Pemprov Sumbar Luncurkan Aplikasi Wisatawan Sumatera Barat

Pemprov Sumbar Luncurkan Aplikasi Wisatawan Sumatera Barat

Pemprov Sumbar beri kemudahan informasi wisata bagi wisatawan yang berkunjung lewat program terbarunya | Instagram (@pemprov.sumbar)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan alam yang melimpah. Banyak tempat-tempat di Indonesia yang bisa dikunjungi untuk berlibur sembari melepas penat dari rutinitas sehari-hari, mulai dari pantai, hutan, gunung dan wisata alam lainnya. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki semua hal tersebut adalah Sumatera Barat.

Daerah Sumatera Barat yang berada di pantai barat dan juga dilalui oleh Bukit Barisan membuat banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Terkadang, banyaknya pilihan tempat wisata seringkali menimbulkan kebingungan bagi wisatawan yang berkunjung di wilayah tersebut.

Waktu liburan yang biasanya tidak lama membuat wisatawan yang datang harus benar-benar memilih tempat wisata yang ingin dikunjungi. Menanggapi problem tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat baru saja membuat terobosan yang bisa mempermudah wisatawan yang berkunjung ke Ranah Minang.

Dilansir dari laman sumbarprov.go.id, Pemprov Sumbar secara resmi merilis website Visit Beautiful Sumatra untuk mempermudah akses informasi bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain itu, wisatawan yang berlibur juga bisa mengakses informasi seputar Sumatera Barat lewat aplikasi Sumbar Madani yang bisa diunggah secara gratis di smartphone. Peluncuran website ini merupakan salah satu program Pemprov Sumbar untuk menggiatkan sektor pariwisata Sumatera Barat pada 2023.

Pada saat peluncurannya, Gubernur Mahyeldi Ansharullah menyebutkan bahwa pariwisata merupakan salah satu sektor penting di Sumatera Barat.

"Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang penting di Sumatera Barat. Agar sektor ini bisa menjadi semakin baik maka dibutuhkan peningkatan-peningkatan di berbagai bidang serta kerja sama yang baik antar berbagai pihak terkait. Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, saya mengajak semua pihak untuk mendukung VBWS 2023. Ini adalah saatnya bagi kita untuk berkumpul bersama dan mendukung percepatan pemulihan pariwisata Sumbar," ucap Mahyeldi dikutip dari laman sumbarprov.go.id.

"Melalui program VBWS 2023, kita menargetkan agar 8,2 juta wisatawan nusantara dan mancanegara datang berkunjung ke Sumbar," tambah gubernur yang kerap disapa Buya Mahyeldi tersebut.

Mencoba Website Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) dan Aplikasi Sumbar Madani

Meskipun merupakan orang asli dari Sumatera Barat, saya memiliki ketertarikan untuk mencoba melihat program terbaru dari Pemprov Sumbar ini.

SohIB bisa mencoba untuk mengunjungi website Visit Beautiful Sumatra dari laptop dan aplikasi Sumbar Madani di smartphone yang dimiliki. Ketika pertama kali mengakses website VBWS, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam menu yang bisa dipilih untuk mendapatkan informasi seputar pariwisata Sumatera Barat.

Kamu bisa mendapatkan beragam informasi pada halaman awal website VBWS, seperti destinasi wisata, penginapan hingga digital book yang bisa digunakan oleh wisatawan yang datang berkunjung. Selain itu, pada bagian menu kamu juga bisa menemukan informasi lain, seperti event-event yang akan diselenggarakan di Sumatera Barat.

Hal serupa juga bisa kamu dapatkan lewat aplikasi Sumbar Madani. Bedanya, jika di website VBWS informasi yang didapatkan lebih banyak berfokus pada sektor pariwisata, aplikasi Sumbar Madani memberikan hal yang lebih beragam.

Selain pariwisata, di aplikasi Sumbar Madani kita juga bisa mendapatkan informasi lain, mulai dari berita seputar Sumatera Barat hingga bisa digunakan untuk mengecek pajak kendaraan. Baik website VBWS maupun aplikasi Sumbar Madani menurut saya sama-sama memberikan informasi yang bermanfaat tentang wilayah Sumatera Barat.

Meskipun demikian khusus bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Sumatera barat, website VBWS lebih direkomendasikan sebab informasi yang diberikan lebih berfokus tentang wisata yang ada di Ranah Minang.

Oleh sebab itu, bagi kamu para SohIB yang ingin berwisata ke Sumatera Barat bisa menggunakan sarana ini supaya bisa mengunjungi tempat-tempat menarik yang mungkin tidak bisa ditemui di wilayah lainnya.