Rekomendasi Tools Design Gratis untuk Pemula

Rekomendasi Tools Design Gratis untuk Pemula

Desain grafis adalah salah satu skill yang sedang banyak dicari tahun 2022 | Sumber: Unsplash (Edho Pratama)

Saat ini, desain grafis menjadi salah satu profesi dan keahlian yang sangat diminati banyak perusahaan, terutama karena zaman digital masa kini. Nggak heran, banyak perusahaan yang bisa menawarkan gaji fantastis untuk mereka yang memiliki skill mendesain. Hal ini membuat banyak orang berusaha untuk memiliki keahlian merancang grafis agar bisa menjadi pekerjaannya kelak.

Hanya saja, faktanya belajar desain itu nggak segampang yang dibayangkan, lo! Selain harus kreatif dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen, menguasai tools-nya juga tidak boleh ketinggalan. Software ini memang dibuat untuk membantu para profesionalnya saat sedang merancang sesuatu. Nggak cuma itu saja, dibutuhkan gadget dengan spesifikasi yang mumpuni (umumnya RAM besar dan prosesor kelas tinggi) untuk mempermudah proses pengerjaan.

Nah, jadi yang pemula dan nggak punya alat desain impossible jadi graphic designer, dong? Eh, tenang saja! Sekarang, di dunia internet sudah banyak aplikasi graphic design bertebaran, meski memang sebagian masih lumayan rumit untuk dipahami bagi pemula. Berikut adalah tools yang bisa SohIB coba bagi yang ingin belajar meski belum jago merancang grafis. Are you ready?

Canva

Salah satu obstacle kita yang sedang belajar desain adalah laptop yang kurang tinggi spek-nya, sehingga bila dipaksakan untuk meng-install software, dikhawatirkan akan membuatnya menjadi lemot. Untungnya, Canva adalah salah satu aplikasi yang tidak mengharuskan penggunanya memasang tool tersebut ke gadget.  SohIB bisa mengakses website-nya dari PC, laptop, maupun handphone sekalipun.

Kamu perlu masuk ke software ini dengan surat elektronikmu agar progress bisa tersimpan. Meski tidak semua fasilitas Canva mungkin dapat diakses secara full tanpa upgrade ke premium dan berbayar, kita bisa tetap menggunakannya dengan nyaman, kok! Oiya, disediakan juga free trial selama satu bulan agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman Canva versi premium. Mau membuat poster, undangan, kartu nama, bahkan presentasi sekalipun? Canva support banget! Kamu minat mencoba?

Baca juga: Ini 5 Prospek Karier Multimedia yang Cerah untuk Kamu!

Snappa

Senada dengan aplikasi pertama, Snappa adalah platform design tool yang menyajikan banyak template design yang bisa kita gunakan dan diakses online pada web browser-nya. SohIB bahkan bisa menambahkan foto dan jenis font sendiri lo, ke dalam sini!

Tampilan Snappa sangat bersih dengan nuansa putih, abu-abu muda, dan biru laut. Dengan kelengkapan editing tools yang disediakan dari perusahaan milik Christopher Gimmer dan March Chouinard ini, dijamin SohIB nggak akan merasa kesulitan saat membuat karya gambar di sini!

Visme

SohIB ingin mengolah data seperti Excel ke visual yang lebih cantik dan mudah dipahami? Atau kamu mau mempercantik tampilan sosial mediamu dengan gambar atau video yang unik? Hmm, Visme bisa menjadi solusi untukmu, nih

Aplikasi online nonberbayar ini diciptakan untuk mereka yang ingin berkreasi dengan grafis secara mudah, terutama bagi pebisnis, pendidik, marketer, Human Resource, hingga agensi konsultan. Interface-nya dirancang sangat nyaman dan eye-catching. Bila user tidak terlalu paham bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, kita tidak perlu bingung karena software tersebut menyisipkan banyak simbol yang bisa memudahkan kita dalam penggunaannya. Btw, Visme sudah digunakan lebih dari 15 juta orang sejak peluncurannya, lo! Keren banget nggak, sih?

Baca juga: SohIB Berkelas: Belajar Membuat Iklan di Facebook dan Instagram

Figma

Figma adalah alat desain yang bisa diakses melalui website dan lebih canggihnya lagi, dapat terhubung dengan cloud, lo! Aplikasi ini sebenarnya lebih mudah dimanfaatkan untuk profesi yang berkaitan dengan rancangan tampilan untuk website atau mobile, tetapi SohIB masih bisa menggunakannya untuk editing foto dan gambar medsos.

Figma bisa kita akses secara gratis, meskipun itu artinya tidak semua tool akan bisa digunakan. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan experience yang maksimal dari fitur-fiturnya, biaya tambahan akan dikenakan setiap bulannya. Namun, produk ini bisa sangat membantumu dalam berkarier di bidang graphic designer!

 Kira, kira, aplikasi mana nih, yang menurutmu paling cocok untuk digunakan? Semoga setelah membaca artikel ini, SohIB tidak lagi berpikir berkarier di bidang desain grafis itu sulit dijangkau, ya!

Baca juga: Memulai Karier Sebagai Desain Grafis? Pastikan 5 Hal Ini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)