5 Tips Sukses di Usia Muda, Cek di Sini!

5 Tips Sukses di Usia Muda, Cek di Sini!

Terus melangkah maju untuk menggapai impian dan jangan putus asa | Sumber: Unsplash (Lindsay Henwood)

Setiap orang di dunia ini, tentunya mendambakan kesuksesan di masa hidupnya. Memang tak ada kata terlambat untuk memulai, pun juga kapan kita harus memulai. Selama nafas masih berdegup dan memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkannya, maka tidak ada yang tak mungkin.

Di antara SohIB, tidak sedikit yang nyatanya dapat mewujudkan impiannya untuk menjadi orang sukses, bahkan di usia yang terbilang muda. Definisi ‘sukses’ pun juga bermacam-macam, ada yang memiliki harta melimpah, pernikahan yang harmonis, mencapai karier gemilang, hingga dapat menginspirasi banyak orang.

Di sisi lain, sebagian orang akan berkata, beruntunglah mereka yang sudah mencapai apa yang diinginkannya. Padahal, itu semua butuh perjuangan yang nggak gampang, lo! Bahkan, seorang seniman termasyur bernama Michelangelo pernah berkata,

“Bila mereka tahu betapa kerasnya usaha yang dikerahkan untuk membuat karya ini, mereka tidak akan begitu terpukau dengan karyaku.”

Wuidih, dalem banget ya, guys? Nah, sekarang pertanyaannya, bagaimana sih, agar kita bisa mencapai kesuksesan di usia muda masa kini?Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini!

Baca juga: 5 Film Netflix Tentang Pengembangan Karier, Ada yang Cerita Nyata, lo!

Start With You!

Every step has its own experience, but it will happens when you start only from you! Seseorang nggak bisa berubah begitu saja selama dirinya tidak mengijinkan untuk berubah. Oleh sebab itu, SohIB harus dengan sadar tahu, bahwa perjalanan untuk menggapai kesuksesan hanya akan dimulai jika kamu sudah yakin dan bertekad. 

Bila sekiranya kamu sulit menemukan alasan mengapa harus menjadi orang sukses atau definisi gemilang bagimu, bacalah buku, menonton tayangan inspiratif, atau berdiskusi dengan sekelilingmu. Siapa tahu, SohIB akan segera mendapatkan jawaban dari pertanyaanmu itu.

Fokus Pada Tujuan, Bukan Hasil

Fokus pada tujuan dan nikmati prosesnya agar kita bisa menghargai jerih payah kita | Sumber: Unsplash ( Fab Lentz)

Eits, fokus pada tujuan dan hasil itu dua hal yang berbeda, lo! Ketika orang lebih cenderung result-oriented, ia cenderung kurang menikmati prosesnya dan mudah puas saat sudah mendapatkannya. Berbeda dengan mereka yang memaknai bahwa perjalanan menuju sukses bisa jadi tidak semulus yang dipikirkan, tetapi selalu ada kemajuan menuju tujuan.

Cari tahu apa yang kamu inginkan dalam hidup, buatlah perencanaan apa saja yang bisa dilakukan, termasuk kemungkinan terburuknya. Misalnya, SohIB bermimpi untuk bisa mempunyai tabungan uang sebesar Rp 500 juta sebelum usia 20 tahun. Kemudian strategi agar bisa mewujudkannya adalah menahan agar tidak boros jajan dan menjadi tutor untuk menambah uang saku. Tulis progresnya setiap hari dan petakan apa yang seringkali membuatmu gagal dalam perencanaan tersebut. Dengan demikian, konsistensimu akan terus terjaga hingga tujuanmu berhasil.

Btw, memulai perjalanan sukses SohIB nggak memaksa harus dimulai dengan langkah yang lebar atau lari yang cepat, ya! Setiap orang mempunyai kekuatannya masing-masing, meski pada akhirnya mereka yang disiplin akan tetap mendapatkan finish yang sama. So, berhenti membandingkan diri dengan orang lain dan fokus pada tujuanmu. 

Keluar dari Zona Nyaman

Ini sangat penting untuk dilakukan. Kenapa? Karena pada dasarnya, manusia diciptakan sangat senang berada di situasi yang membuatnya merasa nyaman. Padahal, zona nyaman itu nggak sepenuhnya baik untuk perkembangan diri kita. Seseorang yang ingin mengasah keterampilannya, harus berani untuk mempraktekkan juga apa yang sudah dipelajarinya. Dengan begitu, kamu akan memiliki pengalaman baru yang dapat menghantarkan kamu menuju kehidupan yang lebih seru! Siapa sih, yang bisa memprediksi masa depan? Bisa saja, karena memberanikan diri berbicara di depan umum, suatu saat kamu justru menjadi motivator andal bagi khalayak!

Belajar, Belajar, Belajar!

Tentu saja, orang sukses haus akan pengetahuan! Baginya, tiada kata berhenti untuk terus menggali ilmu agar keahlian diri terus terbangun dan berguna bagi sekitarnya. Oleh sebab itu, jika SohIB perhatikan, makin sukses seseorang, mereka justru makin senang mengikuti banyak pelatihan dan menciptakan inovasi baru yang bisa bermanfaat. Bahkan, Steve Jobs, pendiri perusahaan raksasa Apple Inc sangat gemar membaca daripada menghabiskan waktu di gadget, meskipun ialah yang ‘memproduksinya’.

Bagi kamu yang masih bersekolah atau sudah di bangku perguruan tinggi, mulai dari sekarang jangan lagi mengeluh karena sulitnya pelajaran yang diberikan guru atau dosen, ya! Merasa lelah itu wajar, tetapi jangan sampai hal itu menghentikanmu dari belajar.

Baca juga: Steve Jobs Mendapat Penghargaan Tertinggi AS, Ini 5 Fakta Uniknya!

Miliki Lingkungan yang Positif

Lingkungan yang saling mendukung akan baik untuk kita | Sumber: Unsplash (Melissa Askew)

Percaya atau tidak, kesuksesan seseorang tidak terlepas dari dukungan orang sekitarnya. Karena itu, penting sekali bagi kita untuk memilih lingkungan pertemanan yang sehat dan bisa saling menularkan energi positif. Ingat, memilih teman itu bukan membedakan teman, ya! SohIB berhak mencari tempat yang akan menjaga “kewarasanmu” selagi menempuh perjalanan menuju impian.

Itulah 5 hal penting yang harus kamu ingat dan wajib diterapkan dalam menggapai tujuan gemilangmu di usia muda. Apabila SohIB sudah berada di titik tertinggi itu, jangan lupa untuk menyemangati sahabatmu yang lain dan stay humble!

Baca juga: Rahasia Sukses Bill Gates, Bisa Kamu Tiru

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)