5 Tanda Kamu Mencintai Pekerjaanmu, Selamat!

5 Tanda Kamu Mencintai Pekerjaanmu, Selamat!

Kenali tanda ini kamu mungkin menyukai pekerjaanmu | Sumber: Unsplash (Christin Hume)

Segala sesuatu yang didasari cinta, tentu berpotensi membuat hasilnya lebih baik karena sepenuh hati saat melakukannya, tak terkecuali dalam pekerjaan. Coba SohIB hitung, berapa banyak orang yang beruntung dapat menyukai bidang yang digelutinya? Nggak sedikit lo, yang merasa terjebak dalam profesinya dan mudah sekali ingin resign! Maka dari itu, bila kamu merasakan 5 tanda ini ketika sedang bekerja, selamat deh, itu tandanya kamu sudah mencintai pekerjaanmu!

Memulai Hari dengan Penuh Semangat

Bagaikan orang yang sedang kasmaran, ketika akan bertemu dengan orang yang kita cintai pasti rasanya hati penuh dengan rasa semangat. Ini pula yang terjadi pada kamu ketika sudah menyukai pekerjaanmu. Hari Senin tidak terasa sebagai momok yang menakutkan, justru membuat kita tetap happy dan mood baik.

Memang sih, tidak setiap hari kita akan merasakan bahagia. Sesekali mungkin SohIB juga mengalami kesulitan atau kesedihan, meskipun faktornya bukan berasal dari lingkungan kerja sekalipun. Namun, ketika sedang down, saat sudah passionate dengan karier yang dijalani, kamu bisa segera bangkit dan fokus lagi dengan tugas-tugasmu. Ayo, check ini setiap pagi, apakah SohIB cenderung tetap stabil mood-nya atau lebih banyak merasa tertekan saat memulai pekerjaan?

Menyelesaikan Tugas Lebih Cepat

Sat set wat wet itu sebenarnya tidak melulu berasal dari sifat individu yang sudah terlahir bisa mengerjakan sesuatu secara cepat, lo! Namun, bagaimana perasaanmu saat menyelesaikan tugas-tugas tersebut juga mempengaruhinya. Persamaan yang paling mudah untuk menjelaskan ini adalah ketika kita masih di bangku sekolah. Ada beberapa siswa yang lebih cepat selesai saat mengerjakan ulangan Matematika, tetapi menghabiskan waktu lebih lama untuk pelajaran Bahasa Inggris, bukan?

Nah, hal ini pun sama dengan yang terjadi di lingkungan pekerjaan. Bisa saja, sebetulnya kamu memang sudah mencintai profesimu. Sehingga nggak hanya merasa mudah dengan tantangannya, tetapi juga menikmati setiap prosesnya.

Termotivasi untuk Menjadi yang Terbaik

Ketika seseorang sudah memiliki semangat yang tinggi dalam menjalani apa yang disukainya, maka motivasi untuk menjadi yang terbaik juga semakin meningkat. Bila tadinya kita ‘hanya’ berusaha untuk menjadi karyawan yang bagus performanya dan tidak memiliki masalah di kantor, lama-kelamaan jadi berminat untuk mengincar posisi yang lebih strategis.

Salah nggak, sih? Tentu saja tidak, SohIB! Setiap individu berhak menggapai cita-cita setinggi mungkin. Namun, ketika kamu meniti di jalan yang sangat kamu idamkan dan memiliki kesempatan untuk menjadi lebih ahli, tentu saja itu anugerah yang harus diperjuangkan!

Kehidupan Sosial Mulai Terganggu

Hayo, siapa yang suka kerja dan lupa sama kehidupan pribadinya? | Sumber: Unsplash (Toa Heftiba)

Yup, sejujurnya ada satu hal yang bisa dikatakan ‘red sign’ untuk kamu yang sudah mencintai pekerjaanmu, yakni kehidupan sosial mulai terganggu. Terkadang, cinta yang terlalu besar, menghasilkan sikap posesif atau dalam karier kita bisa menyamakannya dengan workaholic

entu kamu tahu dong, sederet resiko yang bisa terjadi saat kita menjadi pekerja yang super keras? Selain isu masalah kesehatan, SohIB mungkin tidak lagi menikmati waktu bersantai ria bersama keluarga dan teman atau melakukan me time. Rasanya hanya ingin bekerja, bekerja, dan bekerja. Waduh!

Baca juga: Workaholic Berbeda dengan Hard Worker, lo! Ini Dampak Buruknya!

Tidak Ingin Melakukan Switch Career

Anggapan memutuskan untuk switch career itu sama dengan keluar dari zona nyaman tidak sepenuhnya salah ya, guys. Karena ketika kita melakukan hal tersebut, perlu banyak penyesuaian dan persiapan, seperti mempelajari skill baru, mencari portofolio yang menunjang profesi, hingga perlunya mem-branding diri.

Jika kamu sudah begitu menyukai pekerjaanmu, tentu saja untuk berpikiran pindah ke lain hati akan sangat jarang terjadi, bukan? Alih-alih mau ‘keluar jalur’, kamu lebih menyibukkan diri untuk terus meningkatkan kompetensi hingga menjadi ahli. Kalaupun ingin mencari pengalaman di profesi lainnya, mungkin juga tidak jauh berbeda dengan yang sekarang dikerjakan. Misalnya, kamu seorang ilustrator, lalu ingin switch career di bidang desain produk. Apakah benar?

Baca juga: Mau Career Switch? Perhatikan Dulu Poin Ini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)