Jambore UMKM IKM Kabupaten Bogor 2023, Dihadiri Politisi dan Influencer Ternama

Jambore UMKM IKM Kabupaten Bogor 2023, Dihadiri Politisi dan Influencer Ternama

Foto Bersama Anang Hermansyah | Sumber: Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Jambore pada dasarnya berasal dari kata 'jamboree' yang memiliki makna sebuah perayaan atau pesta besar yang melibatkan massa yang banyak dan riuh.

Kegiatan jambore dilakukan oleh Forum UMKM IKM Kabupaten Bogor yang mengadakan kegiatan Jambore Vol.2 yang berlangsung selama dua hari, dimulai pada hari Minggu—Senin, (17—18/12/2023) yang bertempat di Wonderfull Citamiang, Cisarua, Puncak, Bogor.

Event jambore ini memiliki rangkaian kegiatan yang meliputi perkemahan, kegiatan keagamaan, olahraga, upacara dan apel, santunan yatim, bazaar, aneka game, kuis, dan malam api unggun.

Selain itu, ada juga fasilitas pembuatan legalitas usaha, pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan legalitas halal gratis, panggung seni, dan juga doorprize.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh artis sekaligus politisi dan influencer ternama, Anang Hermansyah. Ia turut ambil peranan dalam sesi bincang bisnis dan UMKM IKM serta endorsement product. Tak hanya itu, hadir pula para pelaku UMKM IKM dari setiap kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Famplet Kegiatan Jambore | Sumber: Forum UMKM IKM Kabupaten Bogor

Belgi Alhuda, pelaku UMKM IKM asal Cigombong dalam kesempatannya menyerahkan hasil karyanya yang berupa hiasan dinding kayu atau lukis bakar dalam media kayu (pirografi). Ia membuat selama dua hari sebelum hari pelaksanaan jambore.

"Saya membuat lukisan wajah Mas Anang berbentuk siluet di media kayu bulat berukuran 15x15 cm yang dilukis menggunakan solder rakitan sendiri," kata Belgi saat wawancara.

Masih kata Belgi dengan adanya kegiatan ini, dirinya merasa bersyukur karena dapat memperkenalkan produk hasil karyanya dan mendapatkan apresiasi dari seorang politisi dan influencer ternama seperti Anang Hermansyah.

"Saya berharap produk Belgi Art dapat dikenal luas dan semakin memiliki sebuah brand awareness atau dapat memiliki kepercayaan dari konsumen terhadap produk kriya yang dihasilkannya," ucapnya lagi.

Ia mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang turut terlibat dan menyukseskan acara tersebut. Belgi berharap itu menjadi salah satu momen yang bisa memotivasi dirinya dan juga para pelaku UMKM lainnya, khususnya di area Cigombong.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Forum UMKM IKM Kecamatan Cigombong pada tahun 2021 tersebut juga memberikan apresiasi kepada para panitia pelaksana yang telah bekerja keras meluangkan waktu, tenaga, dan juga pikirannya agar terlaksananya kegiatan jambore Vol. 2 ini.

"Terima kasih kepada panitia yang telah memberikan ruang kepada para pelaku UMKM IKM di Kabupaten Bogor untuk saling mengenal, berbagi dan berkumpul di balut bingkai persaudaraan dalam kegiatan jambore," kata Belgi

Masih kata Belgi, semoga setelah kegiatan ini, UMKM IKM Kabupaten Bogor dapat terus saling belajar, dapat terus saling memotivasi serta tumbuh dan berkembang bersama-sama.

Terakhir, dirinya memberikan alasan mengikuti kegiatan jambore yang dilaksanakan pada bulan Desember ini. Menurutnya, kegiatan ini dijadikan sebagai refleksi, silaturahmi, dan juga reuni antarsesama pelaku usaha dibidang UMKM IKM se-Kabupaten Bogor. Terlebih lagi, mengingat sudah lama dirinya tidak berjumpa dengan para pengurus UMKM IKM baik tingkat Kecamatan maupun Kabupaten Bogor.

"Harapannya, semoga para pengurus Forum UMKM IKM dapat terus solid, terus kompak, mampu menjembatani para pelaku UMKM agar dapat menepiskan kendala usahanya dan bekerjasama dalam memajukan salah satu sumber ekonomi masyarakat," tambah Belgi

Tidak lupa dirinya turut mendo'akan Ketua Forum UMKM IKM Kabupaten Bogor yang tengah sakit dan menjalani perawatan, semoga, diangkat penyakitnya, sehat seperti sedia kala dan bisa berkumpul kembali di tengah-tengah pelaku UMKM IKM yang ada di Kabupaten Bogor. Tutup Belgi