5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

Daftar warisan budaya Indonesia yang mendunia | Sumber: Unsplash (Anggit Rizkianto)

Hidup Indonesia!

Berbanggalah kepada diri kita, SohIB, karena telah dianugerahkan untuk tinggal di negara yang kaya akan budaya, sumber daya alam yang melimpah, dan keanekaragaman hayati. Bahkan, di sepanjang batas Indonesia dari Sabang sampai Merauke, kita memiliki banyak sekali bahasa dan suku.

Nah, tahukah kamu bahwa ada lima warisan budaya di negara kita yang telah diakui secara internasional dari The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization atau UNESCO? Wah, apa saja, ya? Yuk, kita check daftarnya bersama-sama!

Baca juga: Berlibur Ke Bali? Ini Daftar yang Wajib Dikunjungi!

1. Taman Nasional Komodo

Merupakan satu dari lima taman nasional tertua di Indonesia, tempat ini sudah berdiri cukup lama, lo, yakni pada tahun 1980 dan berlokasi di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Komodo dinobatkan UNESCO sebagai World Heritage Site and Man and Biosphere Reserve 6 tahun kemudian sejak ia didirikan. Sesuai namanya, ia menjadi rumah bagi hewan kadal raksasa alias komodo yang saat ini berstatus sebagai hewan langka dan hampir punah.

Dengan luas total sekitar 1.817 km², kawasan konservasi global tersebut memiliki berbagai ‘koleksi’ yang menakjubkan, dari banteng liar, babi hutan, hingga biota bawah laut. Kamu sudah pernah berkunjung ke sini?

2. Hutan Hujan Tropis Sumatera

SohIB pernah mendengar tentang Rafflesia Arnoldi alias bunga terbesar di dunia? Bagaimana dengan tanaman kantung semar yang bisa ‘mengunyah’ serangga pada mulutnya?

Yup, selain menjadi tempat bagi tanaman endemik yang unik, hutan hujan tropis ini merupakan habitat bagi beberapa spesies yang nyaris punah seperti gajah sumatra, orangutan, harimau sumatra, dan badak kecil bercula dua. Di dalamnya terbagi dalam 3 konservasi alam, yakni Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Gunung Leuser.

Btw, di lokasi ini ditinggali oleh dua suku pedalaman lo, yaitu Mentawai dan Anak Dalam. Sayangnya, beberapa tahun yang lalu, pada sidang komite warisan dunia di Rusia, Hutan Hujan Tropis Sumatera masuk sebagai ‘Warisan Dunia yang Terancam’ karena masih besarnya kegiatan ilegal di sana. Waduh, apa yang bisa kita lakukan ya, SohIB?

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Keren Di Bandung, Apa Saja?

3. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Tempat wisata yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi ya, di telinga kita? Candi Borobudur yang dikelilingi dua pasang gunung kembar tersebut (Merapi-Merbabu dan Sundoro-Sumbing) merupakan candi bersejarah yang dibangun saat masa Dinasti Syailendra.

Kompleks candi dengan ratusan patung Buddha dan puluhan stupa ini disebut-sebut sebagai situs peninggalan Buddha terbesar di dunia, guys! Borobudur sudah terdaftar di UNESCO sebagai warisan dunia sejak tahun 1991. 

4. Museum Purba Sangiran, Sragen, Karanganyar

Dari Magelang, mari bergeser sedikit ke Sragen yang tidak terlalu jauh jaraknya. Museum Purba Sangiran ini terletak di kaki Gunung Lawu, melewati daerah Gemolong, Kalijambe, hingga ke Gondangrejo.

Situs ini menyimpan berbagai koleksi yang sangat penting bagi perkembangan ilmu arkeologi, biologi, geologi, paleoantropologi, dan antropologi itu sendiri. SohIB yang berkunjung di tempat wisata tersebut akan menjumpai berbagai fosil manusia purba, diorama, fosil flora dan fauna, dan masih banyak lagi. Situs purbakala ini telah ditetapkan sebagai World Heritage nomor 593 di Meksiko.

5. Candi Prambanan

Tentu saja, yang satu ini harus masuk ke dalam list warisan budaya dunia! Candi Prambanan adalah candi peninggalan agama Hindu dan menjadi yang termegah di Asia Tenggara, lo! Terdapat satu cerita legendaris tentang pembuatannya, yakni kisah Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bondowoso untuk membuatkan 1000 candi dalam semalam untuknya sebagai bukti cinta. Prambanan dipercaya sebagai candi yang dimaksud dalam cerita itu

Ngomong-ngomong, SohIB sudah pernah belum, mengunjungi Sendratari Ramayana Prambanan-nya yang sangat terkenal dan memukau penonton dengan tarian baletnya yang indah? Disuguhkan pemandangan eksotis candi di malam hari, event yang biasanya berlangsung di musim kemarau Indonesia ini patut kamu tonton saat berlibur ke sini.

Baca juga: 7 Negara dengan Work Life Balance Terbaik, Indonesia Ada?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)