5 Trik Jitu Produktif Menulis yang Bisa Kamu Coba!

5 Trik Jitu Produktif Menulis yang Bisa Kamu Coba!

Trik Produktif Menulis | Pixabay (StockSnap)

#SobatHebatIndonesiaBaik #jadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBMiniBootcamp

Menulis merupakan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Kamu bisa menuangkan ide dan kreativitas melalui tulisan. Selain itu, kamu juga bisa berbagi pengalaman menarik yang menginspirasi banyak orang.

Namun, kini menulis tidak hanya sekadar menjadi hobi. Tidak sedikit orang yang telah sukses menghasilkan pundi-pundi uang hanya dengan berbekal menulis. Contohnya, penulis novel Harry Potter, J.K. Rowling, dan masih banyak lagi.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya produktif dalam menulis. Beberapa trik jitu berikut ini dapat kamu terapkan untuk meningkatkan produktivitasmu. Tanpa bersama-lama, langsung saja simak penjelasannya, kuy!

1. Tuliskan Saja Dulu, Jangan Ditunda! 

Produktif Menulis
Jangan menunda karena ide akan muncul saat kamu mulai menulis. Sumber: Pixabay (Firmbee)

Menurut IDN TIMES, menulis tidak harus menunggu ada ide terlebih dahulu. Bahkan, sering kali yang terjadi adalah banyak ide yang muncul saat kamu mulai menulis. Ide itu akan terus mengalir dengan sendirinya sehingga mempermudahkanmu untuk mengembangkan tulisan.

So, kapan saja ide itu muncul segera tuliskan dan kembangkan menjadi sebuah karya yang utuh. Jangan pernah menunda waktu untuk menulis. Segera goreskan penamu dan gebrakkan dunia!

2. Rutin Menulis

Produktif menulis dengan rutin menulis
Buat target harian agar menulis menjadi kebiasaan. Sumber: Pixabay (Deeezy)

Kamu harus membiasakan diri menulis  meskipun hanya satu kalimat per hari. Dengan ini, kamu dapat melatih otak untuk tetap produktif. Tulisakan apa pun yang ada di pikiran dan rangkaialah menjadi sebuah kalimat yang menarik dan mudah dimengerti.

Kamu juga perlu menentukan target harian agar mendorong semangat untuk menulis. Misalnya, target harus menulis minimal berapa kata per hari sesuai kemampuan masing-masing.

Kamu bisa memberlakukan reward and punishment agar aktivitas menulis berjalan lancar, serta untuk membangun sikap disiplin dalam berkarya. Cara ini sangat efektif untuk dijadikan sebagai booster agar seseorang semakin produktif menulis.

Baca Juga: Kebiasaan Baik yang Menunjang Skill Menulis

3. Pilih Waktu yang Tepat

Pilih waktu untuk menulis
Pilih waktu yang tepat untuk menulis sesuai dengan keadaan masing-masing-masing. | Sumber: Pixabay (nattanan23)

Setiap orang memiliki memiliki waktu produktif yang berbeda. Ada orang yang suka menulis di tengah malam karena membutuhkan keheningan untuk bisa lebih produktif.

Ada juga yang senang menulis di pagi hari karena banyak energi positif yang mengalir ke dalam tubuh. Dengan demikian, kamu bisa lebih bersemangat untuk menulis.

Suasana yang tenang juga mendukung seseorang untuk berpikir jernih dan memunculkan banyak ide kreatif. Kamu bebas menentukan kapan waktu tebaik untuk menulis. Dengan demikian, kamu menjadi lebih mudah untuk meningkatkan mood menulis.

4. Cari Spot yang Nyaman

Tempat nyaman untuk menulis
Pilih tempat yang nyaman dan membantumu berkonsentrasi untuk menulis. Sumber: Pixabay (qimono)

Setiap orang punya spot favorit untuk menulis. Biasanya, tempat-tempat yang tenang dan jauh dari keramaian banyak dipilih oleh penulis untuk bekerja. Tempat yang nyaman dapat membuat penulis lebih mudah merangkai kata dan menyalurkan ide-ide kreatifnya.

Kenyamanan bisa tercipta dengan cara menjauhkan hal-hal yang bisa merusak konsentrasi menulis. Hal ini karena menulis juga membutuhkan suasana yang tenang tanpa ada gangguan.  

Salah satu contohnya adalah gadget. Kamu dapat mengubah pengaturan gadget menjadi silent mode. Hal ini penting untuk dilakukan agar tidak menimbulkan kebisingan saat ada pesan masuk saat kamu sedang asyik menulis.

5. Banyak Membaca

Membaca agar produktif menulis
Banyak membaca untuk mendapatkan lebih banyak ide. | Sumber: Pixabay (LubosHouska)

Di era yang serba digital ini, kamu lebih mudah untuk mencari sumber referensi. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi penting dari buku, ebook maupun sumber referensi lainnya.

Aktivitas membaca dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk memperkaya kosa kata. Semakin banyak kosa kata yang kamu punya, semakin mudah kamu untuk menghasilkan karya terbaik. Membaca juga bisa menggali lebih banyak informasi penting sebagai bahan untuk menulis.

Baca Juga: Mencari Keyword yang Tepat untuk Menulis

Semua trik di atas wajib kamu coba jika ingin meningkatkan produktivitas menulis. Tunggu apalagi, segera goreskan penamu dan melebarkan sayap menembus dunia lewat dunia kepenulisan.

Kamu juga bisa mengembangkan skill menulis dengan menjadi kontributor di sohib.indonenesiabaik.id. Di sini, kamu bisa belajar menulis artikel dan berkesempatan untuk mendapatkan masukan dari Editor, lo!

Nggak cuma itu, ada pula Komunitas SohIB, persembahan Indonesia Baik yang juga harus kamu ikuti! Komunitas ini mengadakan berbagai pelatihan terkait self development, salah satunya tentang kepenulisan. So, gabung sekarang, yuk!

Editor: Firdarainy Nuril Izzah