6 Skill yang Wajib Mahasiswa Baru Kuasai, Siap Bersaing!

6 Skill yang Wajib Mahasiswa Baru Kuasai, Siap Bersaing!

Orientasi mahasiswa baru | Sumber: mediasiana.com

Tanpa disadari, untuk SohIB yang saat ini duduk di jenjang kelas 12, kini sudah saatnya kamu lulus dan menjadi mahasiswa di kampus impian.  Ada beberapa skill atau keahlian yang perlu dikuasai untuk bisa menjelajah lebih lanjut dalam dunia perkuliahan.

Apa saja itu? Simak beberapa skill yang wajib kamu pelajari untuk masa depan!

1. Public speaking

Dalam dunia akademik dan profesional, berbicara di depan umum adalah keterampilan yang sangat penting. Mahasiswa sering diminta untuk melakukan presentasi di depan kelas atau di forum akademik.

Dengan menguasai kemampuan public speaking, siswa dapat menyampaikan ide dan informasi mereka dengan jelas dan efektif, yang membantu mereka mencapai presentasi yang lebih baik.

Berbicara di depan publik seringkali melibatkan berbicara di depan banyak orang, seperti teman sekolah, guru, dan orang-orang yang bekerja dalam industri yang relevan. Mahasiswa dapat memperluas jaringan mereka dengan berbicara di depan umum.

Hal ini dapat membantu mereka dalam hal kolaborasi akademik, mencari mentor, atau membangun hubungan yang akan membantu mereka dalam karir di masa depan.

Berbicara di depan umum dapat menjadi tantangan bagi banyak orang. Namun, dengan latihan dan pengalaman yang tepat, siswa dapat mengatasi rasa gugup dan menjadi lebih percaya diri. Mereka juga akan mengembangkan kualitas kepemimpinan dan meningkatkan rasa percaya diri secara keseluruhan.

2. Mengoperasikan Komputer

Komputer skill  adalah salah satu keahlian yang wajib dikuasai untuk para calon mahasiswa. Nah, skill ini tuh, cocok banget untuk mengasah kemampuan seseorang dalam mengoperasikan apapun yang berkaitan dengan komputer.

Selain Microsoft Office banyak hal-hal seputar komputer yang bisa kamu eksplorasi sendiri siapa tahu kamu membutuhkannya nanti. Ketika kamu memiliki bekal yang cukup dalam bidang teknologi, maka untuk melangkah ke depan di zaman modern seperti sekarang ini pun menjadi lebih muda.

Komputer dan internet sekarang menjadi sumber daya penting untuk belajar dan mendapatkan informasi. Mahasiswa yang mahir menggunakan komputer dapat dengan mudah mengakses berbagai materi pembelajaran, jurnal ilmiah, e-book, dan sumber daya online lainnya. Mereka memiliki kemampuan untuk mencari informasi yang relevan, meningkatkan pemahaman mereka tentang topik tertentu, dan meningkatkan kualitas pekerjaan akademik mereka.

3. Manajemen Waktu

Penting banget untuk SohIB mempelajari teknik manajemen waktu dan menetapkan prioritas agar prestasi akademik kamu bisa seimbang dengan kegiatan-kegiatan nonformal yang berguna untuk mengasah soft skill, serta menikmati waktu istirahat yang cukup.

Mahasiswa dapat mengatur jadwal kuliah mereka dengan baik dengan mengatur waktu dengan baik. Mereka dapat mengalokasikan waktu yang cukup untuk membaca, menyelesaikan tugas, mempersiapkan presentasi, dan mempelajari materi kuliah.

Dengan mengatur waktu dengan baik, siswa dapat mengoptimalkan waktu belajar mereka, meningkatkan pemahaman mereka, dan mencapai hasil yang lebih baik dalam pendidikan mereka.

4. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris ini sudah menjadi bahasa internasional dan di dalam kegiatan belajar mengajar pun kebanyakan dosen akan menggunakan buku dalam bahasa Inggris. Tidak hanya itu saja, tugas-tugas kuliah seperti makalah pun kebanyakan butuh banyak referensi yang terkadang bisa berasal dari ahli-ahli luar negeri yang umumnya teori mereka itu dalam bahasa Inggris dan belum lagi kalau ketemu skripsi.

5. Membaca atau Literasi

Minat baca masyarakat Indonesia pun sangat rendah jika dibandingkan dengan negara maju yang masyarakatnya biasa membaca 20-30 buku dalam setahun. Padahal, untuk menjadi negara yg maju, kunci utamanya adalah kualitas sumber daya manusia yg gemar membaca.

Kemampuan membaca itu juga termasuk sebagai skill paling esensial agar kamu bisa bertahan hidup di dunia kuliah, lo. Hampir semua tugas-tugas kuliah, dan kegiatan perkuliahan kamu akan melibatkan buku bacaan yang lebih tebal dari ensiklopedi jadul.

6. Mencatat Efektif

Ada baiknya jika kamu mencari cara atau metode mencatat efektif agar kamu nggak banyak ketinggalan materi perkuliahan. Kamu harus mampu mencatat poin-poin penting tanpa harus banyak membuang waktu baik dalam kelas maupun dalam luar kelas. Buat yang masih belum kepikiran, teknik mencatat Cornell mungkin bisa jadi salah satu inspirasi kamu dalam membiasakan diri untuk membuat catatan dengan lebih efektif.

Buat yang masih belum kepikiran, teknik mencatat Cornell mungkin bisa jadi salah satu inspirasi kamu dalam membiasakan diri untuk membuat catatan dengan lebih efektif.

Jadi, teman-teman merasa sudah menguasai skill apa aja, nih?