5 Tanda Kamu Butuh Istirahat, Jangan Abaikan!

5 Tanda Kamu Butuh Istirahat, Jangan Abaikan!

Ilustrasi seseorang merasakan lelah | Sumber: Unsplash (Fernando @cferdophotography)

Setiap orang dengan segala profesi tentunya memiliki rutinitasnya sendiri-sendiri, baik itu anak sekolah, kuliah, ibu rumah tangga, karyawan, dan lainnya. Meskipun beberapa di antara kita cukup beruntung karena menikmati dan mencintai pekerjaannya, tentu saja akan ada masa di mana tubuh mengalami keletihan dan butuh istirahat.

Daya tahan fisik seseorang tentunya berbeda-beda ya, SohIB! Ada yang tetap prima meskipun jam kerjanya cukup panjang. Bisa jadi karena diimbangi dengan pola hidupnya yang sudah sehat. Perasaan happy terhadap apa yang sedang dikerjakan juga mempengaruhi seseorang, baik dari performa pekerjaannya maupun proses menyelesaikan tanggung jawabnya.

Namun, tetap saja, sayangnya banyak yang masih mengabaikan tanda-tanda dari tubuh kita saat sudah mulai lelah. Nggak melulu merasakan pegal-pegal saja, berikut ini adalah 5 ciri yang harus kamu perhatikan saat kamu butuh istirahat.

Baca juga: Work Life Balance Penting, Tetapi Sering Diabaikan

1. Emosi Tidak Stabil

Rasanya semua serba salah, menyebalkan, dan cepat sekali marah! Stop, ini red flag yang bisa kamu perhatikan saat tubuh dan pikiran terlalu capek. Jangan paksakan diri untuk menyelesaikan tugas, karena hasilnya bisa menjadi nggak maksimal. Jika memungkinkan, ambillah beberapa jeda waktu untuk menyegarkan isi kepala dan mengistirahatkan badan.

2. Kelelahan yang Terus Menerus

Sudah tidur cukup semalam, tetapi rasanya seperti tidak istirahat 5 hari! Menyambut pagi pun terasa berat. Belum lagi, mata menjadi cepat lelah, berair, dan kepala pusing. Otot terasa tegang dan seperti bekas dipukul karena pegal-pegal. Hmm, bisa jadi kamu memang sedang butuh healing, guys.

Saran yang bisa kamu ikuti adalah bebaskan pikiranmu dari hal-hal yang bisa memicu stres, lakukan peregangan ringan, dan kurangi sifat perfeksionismu (bila ada). Jika perlu, izinlah cuti satu dua hari kepada atasan agar SohIB dapat me-refresh pikiran dan energi tubuh kembali.

3. Gangguan Tidur

Ilustrasi seseorang butuh istirahat
Alami gangguan tidur? Mungkin kamu sudah terlalu lelah | Sumber: Unsplash (Eric Ward)

Ada yang karena terlalu capai, ia menjadi sulit tidur atau malah selalu ingin tidur, pernah mengalami hal yang sama? Gangguan ini biasanya terjadi karena penumpukkan beban pikiran yang justru membuatmu selalu memikirkannya. Hal tersebut mengakibatkan kita tidak mendapatkan istirahat berkualitas, baik untuk fisik maupun pikiran.

Solusinya, perbaiki jam istirahatmu dengan mengurangi kesibukan yang melelahkan di luar urusan kerja. Prioritaskan kegiatan yang lebih menyenangkan sekaligus untuk self-healing. Bermain gadget biasanya menjadi pelarian orang ketika sedang rehat, padahal sama saja kamu sedang ‘memaksa’ mata kembali bekerja setelah seharian. Belum lagi apabila menemukan postingan yang membuat hati tidak nyaman.

Lakukan meditasi ringan menjelang waktu tidur dan dengarkan lagu-lagu yang menenangkan. Sebisa mungkin, jauhi obat-obat kimia yang membantumu untuk lebih relaks, apabila menggunakan cara manual masih bisa dilakukan.

Baca juga: Mengenal Mindfulness, Agar Hidup Lebih Positif!

4. Tidak Fokus

Mau ngerjakan tugas, bingung mulai dari mana! Laporan semalam lupa di bawa! Waduh!

Tubuh yang terlalu lelah biasanya akan sulit mencerna informasi, tidak fokus, dan mudah lupa. Dalam dunia kesehatan, kondisi ini memiliki nama Brain Fog yang disebabkan oleh Chronic Fatigue Syndrome alias keletihan yang terlalu lama.

Pada situasi tersebut, kita akan lebih mudah mengacau karena merasa kebingungan. Mood dapat menjadi nggak karuan dan berdampak stres bagi pikiran. Hal tersebut tidak boleh dibiarkan atau kamu akan mulai mengganggu kehidupan pribadi, urusan pekerjaan, dan pertemanan. Cara mengatasinya bisa dengan rajin berolahraga, mindfulness, dan work-life balance.

5. Muncul Gejala Penyakit yang Tidak Jelas

Seseorang yang sudah capek mungkin mulai merasa sakit di beberapa bagian tubuhnya tanpa alasan yang jelas. Bahkan, apabila diperiksakan ke dokter, sebenarnya tidak ada masalah apapun secara fisik.

Menurut situs Alodokter, fenomena ini dinamakan Malaise, yakni istilah medis untuk orang yang merasakan lelah, tidak nyaman, dan kurang enak badan, meskipun tidak tahu penyebab pastinya. Nah, dari sekian alasan seseorang terkena Malaise, gangguan mental karena stres adalah salah satu di antaranya.

Meskipun nggak tergolong sebagai penyakit, Malaise ini dapat berlangsung lama hingga berminggu-minggu lo, SohIB! Kita bisa kesulitan beraktivitas apabila terus terjadi. Adapun cara menanganinya adalah menjaga pola makan, berolahraga sesuai kemampuan, istirahat yang cukup, dan hindari kebiasaan yang kurang baik seperti merokok dan minum alkohol.

Dari kelima tanda di atas, mana yang sudah kamu rasakan? Ingat, tubuh dengan mekanisme hebatnya telah ‘berbicara padamu, so, jangan acuhkan apabila kamu memang sudah lelah. Yuk, jangan lupa bahagia dan jaga keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaanmu!

Baca juga: Work Fatigue, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)