Ingin Harimu Menjadi Lebih Produktif? Coba 5 Tips Ini

Ingin Harimu Menjadi Lebih Produktif? Coba 5 Tips Ini

Tips agar Menjadi Lebih Produktif | Sumber: Pexels (cottonbro studio)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi  #MiniBootcampSohib

Pernahkah kamu merasakan dimana hari-harimu membosankan dan menjadi tidak bersemangat? Menjalani kehidupan yang begitu-begitu saja tanpa melakukan atau menghasilkan apapun dapat membuatmu merasa cepat bosan dan tidak berarti.

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan agar harimu menjadi lebih produktif. Produktif sangat berbeda dengan sibuk. Produktif memeberikan dampak yang besar setelah melakukan sesuatu, sedangkan sibuk diakibatkan oleh pekerjaan yang banyak sehingga menimbulkan rasa kewalahan.

Menurut Jagad.id, produktif adalah sikap yang memiliki konsep bahwa hari ini harus bermanfaat lebih baik dibanding hari kemarin, serta hari esok harus lebih baik dari hari ini. Secara garis besar, sikap produktif mampu menghasilkan sesuatu yang berarti.

Kalau begitu, bagaimana cara agar hari-hari yang dijalani bisa menjadi lebih produktif? Yuk, langsung saja simak penjelasannya berikut!

1. Mengatur Jadwal Prioritas

Mengatur jadwal prioritas agar lebih produktif
Mengatur jadwal prioritas dapat menghindarkan diri dari sifat tergesa-gesa. Sumber: Freepik (rawpixel.com)

Mengatur jadwal prioritas adalah hal penting guna menentukan mana pekerjaan yang mendesak untuk segera diselesaikan. Hal ini dapat menghindarkanmu dari kebiasaan mengerjakan pekerjaan dengan tergesa-gesa. Selain itu, dengan mengatur jadwal prioritas, pekerjaanmu akan menjadi lebih terorganisir.

2. Membaca

menjadi produktif dengan membaca
Membaca sangat pnting untuk menemukan kreativitas dan inspirasi baru. | Sumber: Pexels (Rahul Shah)

Menurut para pakar, membaca merupakan hal penting karena memiliki dampak yang sangat baik untuk manusia. Dengan membaca, kamu akan terdorong untuk menemukan kreativitas baru yang dapat menginspirasimu. Semakin banyak membaca, maka semakin banyak pengetahuan yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: Prinsip Kaizen, Biar Kita Makin Produktif

3. Menulis

Menjadi produktif dengan menulis
Menulis membantu untuk menuangkan ide dan pemikiran. | Sumber: Pexels (Lisa Fotions)

Selanjutnya, kamu bisa mencoba menulis agar harimu menajdi lebih produktif. Menulis dapat membantumu untuk dapat menuangkan ide, pemikiran, dan gagasan dalam bentuk tulisan. Semakin rajin kamu menulis, maka semakin besar peluang yang bisa kamu ciptakan. Kamu dapat memulainya dari hal-hal yang kamu suka, seperti tempat-tempat, makanan, dan orang-orang tertentu.

Kamu dapat menuliskannya ke dalam buku catatan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba ikut kompetisi kepenulisan dan menulis di website atau platform gratis lainnya yang kini telah banyak tersedia. Agar tulisanmu semakin berkembang dan berkualitas, kamu juga perlu mengikuti kelas kepenulisan.

4. Ikut Kegiatan Volunteer

kegiatan volunteer agar lebih produktif
Ikut kegiatan volunteer memberikan banyak manfaat. | Sumber: Freepik (freepik)

Kegiatan volunteer merupakan kegiatan sukarela memberikan tenaga, waktu, dan bakat untuk membantu suatu organisasi, kelompok atau komunitas tertentu. Kegiatan ini bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan lain sebagainya.

Ikut kegiatan volunteer dapat membuat harimu menjadi produktif. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dari sana, seperti relasi dan pengalaman baru. Bahkan, kamu juga bisa memperoleh perspektif yang berbeda di lingkungan yang lain. 

5. Ikut Webinar/Pelatihan

Ikut webinar dan pelatihan agar lebih produktif
Ikut webinar/pelatihan dapat memberikan teman baru dan menambah sertifikasi.  Sumber: Freepik (storyset)

Berikutnya, tips kelima ini dapat kamu lakukan untuk menjadikan harimu lebih produktif. Mengikuti  webinar atau pelatihan tertentu akan sangat bermanfaat buatmu.

Dengan ini, SohIB dapat mengasah atau mempertajam kemampuan dan pengetahuan yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan teman baru, sertifikasi, atau bahkan bisa bertanya langsung kepada ahlinya yang menjadi pembicara dalam webinar/pelatihan tersebut.

Baca Juga: 4 Hobi yang Bikin Produktif dan Tambah Cuan

Itulah beberapa tips agar harimu menjadi lebih produktif. Hidup ini terlalu disia-siakan jika kamu melaluinya tanpa melakukan atau menghasilkan apapun. Maka dari itu, kamu harus berusaha untuk berubah menjadi orang yang lebih produktif produktif.

Masih banyak artikel edukatif dan menarik lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id. Kamu juga dapat mengisi waktu luang dengan menjadi kontributor di sini. Dengan begitu, harimu bisa lebih produktif. Ada pula Komunitas SohIB persembahan dari Indonesia Baik yang akan mengadakan berbagai workshop dan pelatihan terkait self development. So, bergabung sekarang juga, yuk!

Editor: Firdarainy Nuril Izzah