Peran Pelaku UMKM Dalam Mendukung Transformasi Digital

Peran Pelaku UMKM Dalam Mendukung Transformasi Digital

Transformasi Digital UMKM | Pinterest ( https://pin.it/6PvKPKr)

Nama: Hastuti Purba

Peran Pelaku UMKM Dalam Mendukung Transformasi Digital

SohIBBerkompetisiArtikel

Menurut artikel sobat pajak, kini Indonesia menjadi Negara yang pertumbuhan ekonomi digital terbesar dan tercepat di Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yang telah melampaui negara lain yaitu Negara Malaysia dan Singapura. Perkiraan nilai ekonomi digital Indonesia mampu mencapai lebih dari US$ 130 miliar. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan platform berbasis aplikasi yakni e-commerce, ride hailing dan pembayaran digital Indonesia lainnya terjadi begitu pesat. Dengan dukungan pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di Indonesia adanya peningkatan sebanyak 40% setiap tahunnya. Perilaku konsumtif seperti terdapat 93.4 juta pengguna internet dari 71 juta pengguna perangkat smartphone di Indonesia membuat ekonomi digital di Indonesia berkembang. Awalnya kabar ini tidak dapat dipercaya, namun kabar ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator bidang kemaritiman dan investasi yaitu Luhut Binsar Pandjaitan. Dari kabar ini membuat rakyat Indonesia sangat senang tentunya. Kabar ini adalah kabar yang menggembirakan bagi para pelaku usaha se Tanah Air. Hal ini dapat menjadi ide kreatif bagi rakyat Indonesia dalam mengembangkan usaha serta menjadi bagian untuk terus mengakses internet melalui perangkat seluler yang dapat membantu ekonomi digital Indonesia berkembang. Hal positifnya ini juga merupakan kabar baik tentang Indonesia dan merupakan suatu kebanggaan bahwa Indonesia selangkah lebih baik dari Negara lain.

Ide kreatif yang dapat diterapkan oleh para pelaku usaha di Indonesia dengan cara menjadikan motivasi perkembangan teknologi digital lebih cepat khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini yaitu UMKM dapat berjualan secara online. Menurut jurnal Prosiding the 12th Industrial Research Workshop and National Seminar menyebutkan bahwa para UMKM yang berjualan secara online tentunya memiliki hasil yang berbeda-beda seperti para UMKM tidak melakukan digitalisasi, UMKM melakukan digitalisasi tapi gagal, dan Para UMKM berhasil dalam digitalisasi. Adapun faktor penyebab kegagalan transformasi digital UMKM adalah pengetahuan, keterampilan, kesiapan, serta sarana yang dimiliki. Pastinya para UMKM sudah berusaha dalam melakukan digitalisasi dalam operasionalnya yang dapat mengubah nilai penawaran kepada pelanggan dengan membuat model bisnis baru yang lebih relevan dan adaptif dari lingkungan bisnis yang muncul. Intinya, fokus transformasi digital itu ditentukan dari masing-masing pimpinan UMKM. Adapun faktor penentu transformasi digital UMKM adalah perilaku pimpinan serta formalitas terutama dalam penggunaan media digital. Total pengaruh perilaku pimpinan dan formalitas terhadap penggunaan media digital termasuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 17.5%. Hal ini disebabkan oleh para pelaku UMKM saat memulai usahanya sudah mengerti penggunaan teknologi digital yang membuat transformasi digital tidak dimulai dari awal.

Pemerintah juga berupaya mendorong dan mendukung para UMKM  dengan cara menerapkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia untuk UMKM yang masuk dalam ekosistem digital yang membuat para UMKM termotivasi untuk bergabung ke ekosistem digital yang kemudian bertambah menjadi 3.4 juta pelaku usaha. Meningkatnya jumlah pelaku usaha merupakan kabar membanggakan, kabar ini terhitung dari awal Desember 2020. Pemerintah akan terus mendukung program tersebut seperti memberikan promosi produk basis data, memberikan pelatihan kepada para UMKM hingga akses permodalan untuk para UMKM. Harapannya para UMKM semangat menciptakan inovasi yang dapat menggerakkan roda perekonomian Indonesia menjadi lebih baik. Hal yang menjadi pengingat untuk para UMKM adalah mengingatkan para UMKM tidak membeli produk impor yang dapat berakibat dominasi transaksi industri e-commerce. Dengan ini harapannya produk UMKM domestik harus mendapatkan posisi terbaik bila disandingkan dengan pasar domestik yang kemudian dapat merebut pasar global serta bersaing dengan negara-negara lain.

 

Referensi:

https://www.sobatpajak.com/article/5fe0141a3db9e02f1b42b39c/Kabar%20Baik%2C%20Ekonomi%20Digital%20Indonesia%20Berkembang%20Pesat!

https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:jPwyB4EdSrQJ:scholar.google.com/+Faktor+Penentu+Transformasi+Digital+UMKM:+Bukti+dari++Indonesia&hl=id&as_sdt=0,5

 

Sumber foto:

Warung milik pelaku usaha UMKM | Pinterest (https://pin.it/G4oQf6c)

Toko pelaku usaha UMKM | Pinterest (https://pin.it/5cNpqfp)

Transformasi Digital zaman sekarang | Pinterest ( https://pin.it/6PvKPKr)