Tradisi Unik Lebaran di Indonesia, Apa Saja?

Tradisi Unik Lebaran di Indonesia, Apa Saja?

Warga Indonesia berbondong-bondong melaksanakan sholat ied bersama | Unsplash (Mufid Majnun)

“Lebaran sebentar…lagi..”

Sepenggal lirik lagu dari penyanyi Bimbo yang berjudul ‘Lebaran Sebentar Lagi’ di atas mengingatkan kita bahwa tak kurang dari 10 hari lagi, Hari Raya Idulfitri akan segera tiba. Bagaimana, persiapan apa saja yang sudah SohIB lakukan sejauh ini? Apakah kamu sudah memesan tiket mudik?

Berbicara tentang lebaran, tentunya tak lepas dari tradisi-tradisi unik yang biasa warga Indonesia lakukan. Nggak hanya berdasarkan daerah saja, tetapi juga karena sudah menjadi budaya bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya. Lantas, apa saja sih, kebiasaan menarik yang paling lazim kita lakukan ketika berlebaran? Simak ulasannya berikut ini!

Transportasi Mudik Lebaran 2023, Kamu Naik Apa?

Perusahaan Membagikan THR

Tahukah SohIB, ternyata kebiasaan memberikan Tunjangan Hari Lebaran atau THR nggak dilakukan di banyak negara, bahkan yang mayoritas muslim sekalipun, lo! Di negara kita sendiri, pemberian THR biasanya dilakukan menjelang hari raya dengan nominal yang disesuaikan dengan perusahaan masing-masing. Oleh sebab itu, biasanya toko-toko akan sangat ramai di beberapa hari sebelum lebaran, sebab para pekerja yang sudah ‘turun THR’-nya akan memadati sebagai pengunjung.

Open House atau Halal bi Halal

Halal bi Halal seringkali dilakukan, terutama bagi mereka yang dianggap ‘dituakan’ oleh keluarga besar atau sekitarnya. Di sini, tuan rumah sebagai pihak penyelenggara open house akan mempersilakan siapa saja berkunjung ke rumahnya untuk dikunjungi, mengobrol, dan dilanjutkan dengan makan bersama. Biasanya, Halal bi Halal berlangsung satu sampai dua hari setelah lebaran. Inilah salah satu bukti bahwa orang Indonesia suka beramah-tamah, guys!

Sungkeman dan Bermaaf-maafan

Saling meminta maaf kepada orang tua, saudara, dan teman-teman juga menjadi salah satu tradisi lebaran yang sebetulnya baik sekali untuk terus diwariskan. Nantinya, orang yang dihormati dan paling tua seperti kakek, nenek, dan orang tua akan menjadi orang yang terlebih dahulu dimintai maaf. Kemudian berlanjut ke kakak, sepupu, hingga anggota keluarga yang paling kecil. Kegiatan ini dilakukan setelah pelaksanaan sholat ied.

Namun, di masa ini, tradisi tersebut juga bisa dilakukan secara online. Tentunya ini tak terlepas dari peran kecanggihan teknologi yang memudahkan kita untuk bisa bertegur sapa via smartphone

Semua Serba Baru

Entah bagaimana sejarahnya, tetapi membeli pakaian serba baru seolah tidak terpisahkan dari tradisi lebaran. Bahkan saking melekatnya kebiasaan ini, di zaman dahulu, ada lagu anak-anak yang bunyi liriknya seperti ini, “Baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya..” Namun, jangan khawatir apabila SohIB tidak membeli baju baru. Itu semua tidak mengurangi esensi kita berhari raya, kok!

Cuti Lebaran Tahun 2023 Terbaru, Lebih Panjang!

Takbiran

Takbiran adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang pada malam sebelum lebaran. Biasanya, para siswa-siswi Taman Pendidikan Al Quran (TPA) dan pemuda setempat akan berkeliling kampung untuk meneriakkan takbiran dengan tabuhan musik pukul. Tak hanya itu saja, terkadang pawai seperti ini juga dilombakan, sehingga para peserta takbiran akan saling menggunakan pernak-pernik unik, seperti lentera hias atau oncor (bambu yang ada nyala apinya).

Setelah kegiatan berkeliling usai, orang-orang dewasa dan anak kecil akan bergantian menyuarakan takbir di masjid hingga dini hari. Suasana akan terasa sangat meriah dan syahdu karena perpisahan dengan lebaran tahun tersebut.

Saling Berbagi Makanan dan Uang

Hantar-menghantar makanan memang sudah jadi budaya tersendiri bagi warga Indonesia. Sajian yang diberikan pun biasanya sudah ada template-nya karena khas lebaran, misalnya ketupat, opor ayam, kue kering lebaran, rendang, dan ayam goreng.

Besoknya, saat sedang bermaaf-maafan, anak-anak kecil sering diberi uang oleh orang tua, tante, om, dan kakak-kakak yang lebih tua. Inilah salah satu momen yang menyenangkan dan sering ditunggu-tunggu.

Kue Lebaran

Meja-meja di ruang tamu biasanya akan penuh dengan beraneka rupa kue lebaran yang enak dan special, misalnya kastengel, putri salju, nastar, hingga brownies kering. Kita akan disuguhkan kudapan tersebut setiap kali sedang bertamu ke tetangga atau saudara. Namun, harap perlu diingat ya, SohIB, jangan sampai kamu kalap karena kalorinya cukup tinggi dan mengandung banyak gula.

Ragam Kue Lebaran Paling Sering Disajikan, Mana yang Jadi Favoritmu?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)