Kenali 5 Tips Aman Berselancar di Dunia Digital

Kenali 5 Tips Aman Berselancar di Dunia Digital

Kenali 5 Tips Aman Berselancar di Dunia Digital | pexels.com (Lisa Fotios)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Derasnya arus digitalisasi saat ini membuat masyarakat sulit untuk melepaskan diri dari internet. Berbagai kegiatan mulai dari berbelanja hingga akses pedidikan dan kesehatan kini bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan teknologi. Namun, apakah dunia digital yang kita jelajahi sudah aman?

Faktanya saat ini kasus kejahatan online atau cyber crime justru meningkat. Pada kuartal kedua tahun ini saja tercatat sudah ada 5.579 laporan kasus phising atau pencurian data pribadi. Angka tersebut meningkat lebih dari tiga kali lipat dari kuartal sebelumnya yang hanya 1.637 kasus.

Pencurian informasi pribadi ini dilakukan pada berbagai platform. Lembaga keuangan menjadi platform yang paling banyak diincar dengan persentase 41 persen. Selanjutnya e-commerce dan media sosial berada pada posisi kedua dan ketiga dengan persentase 32% dan 21%.

Indonesia bahkan menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan index keamanan cyber terburuk. Dengan skor 82,8 dari 100, Reboot Digital PR Service yang berbasis di Inggris menemukan 634 komputer yang terinfeksi virus. Selain itu terdapat 1.080 situs phising dan 1.040 situs yang mengandung malware.

Maraknya tindak kejahatan online membuat kita harus berhati-hati ketika mengakses internet. Lalu apa yang bisa kita lakukan? Yuk, simak 5 tips aman berselancar di dunia digital!

1. Cek Kembali Pengaturan Privasi

Kenali 5 Tips Aman Berselancar di Dunia Digital
Cek pengaturan privasi | pexels.com (Markus Winkler)

Coba lihat lagi siapa atau apa saja yang bisa mengakses data pribadimu seperti nama, foto, nomor telepon, dan informasi penting yang lain. Atur kembali sesuai dengan kenyamanan dan keperluanmu saat ini.

2. Buat Password yang Kuat dan Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Kenali 5 Tips Aman Berselancar di Dunia Digital
Gunakan Password yang Baik | pexels.com (Pixabay)

Password yang baik biasanya mengadung huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Hindari menggunakan kode sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau angka dan huruf yang berurutan. SohIB juga bisa memanfaatkan fitur aktivasi verifikasi dua langkah atau 2 step verification agar akun yang kamu miliki lebih aman dari peretasan.

3. Hindari Tautan dari Orang Tidak Dikenal

Kenali 5 Tips Aman Berselancar di Dunia Digital
Hindari tauran mencurigakan | pexels.com (Pixabay)

Tautan atau URL yang diterima dari orang asing bisa berpotensi membahayakan data pribadi kita. Sebabnya, hal tersebut bisa saja mengarahkan kita ke website berbahaya atau justru dibuat dengan tujuan mencuri data pribadi yang kita miliki. Oleh karena itu, lebih baik untuk tidak membuka tautan mencurigakan yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal.

4. Hati-hati Saat Memakai WiFi di Tempat Umum

Kenali 5 Tips Aman Berselancar di Dunia Digital
Hati-hati dalam menggunakan wifi umum | pexels.com (RODNAE Productions)

Saat ini banyak tempat umum yang menawarkan WiFi gratis sebagai fasilitas tambahan. Fasilitas ini seringkali dimanfaatkan oleh para pelajar dan mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Hal ini juga membuat kita nyaman mengunjungi tempat tersebut bersama teman atau kolega.

Namun, ternyata ada hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan layanan tersebut di tempat umum. Salah satunya adalah tidak membuka akun perbankan atau layanan keuangan saat menggunakan WiFi publik.

Hindari penggunaan WiFi yang tidak menggunakan password. Hal ini karena hacker seringkali sengaja membuat jaringan internet palsu untuk mengakses data pribadi yang terdapat pada perangkat yang terhubung pada "WiFi palsu" tersebut.

Selain itu, pastikan kamu mengatur perangkat elektronik untuk terhubung secara manual. Perangkat yang terhubung secara otomatis memperbesar resiko terhubung pada sembarang jaringan yang bisa saja berbahaya.

5. Bijak dalam Menggunakan Internet

Kenali 5 Tips Aman Berselancar di Dunia Digital
Bijak dalam berinternet | pexels.com (cottonbro studio)

Saat ini, kehadiran internet memudahkan kita untuk mengakses banyak hal dan terhubung ke banyak orang. Namun, kemudahan ini terkadang membuat kita lupa untuk menggunakannya dengan bijak.

Tindak kejahatan online atau cyber crime kadang justru terjadi karena kelalaian pemilik informasi sendiri. Contohnya, pengungkapan data pribadi secara tidak sadar karena mengikuti trend yang ada di sosial media. Hal ini sempat terjadi beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, kita bisa saja menjadi pelaku kejahatan online dengan ujaran kebencian atau komentar jahat yang tanpa pikir panjang kita kirimkan di media sosial. Cyberbullying menjadi contoh tindak kejahatan yang terjadi karena hal ini.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita memikirkan kembali dampak dari apa yang kita lakukan, kirimkan, atau bagikan di dunia digital.