6 Tips Menjaga Tubuh Tetap Prima, Siap Sambut Tahun Baru!

6 Tips Menjaga Tubuh Tetap Prima, Siap Sambut Tahun Baru!

Menjaga Tubuh Supaya Tetap Prima Agar Siap Sambut Tahun Baru | Sumber: Unsplash (Edmond Dantes)

Tahun baru merupakan momen yang paling ditunggu hampir seluruh masyarakat. Selain kita bisa menyambut hari baru dan lembaran hidup baru, periode tersebut juga biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

SohIB di rumah tentu sudah sangat hapal bahwasanya setiap memasuki beberapa bulan menjelang tahun baru, kondisi cuaca di negara kita selalu tidak menentu, meskipun didominasi oleh musim hujan.

Di tengah kondisi cuaca yang tidak bersahabat seperti ini, banyak dari kita yang akhirnya tidak mampu untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima. Akibatnya, tubuh pun menjadi tumbang.

Apabila hal itu terjadi, maka akan sangat disayangkan. Sebab, akan ada banyak momen indah yang terlewatkan, salah satunya berkumpul bersama keluarga. Tentu kamu sangat tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan? Lantas, apa saja sih, tips untuk menjaga tubuh agar tetap prima sehingga kita siap untuk menyambut tahun baru? Skuy, simak dulu tulisan di bawah ini!

Makan Teratur

Makan Teratur Untuk Menjaga Tubuh Tetap Prima | Sumber: Pexels (Anushka Ahuja)

Makan Teratur dapat Menjaga Tubuh Kita Tetap Prima | Sumber: Pexels (Anushka Ahuja)

 

Banyak dari kita terkadang lupa, bila kita perlu makan yang teratur untuk menghindari  berbagai penyakit dan juga menjaga agar tubuh tetap fit dalam situasi apapun. Jangan biarkan perut kosong dalam waktu yang lama sampai kelaparan. Selain mengganggu keseimbangan nutrisi, SohIB akan lebih mudah lelah dan tidak bertenaga.

Perbanyak Konsumsi Vitamin

Mengkonsumsi Vitamin untuk Menjaga Tubuh Tetap prima | Sumber: Pexels (Polina Tankilevitch)

Selain menjaga pola makan yang teratur, hal lain yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi vitamin. Vitamin sendiri memiliki peran langsung untuk mengatur berbagai nutrisi yang telah masuk ke dalam tubuh.

Asupan penting tersebut terdiri dari berbagai jenis, di antaranya adalah vitamin A, B, C, D, E, K, dan lainnya. Kamu bisa mendapatkannya secara alami dari berbagai buah dan sayur.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup Untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Prima  | Sumber: (Vlada Karpovich)

Istirahat yang Cukup itu Penting | Sumber: (Vlada Karpovich)

Tubuh manusia tentunya tak bisa terus-menerus diforsir untuk melakukan berbagai macam hal. Kita juga perlu mengistirahatkan tubuh. Durasi istirahat yang diperlukan juga harus cukup, agar nantinya tubuh merasa lebih bugar. Dengan demikian, kita tidak mudah terserang penyakit dan terus merasa bertenaga sepanjang hari.

Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga Untuk Menjaga Tubuh Tetap Prima

Rutin Berolahraga dapat Meminimalisir Resiko Kelelahan | Sumber: (Ketut Subiyanto)

Semua hal yang kita lakukan demi mendapatkan hidup yang lebih baik tentu akan tercapai jika dilakukan dengan seimbang. Akan begitu sia-sia, apabila sudah telah mengonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup, tetapi tidak diimbangi dengan berolahraga.

Tubuh akan merasakan banyak manfaat ketika kita rajin berolahraga, seperti seperti membentuk kekuatan, otot lebih kuat, serta menjaga daya tahan tubuh.

Memanfaatkan Payung dan Jas Hujan dengan Maksimal

Memanfaatkan atribut hujan juga perlu diperhatikan lo, mengingat cuaca di Bulan Desember biasanya lebih tinggi curah hujannya. Sayangnya, terkadang kita masih menyepelekan penggunaan payung atau pun jas hujan karena menganggap air yang turun tidak terlalu deras, padahal sebenarnya tidak ada bedanya.

Menggunakan Payung ataupun Jas Hujan agar Tubuh Tetap Prima
Menggunakan Payung ataupun Jas Hujan Ketika Turun Hujan dapat Menghindarkan Diri dari Penyakit | Sumber: Pexels (Lisa Fotis)

Air hujan tetap saja akan berdampak bagi tubuh kita, terlebih lagi bila sebelumnya kita tidak mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya. Menggunakan payung ataupun jas hujan saat musim seperti ini adalah hal penting untuk membuat tubuh terhindar dari penyakit seperti flu atau masuk angin.

Menjaga Pikiran untuk Tetap Positif

Berpikir Positif dapat Memberikan Dampak Positif Bagi Tubuh | Sumber: Pexels (George Milton)

Pikiran sangat berpengaruh dan memberikan dampak terhadap kesehatan diri seseorang. Oleh sebab itu, berpikir positif diperlukan agar kita dapat menjalani hari dengan bahagia dan tenang. Secara fisik, SohIB juga cenderung lebih sehat karena mampu mengelola stres yang dimilikinya dengan baik.

Begitu pula sebaliknya, pikiran yang negative akan memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh. Sebab, kita bisa overthinking yang mengganggu dan tentunya hal tersebut akan menjalar dampaknya ke hal-hal lain, seperti tidak nafsu makan, depresi, dan kelelahan.

Nah, SohIB di rumah sudah tahu kan, tips-tips untuk menjaga tubuh agar tetap prima? Sekarang, saatnya kita untuk mengaplikasikannnya di kehidupan sehari-hari! Jika kondisi kita maksimal, momen berkumpul bersama keluarga untuk menyambut tahun baru tidak akan terlewatkan, deh!