Ramadan 1444 H, Karang Taruna Kecamatan Cigombong Gelar Aksi Jum'at Berbagi

Ramadan 1444 H, Karang Taruna Kecamatan Cigombong Gelar Aksi Jum'at Berbagi

Katar Cigombong saat membagikan takjil kepada warga | Sumber : Dok. Karang Taruna Kecamatan Cigombong

#JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SobatHebatIndonesiaBaik 

Ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Muslim. Di waktu inilah momentum yang tepat untuk terus meningkatkan amal dan perbuatan dalam hal kebaikan dengan mengharapkan pahala dan ridho-Nya. Tidak terkecuali, bagi Karang Taruna (Katar) Kecamatan Cigombong yang menggelar kegiatan Safari Ramadhan 1444 H setiap desa yang ada di wilayah Kecamatan Cigombong.

Ditemui disela-sela kegiatan, panitia pelaksana yang juga sebagai Humas Katar Kecamatan Cigombong, Juanda Apriliatna, mengungkapkan bahwa kegiatan - kegiatan Safari Ramadhan ini diawali dengan mengangkat tema Jum'at Keliling (Jumling). Rencananya event tersebut akan dilaksanakan setiap hari Jum'at selama Bulan Ramadhan di setiap Desa se-Kecamatan Cigombong. Acara tersebut sudah diawali pada hari Jum'at di minggu pertama Ramadhan. Lokasinya adalah di Desa Ciadeug.

"Kegiatan Safari Ramadhan ini diisi dengan kegiatan silaturahmi antar Karang Taruna Desa, berbagi takjil dan buka puasa bersama yang dimulai sejak pukul 16.00 Wib hingga pukul 17.30 Wib menjelang waktu berbuka puasa," - kata Juanda pada sesi wawancara di Desa Ciadeug, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jum'at (31/03/2023).

Katar Kecamatan Cigombong pada saat melaksanakan pembagian takjil kepada masyarakat | Sumber : Dok. Karang Taruna Kecamatan Cigombong

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa para relawan yang tergabung dari Katar Ciadeug dan Katar Ciburayut melakukan pembagian takjil dengan total 300 paket untuk orang-orang yang lewat di kawasan jalan alternatif Desa Ciadeug dan menyasar warga setempat hingga tukang ojek. "Semoga dengan takjil ini bisa menambahkan kenikmatan ketika berbuka puasa dan bisa membantu bagi umat muslim yang kurang mampu dalam berbuka puasa," tutur Juanda lagi.

Di tempat yang sama, Ketua Katar Kecamatan Cigombong, Rudi Hendar SH mengungkapkan rasa syukur atas segala nikmat dan limpahan rizki serta mengharap diberikan kelancaran dari program Safari Ramadhan yang digagas oleh divisi keagamaan Katar Kecamatan Cigombong.

"Kegiatan kali ini bertempat di Desa Ciadeug, yang kami kolaborasikan antar Katar Ciadeug dan Katar Ciburayut, lalu pada kegiatan selanjutnya akan menyasar ke tujuh Desa lainnya serta kami kolaborasikan juga tiap katar Desa agar menjalin sinergitas dan silaturahmi yang dieratkan dengan aksi safari Ramadhan," tandasnya.

Ketua Karang Taruna Desa Ciburayut, Mulyadi yang juga menjabat sebagai Ketua Divisi Keagamaan Katar Kecamatan Cigombong mengungkapkan perasaan haru bahwasannya di bulan suci kali ini dirinya bersama teman-teman Katar lainnya dapat menjalankan program Safari Ramadhan yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Pembagian takjil gratis di Desa Ciadeug, Kecamatan Cigombong - Bogor oleh Karang Taruna | Sumber : Dok. Karang Taruna Kecamatan Cigombong

"Kegiatan ini 'kan terkesan sederhana. Namun, terkesan mewah, ya! Karena di moment Ramadan ini Karang Taruna Kecamatan Cigombong dapat berbagi takjil dan buka puasa bersama hal itu akan menjalin silaturahmi sesama anggota dan berbagi kasih kepada masyarakat, " tambah Mulyadi.

Lebih jauh dirinya menjelaskan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kepedulian sesama anggota untuk saling memiliki dan berkontribusi dalam upaya menjalin sinergitas dan silaturahmi dengan berbagai aksi nyata yang dapat dirasakan oleh masyarakat termasuk kehadiran Karang Taruna sebagai organisasi sosial yang mengedepankan peran serta fungsinya untuk mengedepankan kebaikan serta kesejahteraan sosial di masyarakat.

Dalam kesempatan ini, dirinya menjelaskan bahwa akan ada event serupa yang akan digelar selama bulan Ramadan hari Jum'at. Harapannya bisa menyeluruh ke sembilan Desa se-Kecamatan Cigombong.

Mereka juga berencana untuk melaksanakan puncak acaranya nanti di Desa Srogol dengan menggelar santunan, bagi takjil kepada masyarakat, kultum Ramadan, dan buka puasa bersama. Hal ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi baik antara anggota dan pengurus maupun kepada warga.

"Semoga akan mendapat input serta output yang baik atas terselenggara kegiatan Safari Ramadhan 1444 H ini," tutup Mulyadi.