Aksi Donor Darah, Katar Cigombong Sambut Hari Jadi Cigombong Ke-18 Tahun

Aksi Donor Darah, Katar Cigombong Sambut Hari Jadi Cigombong Ke-18 Tahun

Karang Taruna Kecamatan Cigombong pada saat sosialisasi kegiatan HJC Ke-18 tahun | Sumber : Dok. Karang Taruna Kecamatan Cigombong

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesiaBaik #BerbagiMenginspirasi 

Kecamatan Cigombong adalah salah satu Kecamatan pemekaran dari Kecamatan Cijeruk pada tanggal 17 Juni tahun 2005. Mengacu kepada Peraturan Daerah (PERDA) No 26 Tahun 2005, maka Kecamatan Cigombong ini akan menginjak usia 18 Tahun yang akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2023.

Kecamatan Cigombong adalah salah satu Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor, tepatnya berada diwilayah Bogor Selatan yang berbatasan langsung dengan Kota Sukabumi.

Karang Taruna Kecamatan Cigombong melakukan komunikasi intens dengan Muspika Cigombong agar Hari Jadi Cigombong (HJC) dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan guna membangun kembali semangat gotong royong dan membangun kerukunan dan kecintaan warga masyarakat terhadap tanah kelahirannya yang terbagi dalam lingkup sembilan Desa se-Kecamatan Cigombong.

Sosialisasi HJC Ke-18 oleh Karang Taruna Kecamatan Cigombong kepada Kepala Desa dan Camat Cigombong | Sumber : Dok. Karang Taruna Kecamatan Cigombong

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Rudi Hendarsyah SH, memaparkan bahwasannya mereka telah melakukan struktural kepengurusan kepanitian dan menunjuk Humas Karang Taruna untuk menjadi Ketua Panitia Pelaksana kegiatan dalam rangka menyambut HJC Ke-18 tahun yang akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2023.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwasannya organisasi Karang Taruna Kecamatan Cigombong mencoba menginisiasi agar para Instansi Pemerintah/Lembaga dan juga masyarakat dapat bersatu padu memperingati Hari Jadi Cigombong.

Sebab, Cigombong ini bukan milik salah satu lembaga atau'pun individu, melainkan milik seluruh warga Kecamatan Cigombong dan momen ini akan menjadi identitas dan juga sebagai bentuk rasa syukur dan cinta kasih akan tanah kelahiran yang menjadi sejarah lahirnya Kecamatan Cigombong setelah pemekaran dari Kecamatan Cijeruk pada tahun 2005.

Sosialisasi pematangan konsep HJC Ke-18 tahun bersama KNPI diruang Sekertaris Camat Cigombong | Sumber : Dok. Karang Taruna Kecamatan Cigombong

Dalam kesempatan tersebut, Rudi menambahkan, bahwasannya di era digitalisasi sekarang ini banyak pemuda, khususnya di wilayah Kecamatan Cigombong, yang memiliki talenta di bidang teknologi digital. Sebut saja desain grafis, publikasi, media, pembuatan konten, dan lain sebagainya. Karena itulah, dalam momen ini kami mengajak mereka untuk ikut ambil bagian dan menjadikan ajang untuk berkreasi. 

"Kami telah menunjuk tim desain dan branding dibawah pengawasan ketua panitia pelaksana kegiatan HJC untuk mendesain logo HJC Ke-18 tahun yang dapat diakses atau di unduh oleh masyarakat luas dan bermusyawarah dengan Muspika Cigombong agar mendapatkan persetujuan dan turut serta mengangkat tema serta logo yang sama agar serentak atau seragam dalam kegiatan menyemarakan Hari Jadi Cigombong Ke-18 Tahun 2023,“ kata Rudi memaparkan.

Di tempat yang sama, Humas Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Juanda, menjelaskan bahwasannya mereka telah memiliki rangkaian event yang akan dilaksanakan guna menyemarakan Hari Jadi Cigombong (HJC) Ke-18. Salah satunya yaitu kegiatan aksi donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bogor yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2023.

Masih kata Juanda, sejauh ini, persiapan pelaksanaan donor darah sudah 90 persen. Dalam waktu dekat, mereka akan menyebarkan undangan kepada Instansi/lembaga/komunitas dan juga organisasi kepemudaan (OKP) yang ada diwilayah Kecamatan Cigombong. Dengan harapan dapat menjadi ajang silaturahmi antarlembaga sebagai bagian wujud harmonisasi antara Pemerintah, lembaga, dan masyarakat dalam momentum Hari Jadi Cigombong (HJC).

"Kami meminta kepada Kepala Desa yang ada di Sembilan Desa se-Kecamatan Cigombong agar mengikutsertakan para stafnya berjumlah minimal 10 orang peserta dari setiap Desa. Hal ini ditujukan pula untuk semua lembaga/komunitas/OKP agar dapat mengikuti kegiatan donor darah serta mengajak para anggotanya untuk berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2023 yang bertempat di aula kantor Kecamatan Cigombong," ujar Juanda menutup wawancara.

Gambar seruan kegiatan donor darah | Sumber : Dok. Karang Taruna Kecamatan Cigombong (Ganes) 

Senada dengan Juanda, Belgi Alhuda, koordinator kegiatan aksi donor darah menambahkan bahwasannya kegiatan donor darah ini di inisiasi oleh Karang Taruna Kecamatan Cigombong dan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bogor. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian memperingati hari donor darah sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2023 dan juga memperingati Hari Jadi Cigombong Ke-18 tahun yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2023. 

Lebih lanjut, dirinya memiliki harapan semoga aktivitas ini dapat berjalan dengan baik, tersosialisasikan kepada seluruh stackholder dan tamu undangan yang akan dilibatkan dan semoga mendapatkan respon positif dari masyarakat.

"Kita ingin semua element masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, sebagai bagian dari pengamalan Pancasila, yakni sila kedua 'Kemanusiaan yang adil dan beradab' bahwasannya kita semua harus saling memiliki empati, rasa peduli dan cinta kasih dibalut aksi kemanusiaan dalam membantu sesama," tutup Belgi dalam wawancaranya.