Intip 5 Skill Penulis Profesional yang Wajib Kamu Tahu!

Intip 5 Skill Penulis Profesional yang Wajib Kamu Tahu!

Skill Wajib Bagi Seorang Penulis | Unplash (unplash.com)

#SobatHebatIndonesiaBaik #jadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Menulis merupakan salah satu hobi yang banyak digemari. Bahkan, saat ini banyak platform yang memfasilitasi para penulis untuk bisa menyalurkan hobinya. Di sisi lain, menulis tidak hanya sekedar hobi saja, tetapi bisa menjadi ladang untuk menghasilkan cuan.

Tidak heran jika saat ini profesi penulis mulai banyak dilirik oleh banyak orang. Namun, tahukah kamu bahwa untuk menjadi seorang penulis itu juga membutuhkan bekal ilmu yang cukup? Dengan demikian, tulisan yang kamu buat berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain.

Bagi kamu yang ingin terjun dan menggeluti dunia kepenulisan, maka wajib menyimak ulasan berikut ini. Jika ingin menjadi seorang penulis profesional, minimal harus menguasai kelima skill di bawah ini!

1. Komunikasi

Menulis merupakan aktivitas yang dilakukan untuk merangkai kata menggunakan bahasa yang sederhana. Hal ini bertujuan agar karya kita mudah dipahami oleh orang lain. Dalam ini, kamu wajib mempunyai skill komunikasi yang baik. Tujuannya agar orang lain mampu menangkap pesan yang ingin disampaikan.

Oleh karena itu, kamu harus meningkatkan skill komunikasi agar orang lain tertarik untuk membaca tulisan hingga akhir. Semakin sering berlatih menulis, maka keahlian tersebut akan meningkat dengan sendirinya.

2. Self-Editing

Skill lain yang perlu dimiliki penulis adalah self-editing. Guna mendukung aktivitas tersebut, maka kamu perlu mempelajari bagaimana cara menggunakan tata bahasa yang benar. Termasuk salah satunya harus benar dalam menempatkan tanda baca.

Selain itu, perhatikan juga pemilihan diksinya. Setelah selesai menulis, kamu harus membaca ulang hasil tulisan agar tidak ditemukan typo sekaligus untuk mengasah kemampuan. Pembaca akan merasa tidak nyaman jika menemukan banyak typo dalam sebuah tulisan.

3. Mampu Melakukan Riset

Seorang penulis juga dituntut untuk bisa melakukan riset sebelum menulis. Riset dilakukan untuk memperkaya informasi yang dimiliki sehingga akan menghasilkan tulisan berkualitas.

Anda bisa memanfaatkan berbagai macam tools untuk membantu mencari topik yang menarik dan sering dicari oleh banyak orang. Misalnya menggunakan Keyword Surfer, People Also Ask, dan lain sebagainya. SohIB akan mendapatkan banyak referensi dan ide baru untuk membuat karya berikutnya.

4. Manajemen Waktu

Menurut IDN Times, penulis juga harus mampu mengatur waktu dengan baik, sehingga tidak akan stres meskipun sedang dikejar deadline. Selain itu, dengan adanya manajemen waktu yang baik maka kamu bisa konsisten menulis sesuai jadwal yang telah dibuat.

5. Berpikir Kreatif dan Kritis

Kamu juga harus kreatif dalam merangkai kata agar menghasilkan tulisan yang mudah dimengerti. Hal ini perlu dilakukan agar tulisan yang dibuat lebih bervariasi, menarik, dan tidak monoton.

Kreativitas juga diperlukan saat SohIB mencari ide untuk menulis. Mencari ide itu memang bukanlah perkara yang mudah. Akan tetapi, jika kamu mampu berpikir kreatif, maka aktivitas tersebut akan terasa mudah. Ide yang bagus jika ditulis menggunakan bahasa yang menarik pasti akan disukai oleh pembaca.

Selain memiliki kreativitas yang tinggi, SohIB juga dituntut untuk dapat berpikir kritis terhadap topik yang akan ditulis. Dengan demikian, tulisan yang dihasilkan bisa mengandung informasi yang bermanfaat dan tersusun secara sistematis.

Semua skill tersebut tidak bisa dimiliki secara instan. Kita perlu belajar dan juga berlatih secara rutin agar berbagai kemampuan tersebut bisa dikuasai. Selain itu, hasil tulisan menjadi semakin bagus dan nyaman untuk dicerna.

Beberapa keahlian di atas sangat menunjang kesuksesan kamu untuk menjadi penulis profesional. Oleh karena itu, SohIB harus rajin belajar dan bersemangat dalam meng-upgrade ilmu. Selain itu, juga, konsistenlah dalam berlatih menulis untuk meningkatkan skill yang dimiliki.