Misi Mulia Karang Taruna Desa Ciburayut dalam "Safari Ramadan Karang Taruna Cigombong"

Misi Mulia Karang Taruna Desa Ciburayut dalam "Safari Ramadan Karang Taruna Cigombong"

Berpoto bersama Kepala Desa Ciburayut dan Karang Taruna | Sumber : Dok. Karang Taruna Desa Ciburayut

#JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SobatHebatIndonesiaBaik

Dalam rangka memeriahkan program Safari Ramadan Karang Taruna (Katar) Kecamatan Cigombong, Katar Desa Ciburayut menggelar acara pemberian santunan dan buka bersama (bukber) kepada 70 anak yatim piatu dengan tema "Berbagi Kasih di Bulan Suci Ramadhan" (Bersihan) dalam mewarnai bulan suci Ramadan.

Adapun, wujud konkrit pelaksanaanya tersebut dilakukan dengan membantu memberikan santunan anak yatim piatu se - Desa Ciburayut yang membutuhkan perhatian. Lokasinya bertempat di Pondok Pesantren Al Asmaul Husna, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Minggu (16/04/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Katar Kecamatan Cigombong, Katar Desa Ciburayut, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kecamatan Cigombong, Yayasan Ibnu Rusy, Kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibnas, serta tokoh RT/RW setempat.

Program Bersihan ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadan Karang Taruna Kecamatan Cigombong yang menjadi agenda kloter V, setelah kegiatan bagi takjil selesai pada hari Jumat kemarin.

Sumber anggaran atau dana yang diperoleh dalam kegiatan santunan ini yaitu bersumber dari Yayasan Ibnu Rusy, IWAPI, Katar Kecamatan Cigombong, Cigombong Rock Sport (CRS), Jim Clothing, Belgi Art Gallery, Martabak Baraya, dan sisanya donatur perorangan.

Ditemui wartawan, Ketua Katar Desa Ciburayut, Mulyadi, mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan terhadap kegiatan acara santunan yatim sebagai bagian ibadah dan menjalin kerjasama dengan 70 anak yatim piatu sebagai media binaan Katar Desa Ciburayut, serta menanamkan sikap tolong menolong kepada anggota dan peduli terhadap anak yatim piatu di Desa Ciburayut.

"Harapannya, dari sisi anak yatim pemberian yang diberikan bermanfaat dan mendoakan karang taruna dan desa lebih baik lagi, dan saya juga menghimbau, agar seluruh anggota karang taruna Desa Ciburayut mengambil hikmah dari setiap kegiatan sosial dan menjadikan anggota karang taruna untuk lebih peduli lagi," kata Mulyadi.

Pemberian Santunan Yatim oleh Kepala Desa Ciburayut didampingi Ketua Karang Taruna Desa Ciburayut dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigombong beserta Babinsa dan Babinmas Desa Ciburayut | Sumber : Dok. Karang Taruna Desa Ciburayut

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Katar Kecamatan Cigombong, Rudi Hendar, mengungkapkan bahwa dirinya bersyukur dan merasa sangat luar biasa karena mendapatkan apresiasi dari seluruh organisasi, tokoh, ulama dan masyarakat Desa Ciburayut. Dia berharap, program Safari Ramadan menjadi efek baik serta sangat bermanfaat untuk anak yatim piatu di Desa Ciburayut.

"Kegiatan bermasyarakat seperti ini, agar terus berlanjut dan lebih besar skalanya untuk anak yatim piatu, serta diharapkan lebih kuat lagi dalam mencari jaringan donatur," tutupnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Bersihan, Belgi Alhuda, menuturkan bahwasannya kegiatan Bersihan ini diinisiasi oleh Yayasan Ibnu Rusy, Karang Taruna Desa Ciburayut, Karang Taruna Kecamatan Cigombong, dan juga Komunitas Tagar Motekar. Event tersebut menjadi rangkaian agenda Safari Ramadhan Karang Taruna Kecamatan Cigombong.

Belgi Alhuda yang juga merupakan Pengurus Katar Desa Ciburayut mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan Bersihan yang diisi dengan kegiatan silaturahmi antar Karang Taruna Des dan Pesantren Kilat (Sanlat) siswa-siswi PKBM Ibnu Rusy kelas jauh. Kemudian dilanjutkan dengan santunan yatim dan buka puasa bersama yang dimulai sejak pukul 13.00 sampai selesai. Pelaksanaannya di Ponpes Al-Asmaul Husna, Jl. Selawi - Padurenan, Kp. Ciburayut, RT 01, RW 04, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Bogor.

Belgi Alhuda didampingi Ketua Katar Kecamatan Cigombong pada saat memberikan santunan kepada Yatim | Sumber : Dok. Karang Taruna Desa Ciburayut

Lebih lanjut dirinya mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran dan dukungan semua pihak yang sudah mengikuti serta membantu dari awal hingga terealisasinya kegiatan ini dengan lancar tanpa adanya kendala.

"Alhamdulillah, di waktu yang singkat kita membuat proposal kegiatan serta melakukan open donasi hingga terkumpul anggaran yang kita berikan kepada mereka (Yatim) Desa Ciburayut semuanya dilancarkan dan dimudahkan," tambahnya.

Terima kasih kepada Kepala Desa Ciburayut yang sudah mendukung kegiatan ini, para donatur, relawan, simpatisan, serta tokoh masyarakat Desa Ciburayut. Semoga kebaikan Bapak dan Ibu semua dapat di balas dengan beribu-ribu kebaikan oleh Allah SWT.

"Harapannya semoga kita bisa bertemu kembali dengan agenda yang sifatnya membantu masyarakat, sementara dalam kegiatan santunan yatim ini semoga ada tahapan selanjutnya sehingga dapat menyeluruh ke-8 RW se-Desa Ciburayut khususnya se - Kecamatan Cigombong pada umumnya agar dapat kita santuni dan berbagi kasih secara bertahap," tutup Belgi.