Bingung Buat Perencanaan Karier? Yuk, Ikuti Tips Ini!

Bingung Buat Perencanaan Karier? Yuk, Ikuti Tips Ini!

Tips buat perencanaan karier | Sumber: Pexels (Ivan Samkov)

SohIB baru lulus kuliah dan ingin mulai cari kerja? Ini adalah waktu yang tepat untuk kmu membuat perencanaan karier. Sebab, segala sesuatu yang dilakukan tanpa rencana matang, bisa bikin kamu pusing!

Buat SohIB yang masih asing dengan hal tersebut, menurut Indeed perencanaan karier adalah proses mencari pendidikan, pelatihan, atau peluang profesional untuk mencapai semangat dan tujuanmu.

Dalam artikel ini, kamu akan tahu pentingnya punya strategi mencapai karier tujuan dan cara membuatnya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Manfaat Perencanaan Karier

Saat kita kecil, biasanya orang-orang dewasa bertanya, “Mau jadi apa ketika besar nanti?”, lalu kamu akan menjawab dengan profesi impianmu. Nah, setiap tujuan atau mimpi yang dipunyai harus ada perencanaannya agar hal tersebut bisa diwujudkan.

Selain itu, Work It Daily juga menyatakan bahwa perencanaan karier tidak hanya bermanfaat untuk yang akan masuk dunia kerja saja. Karyawan yang berencana untuk pensiun pun butuh membuat strategi ini. Kok bisa?

Sebab, ketika pemasukan dan kebutuhan berubah, maka kamu juga harus menyesuaikan perencanaan pekerjaan. Jadi, langkah-langkah yang akan kamu lakukan tetap dapat mencapai tujuan hidupmu.

Seperti apa cara membuat strategi penunjang karier untuk yang mau bekerja? Ayo, catat caranya di bawah ini!

Tips Membuat Perencanaan Karier

Berdasarkan informasi dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) Career Advising and Professional Development perencanaan karier berisi daftar langkah yang akan kamu lakukan untuk jangka waktu panjang dan pendek. Untuk membuatnya menjadi strategi yang efektif, ada tips khusus yang bisa SohIB lakukan.

1. Ketahui Pilihan Karier

Cobalah untuk membuat daftar profesi impianmu. Bisa berdasarkan ketertarikan atau kesesuaian skills yang kamu miliki. Kalau kamu bingung, SohIB bisa ikut tes psikotes terlebih dulu.

Kemudian, eliminasi beberapa dari daftar tersebut setelah kamu mengecek latar belakang perusahaan tujuan di Interconnect Data, hasil konsultasi dengan ahli, atau saat kamu menyelesaikan program magang di perusahaan tersebut.

2. Tentukan Prioritas!

Setelah melakukan penyeleksian, pilihan karier yang akan kamu coba jadi semakin sedikit. Tentu saja, kamu tidak bisa memikirkan semuanya sekaligus dalam satu waktu, bukan? Oleh karena itu, tentukan dulu yang mana yang akan menjadi prioritasmu.

Caranya adalah SohIB membuat perbandingan dengan melihat peluang pengembangan karier, gaji, dan jarak. Jadi, tenaga dan pikiranmu bisa fokus ke karier yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dan keinginanmu.

3. Pertimbangkan Faktor Lain

Kalau ternyata kamu masih bingung menyeleksinya, SohIB bisa gunakan faktor-faktor lain sebagai pertimbangan. Contohnya adalah apakah pekerjaan yang kamu pilih memiliki permintaan yang tinggi? Atau butuh pendidikan tambahan agar bisa diterima?

Untuk mendapat jawaban dari pertanyaan tersebut, kamu bisa melakukan riset mendalam tentang profesi yang dipilih atau bertanya pada konsultan karier.

4. Buat Tujuan Perencanaan Karier dengan Metode “SMART

Setelah kamu menentukan pilihan karier, saatnya menyusun rencana dengan metode “SMART”:

  • Specific: Tentukan tujuanmu dengan spesifik dan jelas.
  • Measurable: Buat kriteria untuk mengetahui apakah perkembangan yang kamu buat berhasil atau tidak.
  • Attainable: Tujuan yang kamu buat harus sesuatu yang bisa kamu raih. Minimal SohIB punya peluang 50% untuk mewujudkan tujuanmu.
  • Relevant: Target yang kamu buat harus yang relevan dengan hidupmu.
  • Time bound: Beri tenggat waktu untuk mencapai rencanamu. Hal ini agar SohIB termotivasi untuk menyelesaikan perencanaan karier.

Itu dia manfaat dan tips perencanaan profesi. Semoga dengan 4 cara ini, kamu bisa lebih mudah menentukan perjalanan kariermu. Prosesnya mungkin akan memakan waktu, tapi dengan bantuan orang-orang sekitar dan alat bantu yang tepat, kamu tidak akan repot lagi.

Salah satu platform yang bisa membantumu menyeleksi pilihan karier yang tepat adalah Interconnect Data. Di sini, kita bisa mengecek profil perusahaan tujuanmu dan melihat apakah ke depannya perusahaan ini akan stabil melalui laporan keuangan di profil mereka.

Kemudian, SohIB juga bisa mencetak CV gratis dan mengunggah portofolio agar bisa dilihat oleh profesional lainnya yang mengunjungi profilmu. Menarik, bukan? Kalau kamu penasaran, kunjungi saja Interconnect Data atau download aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store!