3 Taman Nasional Indonesia yang Jadi Warisan Dunia, Kapan Kamu Kesana?

3 Taman Nasional Indonesia yang Jadi Warisan Dunia, Kapan Kamu Kesana?

Taman Nasional di Indonesia | Sumber: wikipedia

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Good day, SohIB! Bagaimana kabarmu? Ada kabar seru, nih untuk kamu yang suka bertualang di alam! Apakah kalian tahu, bahwa saat ini Indonesia memiliki 50 taman nasional yang tersebar di berbagai daerah dari Sabang hingga Marauke, lo! Di antara banyaknya taman nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terdapat 6 taman nasional kita yang terdaftar sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO!  

Siap-siap terpesona, ya! Bayangin deh, kamu bisa menikmati keindahan alam Indonesia yang luar biasa dan menjelajahi tempat-tempat yang belum tentu bisa kamu temui di tempat lain. Pantai eksotis, hutan hujan tropis yang hijau nan segar, pegunungan yang megah, dan fauna langka yang tak biasa akan jadi temanmu dalam petualangan ini.

Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk bertualang dan menikmati keindahan alam Indonesia yang bikin hati kita berbunga-bunga. Siapkan ransel dan kamera. Saatnya kita mulai petualangan seru ke 3 dari 6 taman nasional Indonesia yang menjadi Warisan Dunia!

Berkenalan dengan Taman Nasional Indonesia

Tahu nggak SohIB, pembuatan taman nasional ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan alam? Bagi kamu yang belum tahu, kamu bisa coba membuka kembali UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Secara singkat, taman nasional merupakan wilayah pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli serta dikelola secara sistem zonasi.

Selain untuk pariwisata, taman nasional juga dimanfaatkan untuk tujuan penelitian dan ilmu pengetahuan, lo! Keren banget, ya! Yuk kita berkenalan dengan 3 taman nasional di Indonesia ini!

1. Taman Nasional Lorentz, Papua

Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional Lorentz | Sumber: www.pegipegi.com

SohIB jangan kaget, kalau taman nasional Lorentz adalah taman nasional terbesar di Asia Tenggara! Dengan luas area 2.505.600 hektar, tidak aneh jika UNESCO menetapkan taman nasional ini pantas disebut sebagai Situs Warisan Dunia di tahun 1999. Kamu pasti kaget jika tahu bahwa Indonesia juga punya salju abadi, lo! Cukup dengan mendaki setinggi 4.884 mdpl, kamu akan sampai di puncak tertinggi, yaitu Cartenz dan bisa melihat secara langsung hamparan salju yang tidak pernah usai! Duh keren sekali, ya!  

Selain itu kekayaan hayati di taman nasional inis sungguh mengagumkan, lo! Lebih dari 70% populasi burung yang ada di Papua berada di sini. Selain itu taman ini juga merupakan rumah untuk 123 jenis mamalia. Di sini juga terdapat Daerah Burung Endemik dengan 45 spesies burung yang hanya dapat ditemui di daerah ini dan sembilan spesies burung endemik. Kalau SohIB ke sana, kamu bisa melihat secara langsung burung Kasuari, Cendrawasih ekor panjang, dan Babi duri moncong panjang. Wah, benar-benar istimewa, ya!

Lihat 5 Keindahan Wisata Labuan Bajo yang Jadi Tuan Rumah KTT Asean!

2. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo | Sumber: www.indonesia.travel

Menurut informasi dari Indonesia.baik, Taman Nasional Komodo adalah taman nasional yang paling spesial di Indonesia. Jika kamu berkunjung ke NTT, maka SohIB bisa melihat secara langsung salah satu hewan purba langka bernama Komodo yang hampir punah, lo! Uniknya, kamu hanya bisa menemukan hewan ini di Taman Nasional Komodo saja.

Dengan panjang badan sekitar 2-3 meter serta memiliki berat badan hingga 165kg, kamu berani berdekatan tidak, SohIB? Karena unik dan langka, tidak heran jika taman ini diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia di tahun 1986.

Selain Komodo, di taman ini juga kamu bisa menikmati pulau-pulau yang cantik, biota bawah laut keren, dan destinasi wisata menarik seperti Loh Buaya, Pantai Pink, Gili Laba, Pulau Kelor, dan Kampung Wisata Komodo. Seru banget, deh buat dikunjungin! Jadi, jangan lupa cek Taman Nasional Komodo kalau kamu lagi di Nusa Tenggara Timur, ya!

3. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Taman Nasional Ujung Kulon
Badak di Taman Nasional Ujung Kulon | Sumber: www.indonesia.travel

SohIB, kamu tahu nggak, di Banten ada tempat yang super keren bernama Taman Nasional Ujung Kulon? Wilayah Ujung Kulon sendiri memiliki sejarah yang panjang, lo. Meskipun di tahun 1883 Ujung Kulon pernah terkena letusan Krakatau, tapi ekosistem di sini tumbuh dengan sangat pesat. Dengan luas sekitar 122.95 hektare, tidak heran jika tahun 1992 Ujung Kulon berhasil diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia karena kekayaan alamnya. Keren banget!

Saat kamu berkunjung ke sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis satwa langka seperti Badak Jawa, Owa Jawa, Surili, dan Anjing Hutan. Jika kamu melipir sedikit, taman ini juga punya obyek wisata yang tidak kalah menarik, lo, antara lain Pulau Peucang, Padang Penggembalaan Cidaon, Gua Sanghyangsirah, dan Pantai Selatan yang indah. Pasti seru deh!

Taman Nasional Ujung Kulon tuh memang tempat yang spesial banget, SohIB. Kalau kamu suka petualangan alam dan ingin melihat keindahan flora dan fauna yang langka, nggak ada salahnya buat mengunjungi taman ini. Jangan sampai ketinggalan kesempatan untuk mengeksplorasi keajaiban alam di Taman Nasional Ujung Kulon, ini ya!

Desa Wisata Bowele, Hidden Gem yang Asik untuk Surfing!

Nah, itu dia 3 taman nasional yang diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Setiap taman nasional memiliki keunikan dan kekayaan alamnya masing-masing. Kita sebagai warga negara harus bisa ikut serta dalam melestarikan serta menjaga kekayaan alam yang bangsa kita miliki, ya! Jadi, kapan kamu berencana untuk mengunjungi salah satu dari taman-taman indah ini? Ayo, jelajahi keajaiban alam Indonesia dan nikmati petualangan seru di taman nasional yang menjadi Warisan Dunia!