Smartphone, Teknologi Multimedia, Pendukung Peningkatan Penghijauan Global

Smartphone, Teknologi Multimedia, Pendukung Peningkatan Penghijauan Global

Penggunaan Smartphone

#SobatHebatIndonesiaBaik

# JadiKontributorJadiInspirator

# BerbagiMenginspirasi

# SohIBBerkompetisiArtikel

 

Dunia telah memberikan peradaban terbaik bagi kita, hal tersebut dibuktikan dengan pancaragam teknologi yang diciptakan. Smartphone, menjadi salah satu teknologi yang paling berkembang dan dibutuhkan.

Menurut Wikipedia, Smartphone atau Ponsel Cerdas adalah kelas ponsel dari ponsel dan perangkat komputasi bergerak multiguna, yang memfasilitasi perangkat lunak lebih luas, internet (termasuk penelusuran web melalui broadband seluler), dan fungsi multimedia (termasuk musik, video, kamera, dan permainan), bersama fungsi-fungsi inti ponsel seperti panggilan suara dan pesan teks.

Smartphone termasuk elektronik ringan dan dapat dibawa kemana-mana. Yaps, benar sekali, karena saking praktisnya, sekarang semua orang sudah tidak bisa lagi dilepaskan oleh teknologi modern ini. Lebih-lebih, Smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan. Wah, selain sandang, pangan, dan papan, ternyata teknologi ini juga menjadi satu hal yang sangat diperlukan oleh orang-orang dimasa sekarang.

Salah satu penggunaan Smartphone dalam keseharian | urbanasia (www.urbanasia.com)

Telah kita ketahui, dari dunia pendidikan saja sudah tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan Smartphone. Tanpa Smartphone, para pelajar mungkin kesulitan untuk mencari referensi ataupun materi yang belum dipahami. Di dunia kerja pun demikian, tidak bisa dilepaskan dengan satu alat elektronik ini. Namun, tahukah kamu, jika Smartphone juga dapat menjadi salah satu pengaruh dalam meningkatkan penghijauan global?

Jika kita lihat dari fisiknya, Smartphone bukanlah benih ataupun tunas yang bisa ditanam. Media modern ini tidak bisa tumbuh seperti karakteristik yang dimiliki oleh sebagian besar tumbuhan. Lalu, bagaimanakah kinerja Smartphone dalam meningkatkan penghijauan global? Yaps, teknologi ini digunakan untuk membantu kita, yakni sebagai alat pendukung dalam upaya menyebarkan hal baik yang berguna dalam kelestarian lingkungan.

Tentu ada banyak sekali cara pemanfaatan dalam kiat melestarikan lingkungan hanya dengan sentuhan jari. Jadi apa saja sih itu? Yuks, kita simak beberapa penjelasan mengenai cara meningkatkan penghijauan global melalui kinerja Smartphone.

a. Foto

Kamu suka dengan pemotretan atau hal serupa dengan photography? Kamu bisa menjadikan aktivitas kegemaranmu ini menjadi sumber awal mendorong mereka untuk pahami lingkungan. Caranya, dengan menyebarkan hasil foto-foto dalam media sosial yang tersedia di Smartphone kamu.

Misalnya saja, bentuk foto yang menggambarkan orang-orang memilah sampah organik dan non organik, penanaman di sekitar area fasilitas umum, atau pun kegiatan lainnya yang menyangkut dengan penghijauan global. Lalu, berilah penjelasan yang komunikatif, informatif, dan menarik mengenai foto yang telah didapatkan. Dan selanjutnya, publish.

b. Webinar

Webinar meeting melalui aplikasi di Smartphone | glints (glints.com)

Kita ketahui, webinar adalah penyuluhan lewat kata per kata yang dilakukan secara online. Webinar adalah singkatan dari dua kata yaitu Web dan Seminar. Ya, benar banget, dengan memanfaatkan Smartphone, kamu bisa menuntun mereka melalui speaking kamu. Seumpama, webinar tersebut kamu isi dengan topik “Kembali Menanam, Mengurangi Pemanasan Global”.

Kemudian, sampaikan isi topik kepada audience yang menghadiri webinar tersebut. Contohnya, kamu jelaskan cara menanam yang bagaimana agar tanaman cepat tumbuh, cara merawat tanaman mudah tanpa menggunakan pestisida yang berlebihan, pelaksanaan reboisasi, jenis-jenis pohon yang efektif menambah O2, ataupun mengenai penjelasan lainnya.

c. Blog

Menyebarkan informasi melalui tulisan juga tidak ada salahnya. Blog, yang berasal dari kata web dan log adalah situs web yang memuat beragam tulisan. Hanya dari hasil ketikan di Smartphone, kamu juga dapat membantu peningkatan penghijauan. Wihiyy, apalagi kamu yang suka sekali menyalurkan ide dalam bentuk tulisan, pas banget deh!.

Seumpama, tulisan tersebut mengambil tema “Mengatasi Iklim yang Tidak Stabil”. Berikan latar belakang, mengapa iklim tidak lagi stabil. Selanjutnya, sampaikan cara-cara mengatasi yang tepat kepada para pembaca. Lalu, tulis penutup mengenai tulisan yang telah dibuat. Jangan lupa, tetap kaitkan tulisan kamu dengan penghijauan global, Yaps.

 

Tentunya masih banyak lagi solusi pemanfaatan Smartphone untuk menghijaukan bumi hanya dalam genggam tangan kita. Wow, ternyata kegunaan teknologi yang satu ini baik juga untuk kepedulian lingkungan. Adanya kemajuan teknologi, sharing yang kita lakukan lebih cepat menyebar karena jangkauannya universal atau mendunia. Dengan demikian, diupayakan untuk tetap hati-hati dalam menggunakan dan menyebarkannya.

Jaga bumi sejak dini | eigeradventure (blog.eigeradventure.com)

Nah, digital people, sampai kapan harus menunggu?, dari sekarang, Yuks mulai ajak mereka untuk Planning kehidupan dengan Planting hal baik pada lingkungan. Demikian terjadi hubungan timbal balik yang sepadan. Ketika kita paham dengan bagaimana keadaan lingkungan, maka lingkungan akan memberikan rasa nyaman dalam kehidupan.

Kita manfaatkan teknologi hasil peradaban ini dengan sebaik-baiknya. So, dimanapun dan kapanpun kita berada, tidak ada salahnya bukan jika mengajak mereka untuk peduli terhadap bumi sendiri?