SoHIB Berkelas: Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial dan Algoritmanya

SoHIB Berkelas: Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial dan Algoritmanya

Workshop ini membahas banyak hal, mulai dari branding medsos, cara optimalisasi, dan algoritmanya | Sumber: sohib.id

Bila kita lihat sekarang ini, era digital berkembang pesat memasuki berbagai aspek kehidupan. Menurut data yang dihimpun oleh wearsocial.com pada Februari 2022, Indonesia dengan total populasi sebanyak 277,7 juta penduduk menggunakan media sosial dan internet masing-masing dengan statistik berikut:

  • 370,1 juta orang atau 133.3% menggunakan gadget berkoneksi internet.
  • 204,7 juta orang atau 73,7% menggunakan internet.
  • 191,4 juta orang atau 68,9% aktif bermedia sosial.

Masih dengan source yang sama, di bawah ini adalah banyaknya waktu yang dihabiskan oleh masyarakat Indonesia di platform media:

  • Sebanyak 8 jam 36 menit dihabiskan dalam penggunaan internet.
  • Sebanyak 2 jam 50 menit waktu untuk menonton saluran televisi secara broadcast dan streaming.
  • 3 jam 17 menit untuk waktu yang digunakan untuk bermedia sosial.
  • 1 jam 47 menit waktu digunakan untuk membaca berita, baik daring maupun koran.
  • 1 jam 40 menit dihabiskan dengan mendengarkan musik secara streaming.
  • 37 menit untuk mendengarkan saluran radio.
  • 55 menit untuk mendengarkan podcast.
  • 1 jam 19 menit untuk bermain game.

Sedangkan dalam memanfaatkan media sosial, dari banyaknya platform yang tersedia, di negara kita, Whatsapp menduduki peringkat pertama user terbanyak, diikuti oleh Instagram, Facebook, TikTok, Telegram, dan Twitter.

Dengan banyaknya ragam wadah online tersebut, tentunya kegunaan dan karakter penggunanya memiliki perbedaan masing-masing. Sebab itulah, dalam pemasaran, user harus dapat menyesuaikan dan memanfaatkannya sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Sebagai contoh, dalam Instagram, aplikasi yang memiliki kurang lebih 53 juta pengguna di Indonesia ini mempunyai pasar spesifik dengan rentang usia 18-29 tahun. Karena lebih berfokus pada foto beresolusi tinggi dan video singkat, banyaknya tulisan yang bisa disisipkan setiap postingan adalah maksimal 2200 karakter.

Lain halnya dengan Twitter. Memiliki user hingga 50 juta, platform tersebut menggunakan kekuatan konten berita, blog posts, dan GIF sebagai alat marketing-nya. Twitter mempunyai panjang tulisan hingga 280 karakter, dengan ukuran maksimal video yang diunggah sebesar 512MB. Tujuan utamanya adalah dapat membangun percakapan dan hubungan dengan publik.

Atas dasar inilah, sesi SohIB Berkelas kali ini akan menghadirkan workshop “Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial dan Algoritmanya,” bersama Ali Ridho (Digital/ Social Media Analyst Indonesia Baik). Acara tersebut sudah diselenggarakan pada Kamis, 17 Maret 2022. Di sini, kita akan membahas berbagai hal seputar optimalisasi media sosial, pemanfaatan medsos, pengenalan target audience dan algoritmanya, hingga branding dengan media sosial.

Baca juga: SohIB Bercerita: Inspirasi Perempuan Berani Bawa Perubahan

Tahapan Optimalisasi Media Sosial

Mengoptimalisasi media sosial memiliki beberapa tahapan penting | Sumber: sohib.id

Optimalkan profile media sosial

Menurut Ali Ridho, dalam memaksimalkan akun kita, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih username yang mudah diingat dan relevan dengan produk yang ditawarkan. Kemudian, gunakan profile picture yang sesuai, deskripsikan tema, dan lengkapi bio dengan informasi pendukung.

Jadwalkan post yang tepat

Tidak ada waktu yang bisa dikatakan sebagai masa terbaik dalam memposting produk kita, sehingga fokuskan diri pada hari dan jam tayang ketika followers paling banyak aktif di media sosial. Jika kita menggunakan akun bisnis Instagram, biasanya akan ada rekomendasi waktu yang disesuaikan dari hasil Insight atau Analytic. Jangan lupa, perhatikan polanya setiap minggu.

Informasi up-to-date

Setiap hari akan ada peristiwa dan momen menarik untuk dibahas oleh pengguna sosial media. Oleh karena itu, rajinlah mencari informasi paling terkini dari berbagai sumber dan pastikan berita tersebut sudah valid. Ali Ridho merekomendasikan Twitter dan Line Today sebagai platform pencarian berita.

Orisinil dan tampilan menarik

Guna menghasilkan visual yang bagus dan menjual, manfaatkan software pengolah grafis atau video yang saat ini sudah banyak tersedia ragamnya. Apabila menggunakan laptop dan PC, Adobe Illustration, Adobe Photoshop, dan Adobe After Effects bisa menjadi pilihan.

Untuk aplikasi pengolah video pada smartphone, opsi yang bisa dipertimbangkan adalah Canva, PicsArt, dan masih banyak lainnya. Manfaatkan juga fitur media sosial seperti Instastory, Thread, maupun Ads.

Caption yang menarik dan targetting

Caption memiliki panjang tulisan yang tidak terlalu rumit, yakni sekitar 2 paragraf pendek. Masukkan kalimat-kalimat yang memancing interaksi dan gunakan tagar yang sedang trending dan konsisten sebagai ciri khas akun. Hal yang juga perlu diingat, berikan sebutan khusus untuk menyapa followers.

Aktif berinteraksi dengan followers

Agar menciptakan pengikut yang aktif, bagi Ali Ridho penting juga untuk kita sebagai pemilik akun ikut aktif dalam menghadirkan interaksi di media kita. Contohnya, memberikan komentar yang lucu, tetapi masih memperhatikan norma, pemilihan gaya bahasa yang luwes, dan membalas DM merupakan bagian dari kita menghargai kehadiran followers.

Challenge/ kuis

Sesekali, hadirkan kuis-kuis yang menarik dan interaktif agar peluang akun kita dikenal semakin luas. Pemberian hadiah untuk pemenang juga dapat dipertimbangkan agar peserta menjadi semakin bersemangat mengikuti aktivitas kita dalam membangun hubungan dengan pengikut kita.

Manfaatkan fitur yang tersedia di medsos, seperti Feed, Instastory, Thread, dan lain sebagainya.

Baca juga: SohIB Bercerita: Makin Digital, Makin Produktif

Analisis Media Sosial

Menganalisis media sosial dapat menggunakan berbagai tools | Sumber: sohib.id

Berbagai tools yang berfungsi sebagai penganalisis media sosial saat ini sudah banyak available. Dengan pemanfaatan tools ini, kita bisa mengevaluasi akun yang kita gunakan dan hasil analisisnya bisa menjadi strategi dalam optimalisasi media sosial ke depannya.

Masih banyak hal lagi yang dapat kita pelajari bersama Ali Ridho dalam workshop ini, seperti rumus algoritma Instagram, langkah memulai branding di media sosial, hingga cara jitu optimalisasi akun media sosial.

Pada acara tersebut, peserta juga mendapatkan pelatihan langsung dengan membuat konsep branding untuk akun media sosial sesuai yang sedang kita kembangkan atau berasal dari ide lainnya. 

Baca juga: Melakukan Riset dan Membuat Konten Berdasarkan Tren

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang berbagai kelas pelatihan dan webinar yang diadakan indonesiabaik.id dan SohIB, dapat melalui Instagram @id_sohib dan join telegram t.me/gabungSohIB atau official WhatsApp SohIB (081339491767).