Transportasi Mudik Lebaran 2023, Kamu Naik Apa?

Transportasi Mudik Lebaran 2023, Kamu Naik Apa?

Pemandangan kota Jakarta saat lengang | Sumber: Unsplash (Afif Ramdhasuma)

Seiring dengan surutnya pandemi COVID-19, berbagai sektor di Indonesia juga sudah membaik. Di lini pariwisata dan ekonomi, perlahan melaju dengan cerah. Situasi tersebut juga berdampak pada kondisi pulang mudik lebaran tahun 2023 nanti. Jika di tahun lalu, tercatat pemudik mencapai hingga 85,5 juta orang, di tahun ini, Kementerian Perhubungan memprediksi jumlahnya akan membludak hingga 123,8 juta orang. Wow, banyak banget!

Diet Saat Liburan? Masih Bisa Konsisten, kok!

Dilansir dari Indonesia Baik, adapun kenaikan yang signifikan ini salah satunya karena penghapusan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) setelah meredanya pandemi COVID-19. Lantas, kira-kira apa saja ya, kendaraan pilihan masyarakat yang akan digunakan untuk pulang kampung lebaran tahun 2023 ini?

Transportasi Pilihan Pemudik

prediksi transportasi favorit pilihan mudik tahun 2023
Prediksi transportasi favorit pilihan mudik tahun 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Jika dilihat dari infografis di atas, berdasarkan transportasinya, diproyeksikan sebanyak 27,32 juta pemudik akan menggunakan mobil pribadinya di lebaran tahun ini atau setara dengan 22,07% total pemudik. Kemudian, di posisi kedua ada 25,13 juta pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Di nomor ketiga, ada pengendara bus dengan angka 22,77 juta orang, kereta api antarkota dengan 14,47 juta orang, dan penyewa mobil 9,53 juta orang. Kalau SohIB sendiri, kamu bakal naik kendaraan apa untuk pulang kampung lebaran besok?

7 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Jangan Dibawa Ketika Travelling, Serba Repot!

Provinsi Tujuan Pemudik Paling Banyak

Nah, jika ditilik lagi, berdasarkan survei yang dilakukan secara online, Kemenhub memperkirakan bahwa tujuan utama pemudik lebaran tahun 2023 adalah provinsi Jawa Tengah, yaitu 32,75 juta orang. Posisi kedua disusul oleh 24,6 juta orang ke Jawa Timur, sebanyak 20,72 juta orang ke Jawa Barat, 8,07 juta orang menuju Jabodetabek, dan 5,9 juta orang ke Yogyakarta.

Btw, pengambilan sampel di atas dilakukan dengan terperinci, ya. Mulai dari perencanaan dan analisis hasil survei dilakukan bekerja sama dengan kalangan akademisi dan pakar transportasi. Tentunya dengan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti sosiologis, ekonomi, budaya, dan dinamika masyarakat, serta perubahan kebijakan dan regulasi terkait penanganan kondisi COVID-19 yang semakin membaik.

Tips Mempersiapkan Diri untuk Mudik dari Jauh Hari

Kereta api adalah salah satu transportasi yang menjadi favorit pemudik
Kereta api adalah salah satu transportasi yang menjadi favorit pemudik | Sumber: Unsplash (Mouriza Sativa)

SohIB, mumpung masih hampir satu bulan lagi menjelang mudik lebaran, nggak ada salahnya kok, untuk mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Kalau kata orang, lebih baik prepare sejak awal daripada kamu kelabakan di menjelang hari raya. Nah, nggak perlu berbasa-basi lagi, yuk, check tips mempersiapkan diri untuk mudik dari sekarang!

Terus Update dengan Regulasi Mudik Terkini

Kita sudah hidup dengan protokol kesehatan ala pandemi COVID-19 sejak beberapa tahun terakhir. Tahun 2023 ini akan menjadi momen kedua kita benar-benar diperbolehkan mudik sejak sepinya lebaran selama corona. Dan kali ini juga, PSBB benar-benar dilonggarkan.

Namun, meski demikian, tetap pantau berkala ya, apakah ada peraturan terbaru dari moda transportasi umum. Hal tersebut penting agar kamu tidak bingung atau panik karena dokumen baru dipersiapkan menjelang mudik tiba.

Jaga Kondisi Tubuh

Yup, mulai sekarang, jagalah tubuhmu dengan mengimplementasikan pola hidup sehat. Misalnya makan sayur-sayuran dan menu bergizi, rajin berolahraga, tidur yang cukup, dan bila perlu mengonsumsi vitamin. Ingat, nanti ketika lebaran, bisa jadi SohIB akan kesulitan menghindari makan-makanan yang bersantan, berkalori tinggi, hingga kurang istirahat.

Oleh sebab itu, sebelum ‘menyiksa’ badan dengan hari-hari makan yang kurang sehat dan tidak cukup tidur, kuatkan staminamu sejak hari ini.

Budgeting

Bagi yang suka bagi-bagi rezeki seperti makanan dan uang, maka budgeting yang cermat sangat diperlukan. Terlebih lagi, ajakan buka bersama setiap hari bisa saja tak terelakkan. Jangan sampai kamu malah mengalami kantong kering dan menyesal sendiri.

Plan Perjalanan

Sudah sangat lazim apabila menjelang momen-momen penting seperti hari raya dan tahun baru, tiket pesawat, kereta, hingga bus melambung tinggi. Karena itulah, banyak orang yang sudah berburu tiket pulang jauh-jauh hari. Begitu pun juga dengan kamu, jika SohIB memang berencana untuk ke kampung halaman dengan moda transportasi umum, jangan lupa beli dari sekarang, ya!

Paspor Kini Berlaku 10 Tahun. Yay, Bisa Liburan Panjang!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)