SohIB Berkelas: Belajar Membuat Iklan di Facebook dan Instagram

SohIB Berkelas: Belajar Membuat Iklan di Facebook dan Instagram

SohIB Berkelas: Belajar Membuat Iklan di Facebook dan Instagram

Coba SohIB perhatikan, saat ini beriklan secara digital berkembang begitu pesat. Ketika kita sedang scrolling di kanal medsos, beragam promosi produk bertebaran di sana. Apakah kamu salah satu pengguna ads untuk berjualan atau senang membeli barang rekomendasi dari platform online? Di antara sekian media digital untuk beriklan, mengapa ya, Facebook dan Instagram cukup digandrungi oleh orang-orang? 

Nah, SohIB Berkelas kali ini menghadirkan seorang Ads Division Manager dari The Rebel Marketing, kak Dwinandha Legawa. Beliau telah berkecimpung di dunia digital marketing sejak beberapa tahun lalu, lo! Pada event SohIB Berkelas: Belajar Membuat Iklan di Facebook dan Instagram ini, kita akan belajar bersama-sama mengenai kelebihan Facebook dan Instagram Ads dibandingkan dengan kanal iklan yang lain, cara beriklan di produk besutan perusahaan Meta tersebut, hingga metrik menganalisis ads

Acara ini dipandu oleh Host Risma Devi dan telah diselenggarakan pada Senin, 30 Mei 2022 lalu melalui zoom meeting. Yuk, intip keseruan diskusinya dengan rangkuman berikut ini!

Facebook Ads dan Instagram Ads Jadi Primadona Iklan Digital

Kak Dwinandha membuka pembahasannya dengan pertanyaan sederhana, “Kenapa sih, kok orang senang banget pakai Facebook dan Instagram Ads sebagai kanal iklannya?”

Padahal, saat ini persaingan wadah beriklan online termasuk ketat. SohIB bisa menjumpai media lain yang tak kalah bagusnya seperti YouTube, Google, hingga yang ‘lebih konvensional’ seperti TV, radio, koran, dan videotron.

Pria asal Jakarta Timur tersebut memaparkan 5 alasan utamanya:

  1. Bisa menampilkan bisnis kepada orang yang memiliki kecenderungan untuk berinteraksi.
  2. Mendukung opsi retargeting, untuk menjangkau orang yang sudah pernah berinteraksi. Harapannya, mereka tidak lupa dengan produk yang kita tawarkan. Sehingga, ada kemungkinan untuk mengubah audiens biasa menjadi customer saat sudah melakukan closing atau pembelian.
  3. Dapat memperluas jangkauan ke orang baru, bahkan ke luar negeri sekalipun.
  4. Budget murah, Rp 20.000 per hari sudah mulai bisa beriklan di kedua tempat ini sekaligus. Adapun perubahan-perubahan yang terjadi disesuaikan dengan algoritma media sosial. Namun yang pasti, kita bisa men-setting sendiri waktu untuk tayang dan dapat segera terbit, selama pihak perusahaan platform sudah menyetujuinya.
  5. Mudah dan cepat. Tidak membutuhkan negosiasi dan formalitas yang terlalu ribet. Kak Dwinandha memberikan pengalamannya saat beriklan di media konvensional, di mana ia harus melewati birogokrasi yang cukup panjang dan memakan waktu. Terlebih lagi, di masa lalu memasukkan iklan menjadi hal yang eksklusif bagi orang-orang.

“Inilah mengapa orang berbondong-bondong memasukkan iklan di sini (Facebook dan Instagram). Kontennya beragam, bisa kita track progress-nya, boleh memiliki akun lebih dari satu untuk kepentingan lain, dan masih banyak lagi,” katanya.

Bagaimana Cara Iklan Ditayangkan di Facebook Ads dan Instagram Ads?

 Kak Dwinandha memberikan sebuah ilustrasi yang mudah tentang alur iklan kita bisa ‘naik’ ke media sosial Meta ini. Ketika SohIB memiliki bisnis baru, tentunya kamu tidak bisa hanya melakukan penawaran pasif tanpa effort yang lebih dalam menjangkau konsumen. Dari sekian strategi yang bisa kita terapkan, memasang iklan di Facebook dan Instagram bisa menjadi solusinya.

Misalnya, SohIB mempunyai bisnis jualan handphone dan ingin segera mendapatkan pelanggan, ads di sini mampu membantu kita untuk mengatur secara teknis, dari siapa target kita, apa yang ingin dicapai, dan kapan promosi itu akan ditayangkan.

Adapun bila SohIB belum men-setting pasarnya, kedua medsos ini biasanya akan secara otomatis “melakukan pekerjaannya” sehingga pemilik akun bisa langsung mulai berinteraksi dengan customer-nya.

Lantas, apa yang harus kita persiapkan dalam memulai kampanye Facebook dan Instagram Ads? Ini adalah checklist yang bisa kamu ikuti dari kak Dwinandha!

  1. Memiliki akun profesional Instagram
  2. Fanspage Facebook
  3. Facebook Business Manager
  4. Akun Facebook pribadi
  5. Mempunyai kartu MasterCard/ VISA (tidak bisa GPN)
  6. Ad Account

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang berbagai kelas pelatihan dan webinar yang diadakan indonesiabaik.id dan SohIB, dapat melalui Instagram @id_sohib dan join Telegram t.me/gabungSohIB atau official WhatsApp SohIB (081339491767).