Tips Healing Murah, Atasi Stres dengan Mudah!

Tips Healing Murah, Atasi Stres dengan Mudah!

Melakukan healing terbukti ampuh untuk meredakan stres dan menyegarkan pikiran | Sumber: Pexels (Gustavo Fring)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Melakukan healing tidak harus dengan liburan di pantai, menginap di vila, naik gunung, dan lain sebagainya. Banyak cara healing yang bisa dilakukan di rumah saja tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Rasa stres bisa hilang, pikiran rileks, dan hati menjadi senang. Selain itu, ngobrol dengan keluarga juga termasuk salah satu bentuk terapi yang dapat dilakukan kapan saja.

Selain itu, melakukan berbagai hal positif juga bisa mengembalikan semangat kamu dalam menjalani hidup. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjaga kesehatan mental sehingga kamu bisa hidup lebih bahagia dan terbebas dari rasa stres.

1. Quality Time Bersama Orang-orang Tercinta

Menurut IDN TIMES menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta bisa membuat pikiran lebih tenang dan terhindar dari stres. Kebersamaan dengan keluarga, teman, maupun pasangan menjadi momen indah yang sangat berharga dan akan terkenang sepanjang masa.

Hal ini karena orang-orang tersebut merupakan bagian dari zona nyaman, di mana kamu bisa terbuka dan menjadi diri sendiri. Kondisi tersebut juga bisa membuat perasaan SohIB lebih tenang.

2. Melakukan Hal-hal yang Disukai

Setiap orang tentu memiliki hobi yang berbeda. Kamu bisa menyalurkan hobi sekaligus bersantai ria. Misalnya, dengan menonton film yang disukai untuk meningkatkan mood.

Hal ini karena SohIB dapat mengalihkan perhatian sejenak untuk fokus menikmati jalan cerita dalam film. Dengan demikian, kamu akan terbebas dari permasalahan hidup yang sedang dialami sehingga pikiran menjadi lebih fresh.

Menonton film juga merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menjadi sarana untuk melakukan self-healing tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak. Kamu dapat melakukannya di rumah saja tanpa harus pergi ke bioskop.

Bagi kamu yang hobi memasak juga bisa melakukan healing dengan mudah dan murah. Salah satunya dengan memasak menu favorit dan menikmatinya sambil bersantai di rumah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap kemampuan diri dan memotivasi agar terus bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari. 

3. Mendengarkan Musik Favorit

Mendengarkan musik merupakan salah satu aktivitas positif yang bisa meningkatkan mood. Tidak heran jika banyak orang yang melakukannya untuk meredakan ketegangan pikiran. Kamu bebas memilih jenis musik yang disukai.

4. Membaca Buku

Menurut Yoursay.id membaca buku menjadi salah satu aktivitas healing yang sangat menyenangkan. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan setelah membaca buku. Selain menambah ilmu dan wawasan, kamu juga bisa melakukan terapi.

Misalnya dengan membaca buku-buku motivasi yang bisa mendongkrak kembali semangat menjalani hidup. kegiatan produktif seperti ini juga bisa mengusir rasa bosan sekaligus menjadi hiburan di saat kamu jenuh.

Banyak buku menarik yang dapat kamu pilih, baik fiksi atau nonfiksi, contohnya seperti novel, buku motivasi, pengembangan diri, dan masih banyak lagi lainnya. Pikiran menjadi tenang, terbebas dari rasa cemas, dan gelisah.

5. Berkebun

Berkebun juga menjadi aktivitas yang tidak kalah seru. Aktivitas healing ini bisa menurunkan tingkat stres seseorang. Selain itu, dapat membuat kamu merasa lebih bahagia dan memiliki energi positif. Menanam dan merawat tanaman akan membuat hari-hari kamu lebih indah dan berwarna.

6. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk healing, Hal ini karena dengan olahraga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik dan membantu memulihkan luka batin. Oleh karena itu, SohIB disarankan rutin berolahraga minimal 30 menit per hari.

Banyak aktivitas positif yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan ketegangan. Perlu diketahui bahwa tidak selamanya healing itu harus mahal. So, tunggu apalagi? Segera praktikkan beberapa kegiatan di atas agar hidup kamu menjadi lebih indah dan bahagia.