Mau Street Feeding? Perhatikan 5 Hal Ini!

Mau Street Feeding? Perhatikan 5 Hal Ini!

Street feeding bukan sebuah kesalahan | Sumber: Unsplash (Zac Durant)

Siapa yang pecinta hewan, cung tangan? Aktivitas memberikan makanan kepada binatang liar memang semakin marak dilakukan, bisa dari kalangan komunitas yang menaungi atau orang yang memang sekadar senang saja. Lazimnya, hewan yang diberi makan adalah kucing dan anjing. Sebab, keduanyalah yang paling mudah ditemukan di jalanan. Nah, kegiatan sukarela seperti ini biasa dinamakan dengan street feeding.

Meskipun perbuatan yang baik, kebiasaan para street feeder sebetulnya menimbulkan berbagai polemik, salah satunya adalah bisa membuat kotor lingkungan dan mengundang lebih banyak hewan liar untuk datang ke sumber makanan. Belum lagi, mungkin sebagian orang merasa terganggu karena khawatir penularan penyakit dari hewan semakin tinggi.

So, bila SohIB menyukai aktivitas street feeding, yuk, baca dulu artikel ini! Perhatikan 5 hal di bawah agar memberi makanan kepada kucing atau anjing tidak menimbulkan masalah di sekitarnya!

Baca juga: 7 Makanan Memperlancar ASI yang Mudah Ditemukan di Indonesia

1. Pilih Makanan Hewan yang Layak

Makanan hewan yang layak artinya adalah tidak mengandung racun dan bau yang terlalu menyengat. SohIB dapat membeli makanan kucing dan anjing di pet shop dengan harga yang variatif, kok! Apalagi, menemukan toko seperti ini sangat mudah. Disarankan untuk memilih wet food atau dry food yang kemasan, karena selain nutrisinya terjamin, kamu juga lebih mudah membawanya ke mana-mana.

Namun, jika kamu memiliki makanan sisa dan bisa diolah menjadi makanan binatang, boleh banget untuk dipilih. Kucing dan anjing biasanya suka dengan sisa-sisa tulang ayam dan ikan.

2. Bawa Tempat Makan Hewan

tempat makan hewan
Manfaatkan limbah sampah sekitar untuk tempat makan hewan | Sumber: Unsplash (Jutta Kamp)

Bawalah wadah yang bisa dijadikan tempat mereka makan, seperti mangkok kecil atau plastik sekali buang. Akan tetapi, bila cukup merepotkan, SohIB dapat memanfaatkan benda di lingkungan sekitar sebagai pengganti wadah, seperti daun kering, botol bekas, hingga sampah kemasan. Jangan lupa, bila sudah selesai melakukan street feeding, buang ke tempat sampah, ya!

Baca juga: 12 Makanan Paling Viral Tahun 2022, Kamu Pernah Coba?

3. Jangan Memberi Makan di Sembarang Tempat

Namanya kucing atau anjing liar, pasti mereka berkeliaran di berbagai lokasi. Namun, kamu juga nggak boleh ikutan ‘liar’ ketika memberi mereka makan! Biasanya, hewan-hewan berpenciuman tajam seperti ini akan mengikuti kita saat sedang menyodorkan makanan. Nah, arahkan saja mereka sampai kamu bisa menemukan tempat aman untuk memberi makan.

Usahakan memilih tempat yang tenang, bukan di jalan utama tempat kendaraan berseliweran, dan aman dari hewan-hewan berbahaya lain atau keisengan orang.

4. Jaga Kebersihan Lingkungan

jaga kesehatan lingkungan
Cuci tangan dan gunakan sarung tangan saat melakukan street feeding | Sumber: Unsplash (Maskmedicare Shop)

Sebetulnya, bukan street feeding yang mengganggu kenyamanan, tetapi apabila yang melakukan aktivitas ini kurang bertanggung jawab dalam membersihkan sisa-sisa makanan hewan. Banyak lo, yang justru meninggalkan sampahnya begitu saja dan membuat warga sekitar kurang nyaman.

Oleh sebab itu, jangan sampai lupa bahwa kamu masih punya kewajiban untuk mengembalikan kebersihan lingkungan seperti semula. Masa tega, kamu yang jorok, tetapi street feeder lain kena batunya?

5. Kamu Juga Harus Bersih!

Selain sekitarmu yang terjaga, SohIB sendiri juga wajib bersih. Apa maksudnya? Binatang liar pada hakikatnya tidak berpemilik. Mereka biasa berburu makanan sendiri dan tidak ada yang memperhatikan hygiene-nya. Tentu saja, penularan penyakit dari hewan liar berpotensi lebih besar dan perlu perhatian.

Biasakan kamu selalu membawa sarung tangan dan hand sanitizer saat street feeding dan ingin mengelus-elus hewan tersebut. Akan lebih baik lagi jika SohIB punya komunitas serupa yang bisa mem-provide fasilitas kesehatan untuk hewan-hewan liar, seperti sterilisasi, vaksin rabies, dan pengobatan penyakit lainnya.

Jangan berhenti menebarkan kebaikan dengan sesama makhluk hidup. Ingatlah bagaimana seekor anjing atau kucing yang sudah tua kesulitan mencari makanan dan kamulah yang menjadi ‘malaikat’ karena ‘sedikit’ bantuan yang kamu tawarkan. Street feeder bisa jadi adalah tempat nyaman terakhir mereka dalam mengisi kelaparan. Selamat berjuang!

Baca juga: Aquascape, Karena Hewan Laut Juga Butuh Rumah yang Indah!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)