Peran Digital dalam Menyebarluaskan Informasi Berita Positif

Peran Digital dalam Menyebarluaskan Informasi Berita Positif

Peran Digital dalam Menyebarluaskan Informasi Berita Positif | mindomo.com

SohIBBerkompetisiArtikel

Pada saat kita memikirkan kata digital, yang terlintas pertama kali di benak kita masing-masing adalah kemudahan berbagi informasi. Pada era digitalisasi yang semakin berkembang di Indonesia, sekarang hampir setiap orang bisa dengan mudah mengakses internet dari smartphone yang sudah canggih serta informasi dapat dengan cepat tersebar dan diterima. Digital sebagai media penyebaran kabar baik memiliki peran yang penting dalam menyampaikan informasi yang positif kepada individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Dimasa lalu media yang digunakan untuk bertukar informasi masih bersifat konvensional contoh pada komunikasi dua arah yaitu berupa surat, sedangkan media penyebaran kepada masyarakat yaitu surat kabar dan radio. Seiring dengan perkembangan era digitalisasi kita sekarang sudah dapat menggunakan berbagai macam platfrom digital seperti situs berita online, blog, sosial media dan yang sedang hit sekarang yaitu podcast. Contohnya pada saat atlet badminton memenangkan kejuaraan, kemenangan itu disebarkan melalui media sosial maka informasi dapat diakses oleh seluruh pengguna media sosial diseluruh dunia tanpa dibatasi oleh lokasi, sehingga  ucapan selamat dari seluruh dunia dapat berdatangan untuk atlet tersebut.

La commucacion en la era digital - impectus| impetuscr.

Dalam menerima informasi bersifat digital sebagai pengguna, kita bisa menggunakan filter yang sudah ada dalam platform tersebut, contohnya dalam menggunakan media sosial, pada saat penguna mengikuti, menklik dan menyukai topik informasi tertentu, pada saat itu juga media platform akan merekam dan akan memberikan saran jenis informasi lain yang hampir sama dengan informasi yang penguna pilih sebelumnya. Sebagai penguna kita juga bisa mengatur untuk menerima pemberitahuan jika ada informasi terbaru dengan topik yang sudah kita pilih sebelumnya, dengan filter ini kita bisa memilih menerima informasi yang positif dan inspiratif serta membangun.

Young-asian-man-wearing-white-blue-1165765972|https://www.shutterstock.com/id/image-photo

Penyebaran informasi yang serba digital ini tidak sedikit pula yang tidak dicek secara memadai sehingga menyebarkan berita hoax, maka harus dipastikan dahulu berita yang disebarkan luaskan harus akurat dan dapat dipercaya. Penyebaran berita hoax dapat merusak reputasi baik individu maupun suatu bisnis, maka peran digital sebagai penyebaran kabar yang baik harus disertai juga dengan peran penyebar yang memahami dan sudah mengecek informasi yang akan disebar. Edukasi penyebaran informasi yang baik harus dikembangkan dan diberikan kepada setiap individu agar penyebaran informasi dapat menjadi media yang bisa memberikan manfaat.

Perubahan Perilaku Masyarakat Digital|blogspot.com

Platform digital memudahkan individu maupun organisasi dalam menjangkau audiens dan jenis media yang dapat digunakan juga beragam bisa berupa teks, gambar serta video. Misalnya penyebaran kegiatan perusahaan dalam tanggung jawab sosial yang bersifat membangun berupa pemberian beasiswa, donasi maupun sumbangan, peyebaran kabar positif ini selain menaikan nilai perusahaan itu sendiri juga bisa mempermudah target individu yang membutuhkan bantuan dalam memperoleh informasi ini.  

Bagi setiap individu yang ingin menjadi inspirasi orang lain, penyebaran informasi yang mudah dan cepat ini bisa menjadi media positif yang bisa membantu kedua pihak dimana sebagai individu penyebar informasi bisa menjadi kampanye yang kreatif dan invatif, sedangkan bagi pembacanya bisa menjadi hal yang menginspirasi untuk menjadi contoh yang baik. Contohnya saat seseorang berbagi pesan positif, mungkin saat ini membantu seseorang yang sedang dalam masa terendahnya dan dengan membaca pesan positif itu bisa kembali bangkit dan berjuang.

Teknologi digital sebagai salah satu kendaraan menuju kemajuan bangsa |#DigitalBisa

Terakhir digital tidak hanya bermanfaat bagi individu dan masyarakat itu sendiri tapi juga merupakan dasar kemajuan suatu bangsa, kemajuan dan manfaat diberbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan maupun sosial dan budaya. 1) Dibidang ekonomi, memungkinkan orang untuk jual beli online karena kemudahan dalam mengakses platform e-commerce, sehingga memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. 2) Dibidang Pendidikan memudahkan para siswa mengakses berbagai materi pembelajaran secara online, memungkinkan pembelajaran jarak jauh. 3) Dibidang kesehatan, konsultasi dapat dipesan secara online dan memungkinkan konsultasi secara online yang memudahkan pasien. 4) Dibidang sosial dan budaya, membawa kemajuan dalam komunikasi dan interaksi sosial, memudahkan akses ke karya seni dan budaya secara online, contohnya dapat memesan lukisan dan pameran secara virtual.

Kesimpulannya, kemajuan teknologi digital jika dimanfaatkan dengan baik akan membawa manfaat dan memudahan dalam berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat. Oleh karena itu, sebagai penerima maupun penyebar informasi berita positit kita harus pastikan informasi dan berita itu benar dan positif serta bisa menjadi manfaat bagi penerimanya.