Tips Penuhi Kebutuhan Air Putih Sehari-hari, Sering Terabaikan!

Tips Penuhi Kebutuhan Air Putih Sehari-hari, Sering Terabaikan!

Air Putih | Sumber : Canva-Tharakorn Arunot

Berapa banyak air putih yang sudah SohIB minum hari ini? Hal tersebut memang pertanyaan sederhana, tetapi sulit untuk dijawab. Air putih sangat penting dan diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia. Tidak hanya melepas dahaga, manfaat air putih untuk kesehatan juga sangat beragam.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 75 Tahun 2013 tentang Anjuran Kecukupan Gizi (AKG) yang direkomendasikan bagi penduduk Indonesia, kebutuhan air sehari-hari dikelompokkan berdasarkan usia, salah satunya untuk usia 7-9 tahun memerlukan 1900 ml sehari, untuk usia 16-18 tahun memerlukan 2200 ml sehari, dan untuk usia 19-29 tahun memerlukan hingga 2500 ml sehari.

Drink Water Reminder
Drink Water Reminder | Sumber : Canva Pro/ Ria Megasari

Setiap organ-organ vital dalam tubuh membutuhkan air agar berfungsi dengan optimal. Konsumsi air secara teratur memberikan beberapa manfaat, seperti menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur suhu tubuh, menjaga berat badan, menjaga sirkulasi darah dan mencegah berbagai penyakit seperti penyakit ginjal, infeksi saluran kemih, sembelit dan penyakit lainnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar selalu ingat untuk minum air putih, di antaranya:

Membawa Botol Air Minum

Selalu membawa botol air minum kemanapun kamu pergi akan menjadi pengingat untuk minum secara teratur setiap harinya. Selain itu, hal ini merupakan kebiasaan yang baik dan ramah lingkungan karena bisa mengurangi jumlah sampah plastik.

Tetapkan Target Harian

Menetapkan target harian untuk minum air putih adalah langkah yang baik untuk menjaga hidrasi tubuh. Tentukan target harian untuk konsumsi air putih, misalnya 8 gelas sehari. Bagilah jumlah ini di antara waktu yang berbeda selama sehari untuk memudahkannya.

Perhatikan Tanda-Tanda Dehidrasi

Tanda-tanda dehidrasi adalah indikator bahwa tubuh kamu kekurangan cairan. Penting untuk mengenali hal ini agar kamu dapat mengambil langkah awal untuk mengatasinya dengan minum air putih lebih banyak. Tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, rasa haus, kelelahan, atau urin berwarna gelap. Jika gejalanya parah atau berlangsung lama, sebaiknya konsultasikan dengan profesional medis.

Atur Pengingat Menggunakan Ponsel

Gunakan pengingat di ponsel atau aplikasi kesehatan untuk mengingatkanmu agar minum air putih setiap beberapa jam sekali. Hal ini sangat berguna terutama jika kamu sering lupa minum dan menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Pastikan untuk mengaktifkan suara atau mode getar supaya kamu dapat menerima pengingat dengan baik.

 Drinking Water at the Right Time
Caption

Penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan minum air secara teratur sepanjang hari. Air tidak hanya bermanfaat dalam jumlah yang tepat, tetapi juga bila digunakan pada waktu yang tepat. Berikut beberapa tips yang bisa SohIB lakukan untuk membagi waktu mengkonsumsi air putih agar jumlah yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi setiap harinya.

  1. Pertama-tama, waktu yang tepat untuk minum air putih adalah pada saat bangun tidur. Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan air minum yang cukup sehingga mengalami dehidrasi. Hal ini harus diatasi dengan minum air putih yang cukup untuk menormalkan kembali cairan di tubuh.
  2. Kedua, penting untuk minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga. Selama aktivitas fisik, tubuh kehilangan cairan dan elektrolit melalui keringat. Oleh karena itu, membantu tubuh untuk mengisi kembali cairan yang hilang sangat penting untuk keseimbangan hidrasi tubuh.
  3. Ketiga, air juga sangat baik dikonsumsi sebelum dan sesudah makan. Minum segelas air sebelum makan dapat merangsang rasa kenyang dan mencegah overeating.
  4. Terakhir, kamu bisa minum air putih saat mengantuk atau lelah di sore hari. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh dehidrasi setelah seharian bekerja keras dan merupakan hal yang normal.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada beberapa faktor, seperti berat badan, kesehatan, aktifitas fisik yang dilakukan, cuaca, dan masih banyak lagi. Namun, pedoman umumnya adalah minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Artikel ini memberikan beberapa tips praktis untuk hidrasi yang optimal. Meski sederhana dan sering terabaikan, air putih memainkan peran yang sangat besar dalam tubuh. Jadi, ayo kita jaga kesehatan dengan minum air putih yang cukup mulai dari sekarang.