5 Tips Bangun Pagi, Awali Hari dengan Mood yang Baik

5 Tips Bangun Pagi, Awali Hari dengan Mood yang Baik

Ilustrasi seorang wanita sedang memeluk bantal dan tidur | Sumber: Pexels (Andrea Piacquadio)

Memulai hari dengan bangun pagi lebih awal akan membuat tubuh dan mental lebih sehat. Bagaimana tidak? Selain kita memiliki waktu lebih panjang untuk mempersiapkan kegiatan hari itu, tentunya SohIB mendapatkan kebaikan alam yang disediakan di pagi hari, yakni udara yang segar, bersih, serta pemandangan matahari terbit yang indah.

Hanya saja, membiasakan diri untuk bisa bangun awal ternyata tidak semudah yang direncanakan. Bahkan, hal ini menjadi momok bagi berbagai kalangan, termasuk mahasiswa dan pekerja sekalipun. Ada yang mungkin sudah berhasil melek, tetapi tertidur lagi saking ngantuknya. Ada pula yang ‘terpaksa’ bangun karena kewajiban masuk kantor pagi, tetapi resikonya mood jadi kacau karena kurang tidur.

Benarkah hampir mustahil bagi kita untuk benar-benar bisa bangun lebih awal? Hmm, tentu saja semua serba mungkin dengan mengetahui 5 tips bermanfaat di bawah ini!

Baca juga: Awas Nomophobia, Ketagihan Handphone yang Berbahaya!

1. Jangan Begadang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa begadang punya serentetan efek buruk apabila dilakukan dalam jangka panjang, seperti penuaan dini, mudah lupa, peningkatan risiko penyakit serius, hingga penurunan sistem imunitas. Sayangnya, banyak orang masih sulit untuk keluar dari ‘jeratan malam’ ini. Bahkan, tidur terlalu larut malam lah yang sering menjadi penyebab utama kita gagal bangun pagi.

Mulai sekarang, biasakan untuk mengatur jam tidur hingga hal tersebut menjadi jam biologismu yang baru. Sebisa mungkin lakukan kegiatan yang cukup padat di hari itu, yang akan membuatmu cepat lelah dan ingin beristirahat. 

2. Jauhi Gadget Sebelum Tidur

Amatlah mungkin bagi kita untuk keasyikan ketika menggunakan handphone. Kini, berbagai konten menarik dari algoritma media sosial disuguhkan setiap detiknya untuk memanjakan mata dan keinginan user-nya. Belum lagi dengan berbagai virtual game yang tidak hanya seru, tetapi bisa dimainkan secara berkelompok. Banyak orang memanfaatkan kecanggihan teknologi yang satu ini sebagai ajang me time.

Padahal, bila SohIB ingin sukses bisa bangun pagi, menjauhi gadget adalah salah satu upaya yang perlu dilakukan. Memang benar bahwa intensitas cahaya dari layar handphone akan membuat mata lelah dan tidur, tetapi resiko kesehatan yang dihadapi tidaklah sepadan. Gantilah dengan kegiatan lain yang lebih menyehatkan, seperti membaca buku, mengobrol dengan teman sekamar, atau melakukan stretching ringan.

Bila masih terlalu sulit untuk memejamkan mata, paling tidak letakkan tubuhmu di atas kasur seperti akan persiapan tidur. Relakskan pikiranmu atau isi dengan doa-doa. Lama-kelamaan kita akan segera pulas tertidur, kok, karena sebenarnya kadang tubuh memang sudah lelah, tetapi pikiran yang masih bekerja aktif.

Baca juga: 7 Hobi Baru Tanpa Gadget, Bersiap Untuk Ubah Hidupmu!

3. Gunakan Bantuan Alarm

Gunakan bantuan alarm agar bisa bangun pagi
Alarm atau jam beker dapat membantu kita untuk mengatur waktu tidur | Sumber: Pexels (Acharaporn Kamornboonyarush)

Ini adalah salah satu solusi yang paling sering dipilih orang, yakni menggunakan bantuan alarm. Bila dulu kita mengenal jam beker yang bersuara nyaring, saat ini SohIB dapat memakai alarm dari gadget sebagai gantinya. Namun, sebisa mungkin jauhkan benda tersebut dari bantalmu, ya! Bisa-bisa kamu hanya akan mematikan suaranya dan kembali tidur!

Letakkan pada tempat yang cukup jauh, misalnya meja belajar atau di kamar mandi. Kemudian, pastikan kamu tetap bisa mendengarkan alarm atau SohIB akan menambah masalah dengan membuat kebisingan orang rumah!

4. Hindari Makan atau Minum Kafein Menjelang Tidur

Logikanya, organ-organ tubuh kita seharusnya ikut bersiap diri menjelang istirahat. Namun, bila kamu justru malah makan sebelum tidur, otomatis tubuh harus sibuk bekerja lagi untuk memproses makanan yang baru SohIB cerna. Apalagi bila ditambah dengan minuman berkafein seperti kopi atau teh, yang dikenal membuat kita lebih sulit tidur. Waduh!

Bila memang kamu kelaparan dan harus menyantap sesuatu, disarankan untuk memilih snack ringan seperti buah, beberapa keping biskuit rendah lemak, dan air putih. Terkadang, perut yang keroncongan bukan disebabkan karena kurang makan, tetapi haus semata.

5. Buat Suasana Nyaman

Siapapun pasti sepakat, bahwa tempat tidur yang bersih dan rapi akan membuat kualitas tidur makin baik dan nyaman. Oleh sebab itu, jangan malas untuk menjaga kebersihan kamar, ya! Sebisa mungkin buatlah tata ruangan yang lancar sirkulasi udaranya dan bila perlu tambahkan wewangian lembut menjelang waktu istirahat.

Beberapa orang suka mematikan lampu, memilih sprei berbahan dingin, dan menyetel musik klasik agar suasana hati lebih tenang. Barangkali, trik-trik ini bisa SohIB terapkan juga!

Baca juga: Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Jangan Diulangi!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)