7 Manfaat Sahur Ketika Bulan Ramadan, Apa Saja?

7 Manfaat Sahur Ketika Bulan Ramadan, Apa Saja?

Ilustrasi Sahur Keluarga | Sumber : tvonenews.com (Freepik)

Bulan Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia dan salah satu kewajiban yang harus dijalankan oleh umat muslim. Hal ini akan menjadi momentum bagi setiap orang untuk berkumpul bersama keluarga maupun orang tersayang. Apalagi, bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi yang menjalankannya.

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan dan disunahkan ketika bulan suci ini ialah waktu sahur. Umumnya, dengan kita melaksanakan sahur akan membuat tubuh ketika menjalankan puasa lebih kuat dan menghindari dehidrasi atau lemas. Namun, tahukah SohIB, manfaatnya ketika bulan Ramadan? Yuk, simak penjelasannya!

Memberikan Energi yang Dibutuhkan Tubuh Selama Berpuasa

Dengan sahur, tubuh dapat memperoleh asupan nutrisi yang dibutuhkan sehingga dapat membantu menjaga stamina dan menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan sahur merupakan waktu makan yang dilakukan sebelum terbit fajar dan dimaksudkan untuk memperoleh asupan nutrisi dan energi yang cukup bagi tubuh sebelum memulai puasa sepanjang hari.

Ketika berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama beberapa jam. Tanpa sahur, tubuh akan mengalami kekurangan energi dan nutrisi yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, letih, dan tidak berdaya. Oleh karena itu, dengan periode makan tersebut, tubuh dapat memperoleh asupan nutrisi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, serta vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga stamina dan kesehatan tubuh selama berpuasa.

Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas Selama Beraktivitas

Ilustrasi Konsentrasi dan Produktivitas | Sumber : Ekrut.com

Saat berpuasa, tubuh cenderung mengalami kekurangan energi yang dapat mempengaruhi kinerja otak. Dengan sahur, tubuh akan memperoleh asupan energi yang cukup sehingga konsentrasi dan produktivitas dapat dipertahankan. Oleh karena itu, melakukan sahur dapat membantu SohIB tetap produktif dan fokus melakukan pekerjaan selama bulan Ramadan.

Mencegah Dehidrasi

Saat berpuasa, tubuh tidak dapat memperoleh asupan air dan cenderung mudah mengalami dehidrasi. Dengan sahur, tubuh dapat memperoleh asupan air yang cukup sehingga dapat mencegah dehidrasi.

Hal ini juga dapat menjaga kesehatan SohIB selama menjalankan puasa karena bisa terhindar dari dehidrasi dan menghindari berbagai masalah kesehatan. Tentunya, itu dapat mencegah kelelahan dan lemas selama puasa seharian.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ketika berpuasa, sistem pencernaan tidak beroperasi secara normal karena tidak mendapatkan makanan dan minuman selama beberapa jam. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan dan memicu berbagai masalah pencernaan. Maka dari itu, sahur dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan sehingga mengurangi risiko masalah pencernaan.

Selain itu, SohIB juga harus memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Pilihlah makanan yang sehat dan mengandung serat, serta minum air putih yang cukup.

Menjaga Kadar Gula Darah

Sahur dapat membantu menjaga kadar gula darah selama berpuasa sehingga mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Sebab, ketika kadar gula darah turun dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, pusing, atau bahkan kehilangan kesadaran. Oleh karena itu, dengan melakukan sahur, tubuh akan memiliki cadangan energi yang cukup untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil selama berpuasa.

Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Ketika menjalankan puasa, ketahanan tubuh tentu akan semakin berkurang. Namun, dengan sahur dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap berbagai penyakit dan kondisi yang dapat terjadi selama berpuasa. Alasannya, sahur memberikan asupan nutrisi yang cukup serta meningkatkan keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh selama berpuasa.

Menjaga Keharmonisan dan Kebersamaan Keluarga

Ilustrasi Keharmonisan Sahur Bersama Keluarga | Sumber : thr.kompasiana.com (Shutterstock)

Salah satu manfaat sahur yang tidak kalah penting adalah tetap menjaga keharmonisan dan kebersamaan keluarga maupun orang tersayang. Dengan sahur, dapat menjadi momen yang menyenangkan bagi keluarga untuk berkumpul dan menjalin kebersamaan serta memperkuat hubungan keluarga.

Itulah 7 manfaat sahur ketika bulan Ramadan. Semoga bermanfaat ya, buat SohIB. Salam Sobat Indonesia Baik!