Digital sebagai media penyebaran kabar baik bagi dunia pendidikan

Digital sebagai media penyebaran kabar baik bagi dunia pendidikan

Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan | Unsplash (sokrates.id)

#SohIBBerkompetisiArtikel

Hallo Sobat SohIB! Siapakah yang tidak mengenal dengan teknologi? Di zaman yang dewasa ini tentu sebagian orang telah mengenal dan bahkan sudah akrab dengan teknologi. Menurut KBBI kata teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Pengertian Teknologi | Unsplash (pelayananpublik.id)

Dalam tahun-tahun terakhir ini, dunia pernah dilanda oleh maraknya wabah penyakit yang mewajibkan setiap orang beraktivitas di dalam rumah dan aktivitas di luar ruangan harus diberhentikan. Dalam hal ini sangat sulit sekali bagi kita yang ingin bekerja, belajar dan bertemu sapa secara langsung dengan orang-orang sekitar. Di saat itulah teknologi sedang naik daun dan mengalami transformasi teknologi analog menjadi digital.

Dilansir dari Wikipedia Transformasi digital adalah bagian dari proses teknologi yang lebih besar. Transformasi digital merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan masyarakat. Transformasi digital ini memberikan perubahan yang signifikan terhadap aspek pendidikan, pekerjaan, dan sosial budaya. Dari segi pendidikan, saat masa pandemi sangat tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka di sekolah sehingga mewajibkan pembelajaran dilakukan secara online/daring(dalam jaringan)/jarak jauh. Saat masa pembelajaran jarak jauh/daring(dalam jaringan)/online banyak sekali bermunculan aplikasi-aplikasi untuk mendukung jalannya pembelajaran jarak jauh seperti Microsoft (Microsoft Excel, Microsoft word, PowerPoint, Microsoft teams, dan lain-lain), Google, dan aplikasi secara visual-audiovisual untuk tetap dapat melakukan pembelajaran jarak jauh seperti Google meet, Zoom, Video call, Skype, dan lain-lain. Sehingga terdapat banyak kelebihan dan kekurangan akibat transformasi digital di bidang pendidikan ini.

Kelebihan dan manfaat transformasi digital untuk segi pendidikan

Dengan adanya transformasi digital memudahkan para siswa dan para guru untuk melakukan pembelajaran dalam jaringan(daring) atau pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara online. Memudahkan para siswa untuk mencari informasi atau sumber belajar lainnya. Kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dapat dilaksanakan walaupun terlaksana secara pembelajaran daring. Pembelajaran semakin kreatif dan inovatif disebabkan adanya pembelajaran interaktif (pembelajaran melalui video) sehingga membuat siswa menjadi tidak cepat jenuh dalam belajar. Para guru semakin kreatif dan inovatif dalam mengajar. Para siswa dan para guru didorong untuk mampu menguasai teknologi digital yang tersedia. Para siswa dan guru dapat mengetahui dan mempelajari fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi untuk menopang dan mendukung jalannya pembelajaran. Dapat membuka usaha lewat transformasi teknologi digital sesuai dengan kantong pelajar seperti membuka les secara online, membuka usaha joki penugasan. Menciptakan suasana pembelajaran yang baru dan kolaboratif. Transformasi teknologi digital menjadikan kurikulum yang semakin modern dan semakin maju.

Transformasi Digital Dalam Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi | Unsplash (rudikdas.kemdikbud.go.id)

Kekurangan transformasi digital untuk segi pendidikan

Kita akan membahas sedikit tentang kekurangan transformasi digital untuk segi pendidikan dan mengambil beberapa contoh.Tak luput dari kelebihan, transformasi digital juga memiliki kekurangan dari segi pendidikan yaitu membuat siswa menjadi malas untuk menemukan jawaban dan tidak percaya pada jawaban sendiri sehingga siswa memperoleh jawaban lewat internet (Google) dan melihat hasil pekerjaan teman lewat di foto. Para siswa menjadi malas untuk mencatat lalu menggunakan sebuah aplikasi untuk mencatat materi dari para guru. Alat perangkat teknologi digital dan jaringan yang lambat terkadang menghambat proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

Siswa mencari jawaban lewat internet | Unsplash (kaltim.tribunnews.com)

Tujuan

Dikutip dari Republika transformasi digital dalam bidang pendidikan memiliki tujuan meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran, memudahkan aksesibilitas, serta membantu siswa mempersiapkan diri dalam dunia yang semakin terkoneksi secara digital. Tujuan yang lain yaitu pemulihan sistem pendidikan setelah masa terjadinya dilanda wabah penyakit.

Perkembangan teknologi di seluruh dunia | Unsplash (Peshkova/istockphoto)

Dilansir dari digitalbisa.id efek positif dan negatif ini berasal dari bagaimana kita menggunakan teknologi yang ada. Menggunakan teknologi untuk membantu pendidik dalam melakukan proses belajar mengajar memiliki banyak manfaat. Di sisi lain, siswa harus dibekali dengan keterampilan yang memadai untuk memungkinkan mereka berkembang lebih jauh di era digital yang kompetitif. Seiring berkembangnya teknologi, juga harus dibarengi dengan sumber daya manusia yang memadai. Jika keduanya sejalan, maka kualitas pendidikan di Indonesia pasti akan meningkat.

Digitalisasi Pendidikan, apakah baik? | Unsplash (digitalisasi.id)

Kesimpulannya adalah kita harus bijak dalam menyikapi dan menanggapi adanya transformasi teknologi digital di era yang serba canggih dan modern ini terutama dalam bidang pendidikan supaya kita dapat banyak memperoleh efek positif dan manfaat dari adanya transformasi teknologi digital dalam bidang pendidikan di era sekarang ini.