Sistem Kerja Work From Home, Kemudahan Bekerja Di Era Digital

Sistem Kerja Work From Home, Kemudahan Bekerja Di Era Digital

Bekerja dari rumah lebih fleksibel | Sumber: iStock

Kamu pasti sering melihat orang disekitar yang di rumah aja, tapi punya banyak penghasilan. Terus mungkin kita jadi berpikir, sebetulnya dia kerja apa, ya? Apa mungkin dia ngepet?

Enggak dong guys, di era serba digital seperti sekarang ini, kita sudah bisa lo, kerja dari rumah, kafe, tempat wisata, atau tempat lainnya. Nah, inilah yang disebut sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH), SohIB. Kamu penasaran kenapa bisa begitu? Yuk, kita bahas!

WFH Mulai Dikenal Ketika Pandemi COVID-19

Saat pandemi memasuki Indonesia di tahun 2020, sistem kerja dari rumah atau work from home ini mulai populer nih, guys. Aktivitas yang dibatasi di luar ruang sangat sejalan dengan sistem kerja dari rumah ini karena mobilitas di luar ruangnya sangat minim. Jadi itu ya, alasan mengapa sistem kerja ini mulai populer di negara kita.

Mengapa WFH dan WFA Diminati Banyak Orang?

Jadi, apa sih, sistem kerja wfh dan wfa ini? Mengapa bisa banyak diminati?

Work from home (WFH) adalah suatu sistem kerja yang mengizinkan karyawannya untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Sedangkan Work From Anywhere adalah suatu sistem kerja yang memungkinkan karyawannya untuk melakukan pekerjaan dari mana saja baik itu dari rumah, kafe, restaurant dan lainnya.

Sebenarnya kedua istilah ini sama ya, SohIB. Namun, sebagian orang memilih menggunakan bahasa WFA karena dianggap lebih fleksibel dalam penggunaannya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Jobstreet, pada tahun 2020, 45% pekerja di Indonesia diwajibkan bekerja di rumah dan sebagian menyukai konsep kerja ini. Selanjutnya sebuah studi di Stanford University pada tahun 2021 menyebutkan bahwa produktivitas kerja dari rumah ternyata lebih baik dari pada bekerja dari kantor. Untuk saat ini, sistem kerja dari rumah masih sangat ramai. Bahkan, menurut Forbes, sebanyak 70% pekerjaan akan dilakukan secara jarak jauh pada tahun 2025.

4 Alasan WFA Menjadi Populer

Pada situasi terkini, sistem bekerja masih sangat digandrungi banyak orang. Berikut beberapa alasannya!

Menghemat Waktu, Tenaga, dan Uang

Kamu mungkin perlu menempuh perjalanan panjang menuju kantor setiap harinya. Selain memakan banyak waktu dan tenaga, SohIB juga harus mengeluarkan uang untuk biaya transportasi. Jadi, dengan sistem kerja dari rumah atau WFH, akan sangat menguntungkan karena kamu dapat menghemat waktu, uang, dan tenaga untuk kegiatan lainnya.

Bekerja Lebih Fleksibel

Sistem kerja dari rumah membuat kamu bisa bekerja secara lebih fleksibel baik dari segi tempat bekerja (di rumah, kafe, atau hotel) hingga cara berpakaian (bisa lebih santai). SohIB juga bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti makan, minum kopi, atau sambil rebahan.

Mempunyai Banyak Waktu Luang

Bekerja dari rumah membuat kamu memiliki banyak waktu luang, karena memangkas banyak hal, seperti perjalanan pulang peri ke kantor misalnya. Karena pekerjaan dilakukan di rumah, kamu bisa lebih fleksibel dengan waktu, di mana bisa digunakan untuk bersantai, istirahat, hingga tidur di waktu-waktu yang kosong. Asyik juga kedengerannya ya, guys?

Tidak Mudah Bosan

Karena sistem kerja ini memungkinkan kamu untuk bekerja dari mana saja, jadi tentunya kita tidak akan bosan, guys. Sebabnya, SohIB dapat memilih tempat kerja yang berbeda setiap harinya, di mana akan menghasilkan suasana yang berbeda pula. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa cepat bosan.

Jadi jelas ya guys, mengapa banyak orang yang menyukai sistem kerja WFH dan WFA ini. Namun, meskipun banyak keuntungannya, tentunya sistem kerja ini juga memiliki beberapa dampak negatif, ya. Itu semua tergantung kebutuhan kamu dan pekerjaan itu sendiri. Jika SohIB lebih tertarik dengan sistem kerja WFH dan WFA ini, kamu bisa mencari perusahaan yang memang terbuka dengan sistem kerja tersebut atau menjadi freelancer karena sistem kerja lepas seperti itu umumnya dilakukan dengan WFH dan WFA ini.