Sistem Pembayaran Digital Menjadi Agenda Prioritas G-20, UMKM Wajib Tahu!

Sistem Pembayaran Digital Menjadi Agenda Prioritas G-20, UMKM Wajib Tahu!

Ilustrasi Edukasi UMKM | Sumber : Canva | Dokumentasi Pribadi Belgi Alhuda

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Sebagai pemegang Presindensi G20 tahun 2022, Indonesia berperan penting dalam menentukan agenda prioritas yang akan dibahas. 

Digitalisasi pembayaran yang didorong oleh Bank Indonesia menjadi agenda prioritas pada rangkaian G20. 

Hal ini merupakan langkah bagi Bank Indonesia dalam mengakselerasi pengembangan UMKM digital ditengah pesatnya perkembangan teknologi digital

Ilustrasi Edukasi UMKM Mengenai Keunggulan Pembayaran Digital dan Manfaatnya Sebagai Agenda Prioritas G-20 | Sumber : Canva | Dokumentasi Pribadi Belgi Alhuda 

Program Digitalisasi UMKM di antaranya e-Farming dengan pemanfaatan teknologi digital pada pertanian untuk meningkatkan kafasitas produksi dan efisiensi biaya e-Commerce yang meliputi penguatan kapasitas dalam pemasaran digital dan pemasaran UMKM ke pasar global melalui platform digital. Pendukung e-Financing dalam bentuk aplikasi digital bagi UMKM (SI-APIK) dan sarana pembayaran digital untuk memudahkan transaksi UMKM (QRIS UMKM). 

Akselerasi digitalisasi UMKM perlu dilakukan guna memperluas akses pasar serta meningkatkan daya saing. Harapannya dapat mendorong UMKM yang lebih kuat melalui 3 Pilar Program Pengembangan UMKM Bank Indonesia yaitu meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi biaya.

Tata Cara Penggunaan QRIS | Sumber : bi.go.id

E-Commerce meliputi penguatan kapasitas dalam pemasaran digital dan pemasaran UMKM ke pasar global melalui platform digital. Pendukung e-Financing dalam bentuk aplikasi digital bagi UMKM (SI-APIK) dan sarana pembayaran digital untuk memudahkan transaksi UMKM (QRIS).

Dengan menggunakan QRIS, konsumen dapat melaksanakan pembayaran dari berbagai macam alat transaksi elektronik, misalnya Dana, OVO, GoPay, ShopeePay, Link Aja, dan lain sebagainya.

Ilustrasi Edukasi UMKM Mengenai Keunggulan Pembayaran Digital | Sumber : Canva | Dokumentasi Pribadi Belgi Alhuda

Berbagai infrastruktur sistem pembayaran yang mengedepankan prinsip cashless turut berkembang. Sebagai contoh, QR Code Indonesia Standar (QRIS) dan BI Fast Paymen (BI-FAST) yang dapat digunakan untuk bertransaksi dengan cepat secara daring.

Dengan berbagai keunggulan dan kemudahan pembayaran online, semoga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat, seimbang, inklusif, dan berkelanjutan.

Pelaku UMKM, yuk, manfaatkan program digitalisasi untuk percepat transpormasi digital