Hari Kidal Internasional 2023, Begini Sejarah dan Fakta Menarik Orang Kidal

Hari Kidal Internasional 2023, Begini Sejarah dan Fakta Menarik Orang Kidal

Orang Kidal | Sumber: Pexels.com (RDNE Stock Project)

Tahukah kamu bahwa setiap tanggal 13 Agustus selalu diperingati Hari Kidal Internasional atau International Lefthanders Day? Yap, hari kidal internasional didedikasikan untuk orang-orang yang selalu menggunakan tangan kiri dalam setiap aktivitas yang mereka jalani.

Meskipun banyak masyarakat yang masih memandang buruk terkait penggunaan tangan kiri yang dianggap tidak baik, tapi ada beberapa fakta unik yang harus SohIB ketahui, yuk, simak artikel ini sampai habis!

Sejarah Hari Kidal Internasional

Dikutip dari National Today, pendiri Lefhanders International, Inc—Dean R. Campbell mencetuskan Left Handers Day pertama kalinya pada tahun 1976. Namun, penetapan hari kidal internasional diluncurkan oleh The Left Handers Club pada tanggal 13 Agustus 1992. Penetapan tanggal itu ditujukan untuk membangun kesadaran akan kelebihan dan kekurangan dari orang kidal.

The Left Handers Club didirikan pada tahun 1990 dengan misi untuk menjaga anggota tetap up to date dengan perkembangan dan berfungsi sebagai jembatan antara para kidal dan produsen.

Klub juga memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan dan mereka terus melakukan penelitian tentang kidal dan item baru yang dapat membantu meningkatkan kemudahan para kidal.

Fakta Menarik Orang Kidal

Dikutip dari Healthline, 10% dari populasi dunia adalah orang kidal, hal ini menandakan bahwa orang dengan tangan kanan masih mendominasi. Meskipun demikian, ada beberapa fakta menarik tentang orang kidal yang harus SohIB ketahui.

Orang Kidal Pandai dalam Multitasking

Multitasking | Sumber: Pexels.com (Antoni Shkraba)
Multitasking | Sumber: Pexels.com (Antoni Shkraba)

Orang kidal cenderung memiliki keterampilan dalam melakukan dua atau lebih pekerjaan sekaligus. Dilansir dari Lefty Fretz, pada tahun 2008, Illinois Research Consortium mengumpulkan data yang menunjukkan bahwa orang kidal dan orang yang tidak kidal memiliki penanganan tugas dan kinerja memori yang berbeda.

Hal ini ditunjukkan dengan eksperimen berupa pemberian tugas secara bersamaan dan menujukkan bahwa orang kidal dapat menyelesaikannya dengan baik. Orang kidal dapat melakukan dengan baik karena cenderung melihat masalah secara keseluruhan dan mencoba untuk memecahkannya, sedangkan orang yang tidak kidal memecahkan masalah dengan menganalisis satu per satu.

Jago dalam Berolahraga

Orang kidal jago berolahraga | Sumber: Pexels.com (Gonzalo Facello)
Orang kidal jago berolahraga | Sumber: Pexels.com (Gonzalo Facello)

Dalam berolahraga, seringkali orang kidal mampu untuk menangguhkan lawan tandingnya. Hal tersebut disebabkan karena orang kidal cenderung dominan menggunakan otak kanan yang dimana mampu untuk menggambarkan imajinasi visual.

Selain itu, teknik yang digunakan orang kidal jarang dikuasai oleh lawan yang cenderung bermain menggunakan tangan kanan sehingga seringkali lawan yang menggunakan tangan kanan kalah cepat dan mudah terkecoh dengan teknik yang digunakan orang kidal.

Adapun atlet olahraga yang terkenal kidal ialah Rafael Nadal, Diego Maradona, Babe Ruth, Conor McGregor, Lionel Messi, dan masih banyak lagi.

Orang Kidal Cenderung Memiliki Bakat Intelektual?

Orang dengan bakat intelektualnya | Sumber: Pexels.com (Michael Burrows)
Orang dengan bakat intelektualnya | Sumber: Pexels.com (Michael Burrows)

Dilansir dari Halodoc, orang kidal cenderung mendominasi bakat intelektual dibandingkan dengan yang tidak. Menurut KBBI, Bakat intelektual memiliki arti cerdas, berakal, dan berpikiran jernih berdasarkan ilmu pengetahuan.

Orang yang memiliki bakat intelektual lebih memiliki daya pengelolaan dan analisis yang kuat terhadap data angka, dan ini terjadi pada orang kidal yang memiliki kemampuan dalam bidang perhitungan, seperti matematika.

Selain itu, orang kidal juga punya kelebihan dalam analisis logika, hal ini didasari oleh kemampuan berpikir yang lebih banyak menggunakan otak kanan. Kemampuan bernalar orang kidal dikatakan baik, dan ini berhubungan dengan kecerdasan spasial yang mereka miliki.

Oke, itu dia beberapa fakta menarik dari orang kidal yang SohIB bisa ketahui. Setiap orang memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik untuk orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan maupun tangan kiri.

Nah, untuk kamu yang termasuk dalam golongan orang kidal, jangan minder, ya, dan selamat Hari Kidal Sedunia.

Referensi: