Mencegah Penyebaran Berita Hoax dalam Media Digital

Mencegah Penyebaran Berita Hoax dalam Media Digital

Hati-hati terhadap hoax yang ada di internet | Sumber : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.kominfo.go.id%2Fcontent%2Fdetail%2F9058

#SohIBBerkompetisiArtikel

Pada saat ini, teknologi berkembang sangat pesat dan merambah di seluruh daerah-daerah Indonesia. Berkembangnya teknologi akan membuat berkembangnya media digital yang mempermudah kita dalam mengakses berita melalui internet kita dapat mengakses berita dalam hitungan detik.

Menggunakan Media Sosial | Sumber : https://images.app.goo.gl/E75ihxvs2Q2YFenH9

Media digital menjadi sarana yang sangat penting dalam hidup kita. Media digital menjadi sarana yang efektif dalam menyebarkan berbagai informasi, kita bisa menggunakan media digital dalam menyebarkan kabar baik. Namun, ada juga berita-berita Hoax yang tersebar melalui media digital.

Menurut KBBI, Hoax diartikan sebagai berita bohong atau berita rekayasa. Ketua Komunitas Masyarakat Indonesia Anti Fitnah Septiaji Eko Nugroho menjelaskan bahwa hoax merupakan informasi yang direkayasa untuk menutupi kebenarannya dikutip dari KOMINFO.

Orang-orang yang membuat dan menyebar berita Hoax memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang bertujuan mendapatkan kunjungan sebanyak mungkin, sekedar iseng, dan ada juga yang puas setelah membuat dan menyebarkan berita Hoax karena merasa mampu menipu orang yang membaca berita yang dia buat atau yang dia sebar. Ada juga orang yang membuat berita Hoax dalam bidang politik, contohnya Hoax yang ditunjukkan untuk menjatuhkan lawan politik.

Menggunakan media digital untuk meningkatkan literasi digital | https://cdn.medcom.id/dynamic/content/2021/11/22/1355848/cojC2mERBX.jpg?w=640

Menyebar luasnya berita Hoax bisa terjadi karena rendahnya literasi digital. Literasi digital merupakan pengatahuan dan kecakapan dalam menggunakan media digital. Setiap pengguna internet perlu memiliki literasi digital agar dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan dapat membedakan berita bohong dan berita yang benar. Literasi digital bertujuan untuk memeriksa berita yang diperoleh yang belum terbukti kebenarannya. Rendahya literasi digital merupakan akibat dari edukasi yang rendah. Oleh karena itu, kita harus meningkatkan literasi digital agar kita mudah membedakan berita bohong dan berita yang benar.

Adapun cara meningkatkan literasi digital sebagai berikut :

1. Berpikir Kritis

Berpikir Kritis | Sumber : https://images.app.goo.gl/qChaJWzuGRFyjeao6

Kita tahu bahwa informasi yang tersebar di internet berasal yang bermacam-macam. Pernahkah kita bertanya dalam diri kita apakah informasi tersebut dapat dipercaya? Ketika kita mendapat informasi yang tidak jelas asalnya, mulailah mendorong diri dengan bertanya apakah informasi ini memang benar? dan mulailah cari jawabannya langsung dari sumbernya 

2. Menguasai FInding Information

Mencari informasi di internet | Sumber : https://images.app.goo.gl/eW259xJXPzZdwQkx7

Finding Information adalah kemampuan dalam memilah informasi yang didapatkan dalam media digital secara akurat

3. Manfaatkan Media Sosial untuk Belajar dan Berkolaborasi

Belajar melalui media sosial | Sumber : https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fmahasiswaindonesia.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F05%2Fkelas-online.jpeg&tbnid=0Y4AI3WxzhVrCM&vet=1&imgrefurl=https%3A%2F%2Fmahasiswaindonesia.id%2Fmedia-pembelajaran-yang-menjadi-online-selama-pandemi-covid-19%2F%3Flang%3Dru&docid=_IL31uqCrNJMBM&w=700&h=467&itg=1&hl=in-ID&source=sh%2Fx%2Fim

Cara meningkatkan literasi digital adalah memanfaatkan media sosial. Kita bisa belajar suatu hal yang baru di media sosial. Misalnya melihat video content creator yang membuat konten edukatif. DI media sosial juga kita dapat berkolaborasi. Misalnya bekerja sama dalam mengerjakan tugas, penelitian, dan lain sebagainya.

4. Memahami Digital Culture

Hubungan dalam jaringan sosial | Sumber : https://images.app.goo.gl/Fadi4htqfs3xRp969

Digital Culture bertujuan agar kita mengatahui bagaimana internat mempengaruhi cara orang berkomunikasi dan berinteraksi seseorang. Dengan adanya Digital Culture kita dapat lebih bijak di dalam dunia digital dan agar kita tahu bagaimana caranya agar tidak terpengaruh oleh budaya yang negatif dalam media digital dan dapat mengambil budaya positifnya.

5. Menjadi Aman di Internet

Keamanan dalam bermedia digital | Sumber : https://images.app.goo.gl/frjrUHoPnTV5meAy8

Di dalam dunia internet, kita hanya perlu membiasakan diri untuk mendeteksi potensi-potensi yang bisa membahyakan diri. Misalnya tidak sembarangan dalam menaruh data.

Dengan adanya literasi kita dapat belajar untuk mengolah berita yang baik dan benar dengan pola pikir yang tepat, kreatif, dan inovatif. Dengan literasi digital juga kita dapat menggunakan media digital dengan lebih bijak. Misalnya kita dapat membuat konten yang baik, menyebarkan berita yang baik dan sudah pasti keaslian beritanya, menjadikan media digital sebagai sarana dalam membantu mendapatkan berbagai pengetahuan dan pengembangan skill, dan berbagai hal positif yang dapat kita lakukan dalam media digital.