5 Minuman Khas Ranah Minang yang Patut Dicoba Ketika Berkunjung ke Sumatera Barat

5 Minuman Khas Ranah Minang yang Patut Dicoba Ketika Berkunjung ke Sumatera Barat

Ilustrasi, minuman khas dari Sumatera Barat | Pexels: Toni Cuenca

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Sumatera Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dikenal dengan makanannya. Tidak hanya di Indonesia, kenikmatan makanan yang berasal dari Ranah Minang tersebut bahkan juga terkenal di kancah internasional.

Salah satu bukti dari hal tersebut adalah ketika salah satu masakan khas Sumatera Barat, rendang, ditetapkan sebagai salah satu dari 50 makanan terenak di dunia pada 2021 silam, seperti yang dikutip dari laman Wonderful Indonesia.

Rumah makan padang, baik yang kecil-kecilan maupun yang sudah berbentuk restoran hampir selalu ada disetiap daerah Indonesia. Hal ini juga turut memengaruhi banyak orang menjadi familiar dengan makanan khas Sumatera Barat tersebut.

Namun, tahukah SohIB bahwa kuliner yang bisa dinikmati dari Sumatera Barat tidak hanya berasal dari makanan saja. Terdapat beberapa minuman khas daerah Sumatera Barat yang juga bisa SohIb nikmati jika berkunjung ke Ranah Minang. Bisa jadi, minuman tersebut tidak bisa SohIB temui di beberapa tempat lainnya.

Nah, bagi kamu para SohIB yang penasaran, inilah 5 minuman khas Ranah Minang yang mungkin tertarik untuk dicoba ketika berkunjung ke Sumatera barat.

1. Teh Talua

Teh talua merupakan salah satu minuman khas dari Sumatera Barat yang cukup banyak dikenal oleh orang-orang. Seperti namanya, minuman ini terdiri dari telur ayam atau bebek yang ditambah dengan gula, kemudian diaduk dan dicampurkan  dengan teh.

Dikutip dari artikel Eddi Novra dan Sri Ariani yang berjudul "Teh Talua, Daya Tarik Wisata Sumatera Barat" dalam Jurnal Menara Ilmu, teh talua diketahui sudah ada sejak masa kolonial. Pada awalnya, minuman yang bermanfaat untuk menambah stamina ini hanya diperuntukkan bagi kaum elit saja. Akan tetapi, pada saat ini kamu bisa menemui minuman ini hampir di setiap warung di Sumatera Barat.

Pada akhir tahun lalu, Pemerintah Sumatera Barat juga baru saja memecahkan rekor MURI yang berkaitan dengan teh talua ini. Dilansir dari laman sumbarprov.go.id, Pemprov Sumbar dan Pemkot Bukittinggi memecahkan rekor MURI dalam acara "Sajian Teh Talua Terbanyak" pada 10 Oktober 2022 lalu.

2. Kopi Talua

Minuman kedua yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Sumatera Barat adalah kopi talua. Minuman ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan teh talua.

Kopi talua juga dibuat dengan cara mengaduk telur ayam atau bebek dengan gula. Perbedaan antara kopi talua dan teh talua terletak pada campuran kopi yang digunakan dalam minuman jenis ini. Sama seperti teh talua, kopi talua juga diketahui memiliki khasiat yang bagus untuk meningkatkan stamina.

3. Kopi Kawa Daun

Kopi kawa daun merupakan minuman khas yang berasal dari Payakumbuh, Sumatera Barat. Kopi kawa daun memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kopi-kopi lainnya.

Keunikan kopi kawa daun berasal dari bahan dasar yang digunakan untuk membuat minuman ini. Jika kopi biasa menggunakan biji sebagai bahan dasar, kopi kawa daun justru menggunakan daunnya untuk diolah.

Dikutip dari laman indonesia.go.id, minuman ini sudah ada sejak abad ke-19. Masyarakat lokal menggunakan daun sebagai bahan dasar kopi karena biji yang dihasilkan semuanya harus diserahkan kepada Belanda. Kopi kawa daun diketahui memiliki khasiat yang bagus untuk beberapa penyakit, seperti diabetes, hipertensi dan jantung.

4. Dadiah

Dadiah merupakan salah satu minuman unik yang ada di Sumatera Barat. Minuman yang satu ini memiliki bentuk yang mirip seperti yogurt.

Dadiah dibuat dari fermentasi susu kerbau yang didiamkan dengan menggunakan bambu dan ditutup menggunakan daun pisang. Dalam proses pembuatannya, dadiah biasanya didiamkan selama dua hingga tiga hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dilansir dari sumbarprov.go.id, dadiah memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan sistem imun tubuh dan melancarkan pencernaan.

5. Kopi Milo

Kopi milo, atau yang biasa disingkat dengan kopmil merupakan salah satu minuman yang sempat booming di Padang, Sumatera Barat. Berbeda dengan minuman lainnya yang sudah ada sejak lama, kopmil baru mulai dikenal masyarakat pada 2010-an.

Saya pertama kali mencoba minuman ini pada 2011 atau 2012. Salah satu kopmil terkenal di Padang adalah Kopmil Om Ping. Seperti namanya, kopmil dibuat dengan campuran kopi dan milo. Secara rasa, cita rasa kopi masih mendominasi pada minuman ini. Meskipun demikian, campuran milo memberikan sedikit rasa manis untuk mengimbangi rasa pahit dari kopi.

Itulah beberapa minuman khas yang bisa untuk dicoba ketika berkunjung ke Sumatera Barat. Tertarik untuk mencoba, SohIB?