4 Tools Presentasi Gratis yang Wajib Coba, Dijamin Nilaimu A!

4 Tools Presentasi Gratis yang Wajib Coba, Dijamin Nilaimu A!

Ilustrasi seseorang sedang melakukan presentasi di depan khalayak | Sumber: Unsplash (Teemu Paananen)

Presentasi ibarat ‘cemilan wajib’ bagi mahasiswa dan sebagian besar pekerja. Oleh sebab itu, nggak heran jika banyak orang berusaha untuk membuat tampilan presentasi sebaik mungkin. Problematika yang acap kali kita hadapi adalah kesulitan membuat materi dengan visual yang menarik dan tidak membosankan. Apalagi, tentu saja tidak semua mempunyai kegemaran tertentu di bidang design agar presentasinya terlihat bagus atau punya laptop atau pc yang mumpuni untuk dipasang software desain.

Namun, di masa ini, sudah tersedia beragam aplikasi template presentasi yang bisa SohIB coba, lo! Bahkan, beberapa di antaranya tidak dibebankan biaya alias free dan tanpa perlu mengunduhnya sekalipun. Kamu hanya membutuhkan gadget pendukung seperti smartphone atau laptop dan internet. Wah, apa sajakah itu?

Baca juga: Belajar Tentang Google AdSense, yuk!

1. Microsoft Powerpoint

Bagi pengguna laptop atau pc pastinya sudah tidak asing lagi ya, dengan yang satu ini! Microsoft Powerpoint adalah salah satu produk dari Microsoft 365 yang bisa digunakan untuk merancang presentasi atau kuis dengan berbagai visual yang menarik, seperti gambar, diagram, tulisan, hingga menyisipkan musik. Interface-nya sangat user friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Bisa dibilang, Ms Powerpoint ini adalah sesepuh aplikasi pembuat presentasi. Betul tidak?

2. Prezi

Software yang satu ini sangat populer sejak tahun peluncurannya di 2009. Aplikasi ini menyediakan ribuan template keren dengan alat-alat desain yang mudah digunakan oleh kita. Transisi Prezi yang sangat dinamis menjadi salah satu kekuatan yang menarik para user, sehingga presentasi pun tidak akan terasa membosankan.

Btw, software yang bisa kita temukan di website-nya tersebut telah memenangkan banyak penghargaan, seperti Best Overall Design, the People’s Choice Winner, Best Reusable Design, dan masih banyak lagi. Untuk dapat memanfaatkan fiturnya, kamu perlu mendaftarkan diri dengan akun Facebook, Google, Apple, Microsoft, atau Slack pada situsnya. 

3. Canva

Masih anyar di tahun 2013, Canva cukup memukau pengguna sebagai alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar bisa membuat desain apapun dan dipublikasikan di manapun. Aplikasi bernuansa biru dan putih tersebut sudah digunakan hingga 60 juta pengguna aktif dan melahirkan lebih dari 7 milyar desain, lo! Wow, kece abis! 

Kamu bisa menggunakan Canva untuk berbagai macam hal, termasuk membuat presentasi, CV, video pendek untuk sosmed, dan lainnya. Yang lebih mantap lagi, perangkat lunak yang memenangkan Google Play Award Winners tahun 2019 ini bisa kita gunakan baik di pc, laptop, maupun smartphone. Lengkap banget, deh!

4. Google Slide

Dari namanya saja, kita mungkin sudah menduga bahwa Google Slides adalah milik perusahaan raksasa Google! Disebut-sebut hampir serupa dengan Microsoft Powerpoint, perangkat lunak tersebut sedikit berbeda dengan ‘kembarannya’, di mana ia  perlu dijalankan dengan menggunakan internet. Kamu bisa mengoperasikannya di laptop maupun smartphone, ya.

Cara mendaftarkan akun SohIB sangat praktis dan tidak berbayar. Salah satu hal yang menjadi keutamaan Google Slide adalah penyimpanannya yang otomatis, sehingga kamu tidak perlu khawatir datanya akan hilang.

Itulah 4 tools presentasi yang bisa kamu coba! Semuanya mudah sekali untuk kamu dapatkan dan diakses. Say good bye to nggak punya passion mendesain!

Baca juga: CV vs Resume Ternyata Berbeda, lo! Sudah Tahu?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)