5 Universitas Tertua di Dunia, Sudah Tahu?

5 Universitas Tertua di Dunia, Sudah Tahu?

Ilustrasi pelajar sedang mengangkat toga di ruangan terbuka | Sumber: Unsplash (Pang Yuhao)

Bila menyebutkan universitas tertua di dunia, siapa yang berada dalam pikiranmu? Mungkinkah Oxford, Cambridge, atau Al Azhar? Yup, kamu tidak salah, kok! Deretan nama tersebut memang termasuk dalam urutan perguruan tinggi yang paling tua saat ini.

Namun, faktanya bukan yang pertama, lo! Masih ada beberapa universitas yang jauh lebih lama didirikan, bahkan usianya sudah lebih dari sepuluh abad. Wow, apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini! Siapa tahu, SohIB berminat untuk meneruskan pendidikan di sana!

1. University of Al Qarawiyyin (Maroko)

Tampak salah satu bangunan universitas Al Qarawiyyin | Sumber: Wikipedia.org

Nama yang satu ini mungkin terdengar agak asing di telinga kita, padahal Universitas Al Qarawiyyin didapuk sebagai kampus tertua di dunia, lo! Berdiri di Fez, Maroko, usia perguruan tinggi ini sudah lebih dari 10 abad, tepatnya berdiri sejak tahun 859 Masehi oleh Fatima al-Fihri.

Uniknya, tadinya Al Qarawiyyin berfungsi sebagai masjid dan pusat pendidikan komunitas muslim di sana. Namun, sejak tahun 1963, tempat ini berubah menjadi universitas. Fokus utama pengajaran mereka ada pada Ilmu Agama Islam, Sastra Arab, dan Ilmu Hukum. Tertarik mencoba?

Baca juga: Sebelum Berangkat Study Abroad, Persiapkan 5 Hal Ini!

2. Al Azhar University (Mesir)

Meskipun ‘baru’ menjadi universitas di tahun 1961, Al Azhar yang sudah ada sejak awal 970 Masehi tersebut sering disalahpahami sebagai perguruan tinggi tertua di dunia. Senada dengan Al Qarawiyyin, tadinya sekolah yang berdiri di Kairo, Mesir, ini juga menjadi center bagi pembelajaran Islam, tetapi dengan kurikulum yang lebih modern. Menurut 2022 Best Global Universities Rankings, Al Azhar University menempati urutan 994 terbaik di dunia.

Keindahan bangunan-bangunannya sering mengilhami banyak penulis novel dan film untuk menggunakan tempat tersebut sebagai lokasi syuting. Ada yang bisa menebak film atau cerita apa saja yang berlatar belakang di  Al Azhar?

3. University of Bologna (Italia)

Biasa disingkat sebagai UNIBO, perguruan tinggi ini sudah ada dari tahun 1088, lo! Menurut Wikipedia, Bologna memiliki 11 fakultas, di antaranya adalah School of Law

School of Arts, Humanities, and Cultural Heritage, dan School of Medicine and Surgery. UNIBO memiliki universitas cabang di Buenos Aires, Argentina dan masuk dalam jajaran perguruan tinggi terbaik dunia nomor 172. Alumni yang sangat terkenal dari sini di antaranya yakni Dante Alighieri (pengarang Divine Comedy), Laura Bassi (perempuan pertama dunia yang mendapatkan gelar di bidang sains), dan Nicolaus Copernicus (pencetus konsep tata surya heliosentrik). Siapa yang ingin jadi penerusnya?

Baca juga: 7 Skill Ini Bisa Bikin Kamu Digaji Mahal di Tahun 2022

4. Oxford University (Inggris)

Oxford University, salah satu universitas yang sering menjadi lokasi syuting film populer | Sumber: Unsplash (Sidharth Bhatia)

Suka nonton Sherlock Holmes atau Harry Potter? Nah, berarti sedikit banyak SohIB sudah melakukan mini tour di universitas tertua nomor tiga yang ini. Oxford University berdiri di abad ke-11, meski beberapa sumber menyebutkan tanggal pendiriannya yang pasti belum jelas.

Yang pasti, salah satu perguruan tinggi bergengsi di dunia, Cambridge University juga merupakan ‘pecahan Oxford’ yang lahir setelah adanya kerusuhan antar mahasiswa Oxford dan penduduk kota. Oleh sebabnya, banyak yang bilang ‘Oxbridge’ ini meskipun selalu bersaing secara akademis, tetapi sebenarnya adalah saudara kembar.

Bila berbicara tentang reputasi dan prestasinya, universitas yang menjadi tempat belajar Maudy Ayunda ini tidak lagi diragukan. Oxford sudah langganan masuk sepuluh besar terbaik dunia hingga kini. Siapa saja alumni topnya? Tentu saja banyak sekali, salah satunya ilmuwan Stephen Hawking dan penulis novel The Lord of the Rings, J.R.R Tolkien.

5. University of Salamanca (Spanyol)

Nomor lima datang dari Negeri Matador, yaitu University of Salamanca. Ia diakui sebagai perguruan tinggi atas izin Raja Alfonso IX pada 1218, meskipun sudah eksis jauh sebelumnya, yakni tahun 1134. Universidad de Salamanca terkenal atas sumbangsihnya dalam mendukung ekspedisi Christopher Columbus di abad ke-15. Tak hanya itu saja, Salamanca juga menjadi sekolah paling tua di Spanyol setelah dianugerahi Piagam Kerajaan di tahun 2018.

So, itu tadi 5 perguruan tinggi yang tidak hanya bergengsi, tetapi juga yang tertua di dunia. Ada yang bisa menebak mana yang paling terkenal di kalangan mahasiswa Indonesia saat ini?

Baca juga: 7 Negara dengan Work Life Balance Terbaik, Indonesia Ada?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)