs yang mana nih, yang paling cocok untuk kalian?