Steve Jobs Mendapat Penghargaan Tertinggi AS, Ini 5 Fakta Uniknya!

Steve Jobs Mendapat Penghargaan Tertinggi AS, Ini 5 Fakta Uniknya!

Steve Jobs berkontribusi untuk dunia teknologi | Sumber: Unsplash (AB)

Pada tanggal 7 Juli mendatang, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden akan memberikan penghargaan tertinggi bagi warga sipil AS, “Presidential Medal of Freedom” yang memberikan kontribusi besar bagi perkembangan negara dan masyarakat luas. Dari sederet nama yang akan dianugerahi apresiasi bergengsi tersebut, Steve Jobs adalah salah satunya.

SohIB tentunya sudah tak asing lagi dengan Steve Jobs bukan? Yup, pria berkacamata ini merupakan pendiri perusahaan teknologi terkenal, Apple Inc., yang hingga kini terus berinovasi melahirkan berbagai produk seperti Iphone, Ipad, hingga Macbook yang sudah mendunia. Yang lebih hebat lagi, nama Steve tetap harum bahkan setelah kematiannya, Oktober 2011 lalu akibat komplikasi kanker pankreas.

Kecerdasannya dan komitmennya untuk menghadirkan teknologi-teknologi yang mudah akses, revolusi musik dan komputer, mengubah cara komunikasi manusia, dan ledakan idenya terhadap produk Apple mampu membuat dirinya menjadi salah satu orang yang berjasa besar di industri teknologi.

Nah, kali ini, kita akan membahas 5 fakta unik seputar Steve Jobs. Ada juga yang belum banyak khalayak tahu, lo! Apa saja, ya?

Baca juga: 6 Fakta Unik Lukisan Populer Dunia, Mona Lisa!

Steve Digaji Hanya $1 Di Apple Inc.

https://unsplash.com/photos/8fDhgAN5zG0 Photo by Kenny Eliason on Unsplash
Bandingin sama gaji kamu, gedean mana? | Sumber: Unsplash :Kenny Eliason

Yes, kamu enggak salah baca! Meskipun menurut Forbes ia adalah salah satu orang terkaya di Amerika Serikat, pria yang senang menggunakan turtleneck hitam ini hanya digaji sebesar $1 per tahun sebagai CEO Apple!

Melansir data dari Wikipedia, Steve memang dibayar rendah selama dirinya menjabat posisi sebagai CEO Apple. Namun, lelaki berkaca mata ini memiliki sekitar 138 juta saham di Disney dan 5,426 juta saham di Apple.

Pengen Menjadi Biksu

https://unsplash.com/photos/u2LV_WJdBfQ Photo by Nicolas Häns on Unsplash
Steve memang seorang vegetarian dan menganut agama buddha | Sumber: Unsplash (Nicolas Häns)

Steve Jobs muda menjalin persahabatan dengan seorang biksu dari Jepang bernama Zen Otogawa. Karena kedekatan inilah, Jobs mengadaptasi gaya hidup lelaki itu sebagai seorang vegetarian dan rajin berpuasa.

Kala itu, ia mengutarakan keinginannya kepada Otogawa untuk menjadi biksu, tetapi ditolak berkali-kali. Alasan Zen tidak mengijinkan sahabatnya mengikuti jejaknya adalah karena ia percaya Steve mempunyai kecerdasan yang bisa memberikan manfaat luas untuk dunia.

Mereka masih tetap akrab, bahkan Jobs menjadikan Otogawa sebagai pemimpin pernikahannya dengan sang istri, Laurene Powell, dan penasihat keagamaan di kantor Apple.

Baca juga: Rahasia Sukses Bill Gates, Bisa Kamu Tiru

Steve Berdarah Muslim

https://unsplash.com/photos/6ZB7ZGsiigc Photo by Modelyano ART on Unsplash
Steve adalah anak angkat dari pasangan Jobs | Sumber: Unsplash (Modelyano ART)

Publik memang mengenalnya sebagai seorang lelaki dengan nama keluarga Jobs. Nyatanya, bos Apple tersebut lahir pasangan Abdulfattah Jandali yang berdarah muslim Suriah dan Joanne Caroel Schieble, seorang warga Amerika Serikat. Ayahnya adalah mahasiswa tamu dari Syria yang setelah itu menjadi profesor bidang Ilmu Politik.

Kedua orang tua Steve belum siap memiliki anak, sehingga Paul dan Clara Jobs mengadopsinya sebagai putra mereka. Steve kecil dibesarkan di California bersama orang tua angkatnya. Jandali dan Joanne sendiri beberapa waktu kemudian menikah dan memiliki putri bernama Mona Simpson yang sekarang sudah berprofesi sebagai seorang penulis novel. Wah, keren banget, ya?

Kecerdikan Steve Saat Akan Bertemu Investor

https://unsplash.com/photos/SdeQU6rp2X4 Photo by Christine Sandu on Unsplash
Ada yang berpikiran sama dengan Jobs? | Sumber: Unsplash (Christine Sandu)

Nggak banyak yang tahu bahwa CEO Pixar dan anggota dewan perusahaan Walt Disney ini pernah meluncurkan perusahaan komputer lain yang diberi nama NEXT di tahun 1990. Salah satu kejadian uniknya adalah ketika Jobs mempunyai janji temu dengan investor di kantornya.

Ketika melihat klien-nya datang, ia segera berlari ke halaman dan meminta salah satu rekannya untuk menyembunyikan mobil mewah miliknya. Pria dengan tiga anak ini khawatir sang penanam modal akan menganggapnya kaya karena melihat kendaraan mahal tersebut. Aduh, ada-ada saja, ya!

Steve Jobs Nggak Suka Mandi

https://unsplash.com/photos/JblwtK032ag Photo by Konsepta Studio on Unsplash
Siapa yang nggak suka mandi? | Sumber: Unsplash (Konsepta Studio)

Jobs bekerja di sebuah perusahaan penghasil game interaktif tak lama setelah ia didepak dari kampusnya. Yang menarik, ia sengaja memilih shift di malam hari supaya tidak perlu mandi dan bisa nyeker selama jam kerja!

Menurut sosok yang mementori pendiri Google dan Facebook ini, gaya hidupnya yang seorang vegetarian menjadikan tubuhnya mengeluarkan sedikit bau badan meski tidak mandi atau memakai wewangian. Gimana menurut kamu, ada yang mau ikut jejaknya?

Nah, demikian 5 fakta unik tentang sosok inspiratif di balik ponsel genggam Apple yang kamu punyai! Cukup menarik, bukan? Apapun kebiasaan uniknya, yang patut kita teladani tentunya adalah kegigihan Jobs dan perjuangannya dalam meraih impiannya. Nggak hanya itu aja, apa yang dia kerjakan juga berdampak baik bagi banyak orang.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Crab Mentality, ya?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)