Jenis dan Trik Terhindar Penipuan Pada Freelancer, Kamu Harus Tahu!

Jenis dan Trik Terhindar Penipuan Pada Freelancer, Kamu Harus Tahu!

Waspada penipuan pada freelancer (Foto oleh Mikhail Nilov/ Pexel)

Pekerja lepas menjadi salah satu profesi yang naik daun. Kamu bisa mendapat projek kerja melalui berbagai macam platform khusus pencari kerja lepas. Namun, ada oknum jahat yang tega melakukan penipuan pada freelancer.

Apakah SohIB pernah mengalaminya? Jika pernah, maka kamu wajib membaca trik terhindar penipuan terhadap freelancer agar kamu tidak tertipu lagi. Yuk, simak caranya berikut ini!

Jenis Penipuan Pada Freelancer di Platform Pencari Kerja

Penipuan yang kita bahas ini bukan yang terjadi melalui aplikasi WhatsApp, tapi yang terjadi di tempat pencarian projek dan pekerja lepas. Ternyata, menurut Outsource Accelerator ada banyak macam penipuan yang terjadi, lo!

1. Akun Palsu

Proses untuk membuat akun di platform mencari projek kerja lepas sangat mudah dan cepat. Sayangnya, kemudahan ini dimanfaatkan penjahat untuk berbuat kriminal. Bagaimana caranya?

Mereka membuat akun dan menawarkan suatu pekerjaan. Kemudian, mereka menyuruhmu untuk mengerjakan tugasnya dulu, baru dibayar. Setelah kamu mengumpulkan tugas, mereka ambil dan tidak membayarmu.

Akun yang mereka buat dimatikan. Jadi, kamu tidak bisa mengontak mereka. Wah, jahat sekali, ya!

2. Transaksi terjadi di Luar Platform

Apabila ada orang yang menawarkan untuk melakukan transaksi di luar platform, SohIB jangan menerimanya. Sebab, transaksi tersebut rawan dengan penipuan.

3. Perubahan Kontrak Tiba - Tiba

Ada kasus di mana pengguna jasa atau pekerja lepas tiba - tiba merubah kontrak. Kemudian, jika menolak perubahannya, kamu tidak bisa mendapat upah.

Kejam - kejam banget ya, penipuannya. Nah, supaya SohIB bisa terhindar dari hal tersebut, kamu bisa ikuti langkah - langkah berikut.

Trik Terhindar Penipuan Pada Freelancer

Terkena penipuan rasanya tidak mengenakan. Buat kamu yang tertarik untuk menjadi freelancer, tapi jadi ragu - ragu untuk mencoba. Tenang, di bawah ini ada cara untuk terhindar dari penipuan terhadap pekerja lepas.

1. Cek Identitas Pemberi Projek

Jangan mudah tergoda dengan tawaran gaji yang tinggi dan tugas yang mudah! SohIB harus cek kembali identitas pemberi projek. Jadi, kamu bisa yakin apakah perusahaan atau orang ini asli atau tidak?

2. Jaga Data Diri

Informasi pribadi harus Sobat jaga di mana pun dan kapan pun. Jika klien meminta datamu, tanya dulu untuk apa informasi pribadimu akan digunakan. Apabila kamu boleh menolak untuk membagikannya, lebih baik terima saja pilihan itu. Sebab, data pribadi rawan untuk disalahgunakan.

3. Jangan Terima Transaksi diluar Platform!

Platform pekerja lepas seperti Upwork, Fiverr, dan Freelancer menggunakan sistem keamanan untuk mencegah tindakan penipuan. Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan transaksi di tempat yang terpercaya.

Fungsinya adalah agar data diri dan kerja kerasmu dapat terbayar dengan seharusnya dan aman. Zaman sekarang kejahatan siber dan peretasan sangat banyak macamnya. Jadi, SohIB harus berhati - hati dalam melakukan transaksi.

Itu dia jenis penipuan pada freelancer dan trik untuk menghindarinya. Informasi ini bertujuan untuk membantumu lebih waspada pada segala kemungkinan tindak kejahatan yang terjadi.

Kamu masih bisa menemukan rekruter yang baik dan pekerjaan yang sepadan di platform pencari kerja lepas, tapi jangan mudah percaya begitu saja, ya!

Selain itu, kamu juga bisa kumpulkan portofolio yang bagus dari sekarang. Jadi, saat ada projek yang cocok, SohIB bisa langsung mendaftar. Yuk, persiapkan diri dengan matang mulai dari sekarang!