Tips Menebarkan Kabar Baik Tanpa Clickbait Pada Media Digital.

Tips Menebarkan Kabar Baik Tanpa Clickbait Pada Media Digital.

Ilustrasi Membuat Konten | Sumber: https://wallpaperaccess.com/girl-laptop

#SohIBBerkompetisiArtikel

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi telah mengubah cara kita mendapatkan informasi, berkomunikasi, dan mengakses berbagai konten. Salah satu elemen yang paling berpengaruh adalah media digital. Media digital adalah bentuk media yang menggunakan platform digital seperti situs web, aplikasi seluler, media sosial, dan konten online lainnya. Media digital telah mengambil peran sentral dalam menyampaikan berita kepada masyarakat serta telah mengubah cara berita disampaikan, mempengaruhi kecepatan, aksesibilitas, dan interaksi antara pembaca dan penyedia informasi. Namun, penyampaian informasi di media digital tidak selalu baik, contohnya seperti penggunakan clickbait.

Clickbait adalah praktik yang digunakan dalam media digital untuk menarik perhatian pembaca dan mendorong mereka untuk  membuka suatu konten, biasanya dengan judul yang menarik atau kontroversial. Menurut Datariau, media online saat ini memang semakin banyak yang buruk kualitas pemberitaannya, tak sedikit pemberitaan bias, provokatif, dan bombastis. Media yang semata mengejar jumlah klik atau views, kemudian menimbulkan kebingungan bagi para pembaca yang akhirnya dapat merugikan pembaca dan merusak kepercayaan terhadap media digital karena informasi yang tidak memenuhi harapan yang dijanjikan oleh judul clickbait.

SohIB, dengan buruknya citra media digital yang menggunakan clickbait disetiap judul pada informasi yang dibagikan, ada baiknya kita menghindari penggunaan clickbait saat menebarkan kabar baik di media digital, berikut adalah beberapa langkah yang dapat SohIB terapkan saat ingin menyebarkan informasi:

Contoh Judul Sebuah Artikel | Unsplash (https://unsplash.com/photos/YDDnFThf48g)
  1. Pilih judul yang jujur, deskriptif, akurat dan hindari judul yang menyesatkan.

Pastikan judul artikel atau konten SohIB mencerminkan dengan akurat apa yang akan dibahas di dalamnya. Hindari menggunakan judul yang berlebihan dan menyesatkan pembaca dengan membaca judul yang tidak relevan dengan konten yang sebenarnya. Dengan judul yang deskriptif, pembaca dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka harapkan dari konten yang akan mereka baca.

Ilustrasi Mengumpulkan Informasi | Unsplash (https://unsplash.com/photos/n8Qb1ZAkK88)
  1. Fokus pada informasi yang berharga dan berkualitas.

Sampaikan informasi yang bermanfaat dan bernilai bagi pembaca. Pastikan konten yang SohIB sajikan memiliki substansi dan memberikan wawasan yang berguna atau solusi untuk masalah yang relevan. Jangan lupa untuk memberikan konten yang lebih mendalam dengan analisis yang lebih baik dan berikan pandangan yang lebih luas untuk memberikan nilai lebih bagi pembaca. Daripada mencari perhatian dengan jumlah klik yang tinggi, berfokuslah pada kualitas konten yang akan SohIB buat. Informasi yang berguna, mendalam, dan membangun akan membentuk reputasi yang baik antara SoHIB dan pembaca.

Ilustrasi Bahasa | Unsplash (https://unsplash.com/photos/ywqa9IZB-dU)
  1. Gunakan bahasa yang jelas dan informatif dan hindari overclaim.

Informasi harus disampaikan dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Bahasa yang jelas dan informatif membantu pembaca memahami konten dengan baik. Hindari penggunaan kalimat atau frasa yang ambigu atau membuat keliru pembaca. Jaga agar narasi tetap objektif dan tidak terlalu berlebihan. Pembaca akan merasa lebih yakin dan terhadap keakuratan dan kredibilitas konten yang disampaikan.

Sangat penting jika SohIB menyajikan konten yang berkualitas, transparan, dan kredibel, karena hal ini akan membantu membangun kepercayaan pembaca dan mencegah disinformasi. Pembaca akan melihat SohIB atau sumber berita sebagai sumber yang dapat dipercaya dan berkualitas.

Ilustrasi Berdiskusi Untuk Meninjau Konten | Unsplash (https://unsplash.com/photos/5fNmWej4tAA)
  1. Tinjau kembali konten sebelum dipublikasikan.

Sebelum mengunggah konten, tinjau kembali dengan cermat dan pertimbangkan perspektif pembaca. SohIB dapat memeriksa keakuratan informasi yang disajikan. Pastikan bahwa data dan fakta yang disertakan telah diverifikasi dan dapat dipercaya. Ini membantu mencegah penyebaran informasi yang salah atau tidak akurat kepada pembaca. Jangan lupa untuk memeriksa kembali pesan yang ingin disampaikan dan tujuan dari konten tersebut agar tercapai dengan baik. Konten harus memberikan nilai yang jelas dan tidak mengandung unsur clickbait yang tidak relevan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, SohIB diharapkan akan membantu menciptakan lingkungan media digital yang lebih sehat dan terpercaya. Dengan memprioritaskan keakuratan, kualitas, transparansi, kepentingan pembaca, media digital dapat memainkan peran yang positif dalam menyebarkan informasi yang berguna dan bermanfaat kepada masyarakat luas. Semoga semakin banyak kabar baik yang kita dengar melalui media digital ya, SohIB!