Zona Nyaman, Baik atau Buruk?

Zona Nyaman, Baik atau Buruk?

Akankah perubahan bisa dihasilkan dengan hanya berdiam dalam zona nyaman?

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Apa yang membuat generasi muda begitu istimewa? Namanya terus digaungkan bahkan ratusan tahun yang lalu. Pasti teman-teman pernah mendengar kutipan dari Ir. Soekarno yang berbunyi “beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Pernahkah terlintas di benak kalian, bagaimana seseorang bisa sangat yakin dengan perkataannya? Dan apa makna dibalik ucapan tersebut? Jika kalian pernah terpikirkan tentang hal itu, selamat berarti kalian adalah salah satu dari berjuta generasi muda yang paham akan kemampuan yang dimiliki. Pertanyaannya, bagaimana caranya kita menyalurkan kemampuan yang dimiliki untuk membawa perubahan bagi negara bahkan bagi dunia?

Pentingnya mengetahui bakat dan minat | HelloSehat

Sebelum melangkah lebih jauh, kenali terlebih dahulu diri anda. Cari tahu potensi apa yang terdapat dalam diri anda, bidang apa yang benar-benar anda minati Caranya dengan banyak-banyak mengikuti kegiatan baik perlombaan maupun organisasi. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut anda akan mengetahui bakat anda lebih condong kemana, karena akan muncul ketertarikan jika hal itu merupakan bakat anda. Dalam mengikuti organisasi atau perlombaan, mental anda juga akan terbentuk, keterampilan pun akan berkembang. Hal ini saya alami, saya pernah menjadi sekretaris ekstrakurikuler di sekolah dan itu membuat saya sedikit tahu mengenai kesekretariatan. Sehingga di masa kuliah saya sudah tidak kesulitan lagi untuk menjalani tugas sebagai sekretaris dalam event tertentu.

Pentingnya kepercayaan diri | KlikDokter

Dalam pencarian jati diri, kita pasti dihadapkan pada suatu rintangan, terutama dari dalam diri sendiri. Ada pepatah yang mengatakan bahwa diri sendiri merupakan musuh terbesar, dan hal ini benar saya rasakan. Saat satu sisi diri saya ingin melakukan kemajuan, sisi lain diri saya malah terus mendesak saya untuk terus berada dalam zona nyaman. Saya menyadarinya pada saat ingin mengikuti perlombaan, di awal saya sangat bersemangat dan tak lama kemudian saya malah mundur karena merasa tidak nyaman. Hal ini sedikit banyaknya memengaruhi kesehatan mental saya karena muncul rasa insecure setiap sebelum ikut lomba. Perasaan tersebut muncul karena saya tidak percaya diri dengan kemampuan yang saya miliki sehingga merasa selalu lebih buruk dari orang lain. Sebenarnya perasaan ini akan membawa keuntungan jika bisa dimanfaatkan dengan baik. Dengan perasaaan selalu kurang dari orang lain seharusnya membuat kita selalu memperbaiki diri sehingga secara tidak sadar kita sudah bertumbuh. Dalam hal ini peran dari lingkungan sekitar sangat penting. 

Setelah mengetahui potensi dalam diri, barulah anda lakukan pengembangan. Bisa dengan mengikuti les ataupun kegiatan yang terkait. Lakukan research mendalam, cari seseorang yang dapat dijadikan role model dan belajar dari setiap langkah yang diambilnya. Setelah anda mantap dengan itu, anda bisa mengkontribusikan diri anda dalam kegiatan pembangunan negara. Misalnya jika anda tertarik dalam bidang pendidikan, anda bisa menciptakan media maupun perangkat pembelajaran lain yang dapat membantu kemajuan di bidang pendidikan. Jika anda adalah videografer, anda bisa membuat video yang berisi keanekaragaman budaya maupun keanekaragaman hayati yang ada dan mengunggahnya untuk membantu mengenalkan kekayaan alam kita ke dunia luar. Jika anda adalah orang yang suka dengan kegiatan sosial, anda bisa membuat badan amal yang bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk saling berbagi. Kunci utama dari kesuksesan adalah banggalah dengan diri anda dan apa yang menjadi bakat anda karena sejatinya profesi apapun di dunia ini memiliki keistimewaan masing-masing. 

Video yang dibuat pemuda Indonesia untuk memperkenalkan kekayaan alam dan budaya Indonesia | Youtube (tangkapan layar Youtube Alffy Rev) 

Dari uraian di atas, saya ingin teman-teman berpikir berulang kali dalam mengambil keputusan. Karena setiap langkah yang kita ambil hari ini akan berdampak pada kita di masa depan. Hal lain yang ingin saya sampaikan adalah sebelum melakukan sesuatu pikirkan dulu apa tujuan dari anda melakukan itu. Keluar dari zona nyaman memang merupakan hal yang tidak mudah, tapi ketika kita mencoba untuk keluar kita akan menemukan bahwa hal itu tidak buruk. Pergunakan waktu anda untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya, karena dari pengalaman inilah karakter kita akan terbentuk. Untuk kalian yang merasa sudah terlambat untuk mengembangkan potensi diri, hilangkan terlebih dahulu pemikiran tersebut. Hal yang paling penting adalah apa langkah awal yang anda ambil untuk memulai eksplorasi anda. Jangan hanya dipikirkan, tetapi harus diwujudkan dalam sebuah aksi. percayalah dengan kemampuan yang anda punya, jadilah pemuda yang dapat memberikan kemaslahatan bagi lingkungannya