5 Tips Membuat Resolusi di Tahun 2023, Siap Jadi Pribadi Baru!

5 Tips Membuat Resolusi di Tahun 2023, Siap Jadi Pribadi Baru!

Buat perencanaan resolusi dengan hati-hati dan penuh keyakinan | Sumber: Unsplash (Isaac Smith)

Setelah berjibaku dalam masa-masa gelap pandemi COVID-19, tahun baru 2023 segera tiba dalam beberapa hari. Apa saja persiapan SohIB dalam menyambut tahun yang semoga terang tersebut? Adakah di antara kalian yang sudah merencanakan berpesta pora di pergantian tahun dan menyalakan kembang api?

Salah satu budaya yang biasanya dilakukan orang pada momen penting tersebut adalah membuat resolusi untuk dicapai di tahun selanjutnya. Namun, ternyata nggak segampang yang dibayangkan, lo! Kebanyakan dari kita hanya semangat di awal-awal saja. Setelahnya, dalam hitungan minggu, bulan, sampai penghujung tahun lagi, eh tahu-tahu sudah perlu merancang wishlist baru lagi, padahal yang kemarin belum tercapai.

Lalu, bagaimana ya, caranya agar kita mampu menyusun resolusi di tahun baru dan tetap konsisten berjuang sampai mendapatkan hasilnya? Nggak perlu berlama-lama, simak dulu 5 tips-nya di bawah ini!

Baca juga: Tips Hidup Minimalis yang Bisa Kamu Terapkan Saat Ini Juga!

1. Tanyakan Pada Diri

Resolusi sejatinya dibuat untuk dan oleh diri sendiri. Karena itu, kamulah yang paling tahu apa saja yang ingin dicapai dan seberapa mampu SohIB melewati rintangannya. Hal ini bukan berarti meragukan diri di awal menyusun impian, tetapi tidak ada salahnya untuk mengantisipasi kendala selama menulis rencanamu. Ingat, seorang pejuang sebaiknya tak hanya mempersiapkan diri dalam kemenangannya, tapi juga saat menghadapi kekalahannya. 

Tulis wishlist apapun yang terpikirkan olehmu, bahkan yang belum tercapai kemarin sekalipun. Akan selalu ada masa di mana kerja keras kita terbayarkan, dengan catatan kamu benar-benar berusaha mendapatkannya.

2. Jangan Ikut-ikutan Orang Lain

menulis resolusi 2023
Mimpimu adalah milikmu, jadi jangan bergantung pada orang lain | Sumber: (Unsplash) Jehyun Sung

Sekali lagi, hanya SohIB yang tahu kekuatanmu dan seberapa penting resolusi tersebut untuk kebaikan diri sendiri. So, big no banget apabila kamu justru malah ikut-ikutan orang lain dalam menyusun rencana tahun depan. Masa iya, kalau temanmu ingin punya pacar di tahun depan, kamu yang sudah tidak single berharap yang sama?

3. Mulai dari yang Kecil dan Realistis

Sebuah peribahasa mengatakan, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.” Hal yang sama berlaku pada saat kita menulis resolusi baru. Alih-alih memasukkan impian yang terdengar sangat muluk dan tanpa planning mau diraih seperti apa, tuliskan saja dulu yang terdengar lebih realistis untuk dicapai di awal-awal tahun. Selain menjaga konsistensi dalam meraih mimpi, tentu saja, siapa sih, yang tidak suka satu-persatu wishlist-nya tercentangi?

Apa saja yang bisa dijadikan ide sebagai resolusi “kecil” dan dapat segera terealisasi? Mulailah dari bertekad untuk mengubah kebiasaan yang baik, seperti bangun pagi sebelum matahari terbit, olahraga dengan intensitas sedang, rajin menata lemari pakaian, atau membaca buku minimal satu halaman sehari. Eits… sebenarnya semua poin ini juga bisa dilakukan sebelum tahun ini habis berlalu, sih!

Baca juga: 5 Tips Bangun Pagi, Awali Hari dengan Mood yang Baik

4. Tulis Secara Spesifik

cara menulis metode SMART
Menyusun resolusi tahun 2023 dengan metode SMART | Sumber: Unsplash (Kelly Sikkema)

Metode SMART biasanya diterapkan untuk mempermudah kita dalam mencapai target dan sasaran. Kamu bisa menggunakannya juga ketika sedang menyusun impian tahun depan. Agar lebih mudah, simak contohnya berikut ini,

  • Specific:Aku mau pandai berbahasa Jepang” (bukan “Aku ingin menguasai bahasa asing”).
  • Measurable: “Aku bisa menguasai soal-soal di N5” (bukan “Aku bisa melakukan percakapan harian.”).
  • Achievable: “Bagaimana caraku untuk mewujudkannya, ya?”
  • Relevant: “Agar resolusiku tercapai bisa bahasa Jepang, aku perlu mengikuti kursus bahasa Jepang, mulai mencari teman penutur asli Jepang, dan membeli kamus bahasa Jepang.”
  • Time-bound: “Bulan kelima, aku sudah harus bisa membaca dan menulis huruf katakana dan hiragana.”

5. Resolusi Tak Melulu Soal Kebutuhan, Tetapi Juga Kesenangan

Siapa yang bilang bahwa merancang mimpi hanya berkutat pada needed (kebutuhan)? Hidup akan terasa semakin bermakna manakala SohIB juga sesekali menikmati tangga demi tangga kesuksesan dengan meraih sesuatu yang memang kita cintai atau aku banget. Ibarat sedang makan sesuatu, tubuh membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Namun, sesekali boleh dong, jajan sesuatu yang SohIB suka, meskipun mungkin kurang terjamin nutrisinya.

Di antara daftar harapan yang sedang kamu usahakan di tahun depan, berikan beberapa tempat untuk mewujudkan hal yang membuatmu benar-benar bahagia, meski sekalipun kedengarannya nggak terlalu penting.

Apa saja? Misalnya makan AYCE (All You Can Eat) di hotel mewah, mempunyai kaos kaki motif batik, membeli satu set skincare edisi khusus, dan lain sebagainya. Akan tetapi, jangan lupa menabung, lo! Bisa-bisa, kita malah bokek di akhir tahun!

Demikian 5 tips menyusun resolusi di tahun baru 2023! Yuk, kirim komentarmu di bawah ini, apa saja sih, harapan dan impianmu di tahun mendatang? Buang keraguanmu dan sambut masa yang indah ini dengan penuh semangat!

Baca juga: Social Media Detox, Ini Sederet Manfaatnya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)