5 Tips Membeli Barang Bekas Online, Jangan Sampai Tertipu!

5 Tips Membeli Barang Bekas Online, Jangan Sampai Tertipu!

Ini dia tips berbelanja barang bekas online secara nyaman | Sumber: Unsplash (rupixen.com)

Kata siapa membeli barang haruslah yang baru? Selama kita bisa cermat dalam memilih preloved yang ditawarkan, mendapatkan barang yang sudah bekas pun bisa worth to buy, lo! Tak hanya itu saja, saat ini tersedia beragam platform online yang menawarkan barang-barang bekas dengan transaksi yang terbilang mudah dan cepat.

Namun, meski tampaknya simple, memilih banyaknya produk seragam yang ada di toko online tidaklah mudah. Bagi pembeli yang jarang singgah ke marketplace, mungkin akan cukup kesulitan menentukan mana penjual yang terpercaya dan jujur dalam mendeskripsikan dan menawarkan dagangannya. Agar kamu tetap bisa berbelanja dengan nyaman, yuk, simak 5 tips membeli barang bekas di toko online berikut ini!

Baca juga: Bahaya Self-Diagnosis, Jangan Lakukan!

Beli dari Orang yang Kita Kenal

Bisa mendapatkan barang bekas dari orang yang kita sudah tahu,  tentunya akan lebih terpercaya dan nyaman saat menanyakan kualitas barang. Negosiasi pun berpotensi lebih cepat dan SohIB bisa mendapatkan harga yang sesuai dengan budget.

Pilihlah Platform Jual-Beli yang Terverifikasi OJK

Dengan maraknya penipuan yang dilakukan pada tempat penjualan yang bodong, kamu harus ekstra waspada agar tidak menjadi korban. Sangat direkomendasikan untuk memilih tempat jual beli barang bekas online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa keuangan (OJK), misalnya OLX, Tokopedia, Carousell, Prelo, hingga Bukalapak.

Mereka sebagai pihak ketiga akan menampung uang yang sudah kita bayarkan begitu menerima barang. Sehingga bila terjadi worst case, misalnya barang kurang memuaskan atau seller tidak amanah, pedagang dan produknya bisa ditindaklanjuti.

Baca juga: Suka Mengalami Monday Blues? Ini Cara Mengatasinya!

Carilah Perbandingan Harganya

Cek kualitas barangnya apakah sesuai dengan yang kamu inginkan | Sumber: Unsplash (Clem Onojeghuo)

Sangat penting bagi SohIB untuk selalu melakukan perbandingan harga di toko-toko lainnya. Biarpun barang bekas, harga yang terlampau murah pun bisa jadi indikasi yang tidak wajar, lo!

Black Market membayang-bayangi kita jika membeli bukan dari toko resmi, terutama pada barang elektronik seperti smartphone. Bisa saja kan, kamu mendapatkan iPhone bekas terbaru dengan harga miring, tetapi ternyata didapatkan dari pasar gelap sehingga tanpa nomor IMEI.

Jangan lupa juga, periksa kelengkapan dan kondisi barang dengan meminta bukti foto asli dari penjual. Ada sebab-sebab mengapa seseorang memasang tarif harga tertentu, misalnya ingin segera dijual karena butuh uang, salah membeli ukuran, ada komponen yang hilang, atau sudah tidak terpakai.

Pertimbangkan Penjual yang Satu Kota dengan Kita

Inilah mengapa pada platform jual-beli online, terdapat pilihan bagi buyer untuk melakukan transaksi dengan cash on delivery (COD), transfer, hingga kredit dan filter wilayah terdekat dari tempat kita. Hal tersebut berguna bagi kita agar bisa membuat kesepakatan dengan seller untuk mengecek langsung kualitas barangnya sebelum deal membeli barang.

Tak hanya itu saja, mendapatkan produk bekas yang jauh dari tempat tinggal memerlukan biaya tambahan untuk pengepakan dan jasa kirim. Tentunya resiko barang rusak di perjalanan juga lebih tinggi.

Cek Reputasi Penjual dari Review-nya!

Poin terakhir ini jangan sampai dilalaikan, ya! Di aplikasi atau situs penjualan barang bekas yang valid, pihak pengembang akan menyediakan kolom feedback yang diisi oleh pembeli. Selain komentar, terdapat ikon ‘bintang’ dari satu hingga lima untuk menandakan level kepuasan pelanggan dari sisi komunikasi, pengiriman, harga, dan kondisi produk.

Baca respon yang diberikan orang-orang yang pernah bertransaksi dengan penjual tersebut. Bila ada yang memberikan rating yang rendah, pelajari apa penyebabnya dan adakah solusi yang ditawarkan dari seller. Kamu harus benar-benar jeli dalam memilih dengan siapa kita akan tawar-menawar. Pertimbangkan dengan matang sampai benar-benar sudah yakin. Dengan begitu, SohIB bisa melanjutkan belanja dengan rasa aman.

Baca juga: Ragam Aroma Essential Oil dan Manfaatnya

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)